PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP KETERAMPILAN SOSIAL PESERTA DIDIK KELAS V DI SDN 1 KARANG ANYAR
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.34745Keywords:
Teams Games Tournament (TGT), Keterampilan Sosial, Pembelajaran KooperatifAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan sosial peserta didik kelas V di SDN 1 Karang Anyar. Banyak peserta didik yang masih mengalami kesulitan dalam bekerja sama, berempati, serta berkomunikasi secara efektif dengan teman sebayanya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) terhadap keterampilan sosial peserta didik. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen semu (Quasi Experimental Design) tipe Nonequivalent Control Group Design. Subjek penelitian terdiri atas dua kelas, yaitu kelas VA sebagai kelas eksperimen yang diberi perlakuan menggunakan model TGT dan kelas VB sebagai kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian berupa angket keterampilan sosial yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, homogenitas, dan uji-t dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, yang berarti terdapat pengaruh signifikan penerapan model pembelajaran TGT terhadap keterampilan sosial peserta didik. Peningkatan terlihat dari aspek komunikasi, empati, kerja sama, dan pengendalian diri. Pembelajaran dengan model TGT mampu menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, mendorong siswa untuk aktif berpartisipasi, serta menumbuhkan rasa tanggung jawab dan solidaritas dalam kelompok. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) merupakan strategi pembelajaran kooperatif yang efektif dalam meningkatkan keterampilan sosial peserta didik di sekolah dasar.
Downloads
References
Depdiknas. (2023). Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Cetakan Revisi). Jakarta: Depdiknas.
Ghozalii, I. (2021). Aplikasi Analisis Multivariat Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Kemendikbudristek. (2022). Profil Pelajar Pancasila dan Implikasinya dalam Pembelajaran SD. Jakarta: Puskurjar.
Oktavia, S. A. (2020). Model-Model Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish.
Andini, R. (2023). Analisis Keterampilan Sosial Peserta Didik Dalam Pembelajaran Tematik Berbasis Model Cooperative Learning Kelas V Sekolah Dasar. Didaktika Dwija Indria, 11(1). https://doi.org/10.20961/ddi.v8i01.39777
Andrijanto, D. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) Terhadap Hasil Belajar Tenis Meja. Indonesian Journal of Physical Education and Sport Science, 3(2), 47–48. https://doi.org/10.52188/ijpess.v3i2.465
ASRIN. (2022). Metode Penelitian Eksperimen. Maqasiduna: Journal of Education, Humanities, and Social Sciences, 2, 149. https://doi.org/10.59174/mqs.v2i01.24
Bahri, S. (2025). Penerapan Model Pembelajaran Team Games Tournament Berbantuan Media Kartu Misteri Untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Siswa. Science and Education Journal (SICEDU), 4(1), 18–26. https://doi.org/10.31004/sicedu.v4i1.220
Mugiyatmi. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournaments Terhadap Hasil Belajar PPKN Siswa Kelas IV SDN Pacar. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(2), 334–340. https://doi.org/10.24815/jimps.v8i2.24631
Rahmadani, N., & Lestari, P. (2023). Penerapan Model Teams Games Tournament Dalam Pembelajaran Tematik Untuk Meningkatkan Kolaborasi Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 5(3), 214–221.
Wulandari, F. K., Mulyadiprana, A., & Merliana, A. (2025). Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Keterampilan Sosial Pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila Di Sekolah Dasar. Dikfis Pascasarjana Unimed, 4(2), 29–34.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
 
						
















