PENGARUH PENGGUNAAN GAME EDUKASI WORDWALL TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS MATERI KEBERAGAMANBUDAYA DAN KEARIFAN LOKAL SISWA KELAS IV DI SDN 018 SAMARINDA ULU TAHUN PEMBELAJARAN 2024/2025
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.34793Keywords:
game edukasi, Wordwall, Keberagaman Budaya, Kearifan LokalAbstract
ABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) di SDN 018 Samarinda Ulu, khususnya pada materi keberagaman budaya dan kearifan lokal. Data awal menunjukkan bahwa sebagian besar siswa kelas IV belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Salah satu penyebabnya adalah penggunaan metode pembelajaran konvensional yang membuat siswa kurang aktif dan tidak termotivasi. Untuk mengatasi permasalahan ini, penelitian ini menggunakan media pembelajaran interaktif berbasis game edukasi Wordwall. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan Wordwall terhadap hasil belajar siswa kelas IV. Metode yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan desain Quasi Experimental Design. Subjek penelitian terdiri atas dua kelompok, yaitu kelas eksperimen yang menggunakan Wordwall dan kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional. Instrumen yang digunakan berupa tes pilihan ganda yang telah melalui uji validitas, reliabilitas, taraf kesukaran, dan daya pembeda. Data dianalisis menggunakan uji t independen setelah melalui uji normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai posttest kelas eksperimen (16,92) lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol (14,83). Uji t menghasilkan nilai signifikansi < 0,001 (p < 0,05) yang berarti terdapat perbedaan signifikan antara kedua kelompok. Dengan demikian, pembelajaran menggunakan game edukasi Wordwall terbukti lebih efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa dibandingkan metode konvensional. Kesimpulannya, penggunaan media Wordwall berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa pada materi keberagaman budaya dan kearifan lokal. Saran penelitian ini adalah guru disarankan menggunakan media interaktif berbasis teknologi, sekolah diharapkan menyediakan dukungan sarana pembelajaran digital, dan peneliti selanjutnya dapat mengembangkan studi pada materi dan jenjang berbeda.
Downloads
References
Andini, A. D., & Rahmiati. (2024). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Wordwall terhadap Hasil Belajar IPAS Siswa Sekolah Dasar. Didaktika: Jurnal Kependidikan,13(4),30–34.
Dotutinggi, M., Zees, A., & Rahmat, A. (2023). Pengaruh Pemanfaatan Game Edukasi Wordwall Pada Hasil Belajar Siswa terhadap Pembelajaran Siswa di Sekolah. Jurnal Pengabdian Masyarakat: DIKMAS, 03(June), 363–368.
Hardian, R. (2019). Pengembangan mobile edugame matematika untuk meningkatkan kemampuan aritmatika dasar siswa SD kelas 4 dan 5. Jurnal Bahasa Rupa, 2(2), 98-108.
Harita, A., Laia, B., dan Zagoto, S. F. L. (2022). Peranan Guru Bimbingan Konseling dalam Pembentukan Karakter Disiplin Siswa SMP Negeri 3 Onolalu Tahun Pelajaran 2021/2022. Counseling For All: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 2(1), 40-52.
Inayah, C., Ahsani, E. L. F., Mastura, E., Niâ, L. S., dan Amalia, V. (2021). Pengaruh sarana prasarana dalam menunjang prestasi belajar siswa sd di sekolah indonesia den haag. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 8(1), 52- 68
Lesasunanda, R. A., dan Malik, A. (2024). Peningkatan Kualitas Guru Melalui Literasi Digital di MAN 1 Sumbawa Barat. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(3), 1904-1915.
Linayanti, H. T., Widyatmoko, A., & Handayani, L. (2023). Efektifitas penggunaan media interaktif berbasis game edukatif dalam meningkatkan hasil belajar IPA siswa SD. Didaktika Dwija Indria, 13(3), 378–383.
Mahmudin, A. S. (2021). Pengembangan bahan ajar mata pelajaran pendidikan agama islam oleh guru tingkat sekolah dasar. SITTAH: Journal of Primary Education, 2(2), 95-106
Ketaren, T. B., Dewi, V., Ompusunggu, K., & Holmes, R. L. (2025). Pengaruh Media Pembelajaran Wordwall Mata Pelajaran Ipas Di Kelas Iv Sd Negeri 101816 Pancur Batu T . P 2024 / 2025 the Influence of Wordwall Learning Media on Student Learning Outcomes in Science Subjects in Class Iv of Sd Negeri 101816 Pancur Batu. 4, 1–5.
Putri, D. A., dan Wandini, R. R. (2023). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Sekolah Dasar Kelas ll Pada Materi Penjumlahan dan Pengurangan SD IT Hidayatul Jannah. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 29941-29946.
Rohayah, A. A., Lathifah, H., Adelin, N., Saleha, T. N., & Khasanah, U. (2024). Efektifitas Penggunaan Metode Ceramah Dan Diskusi Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas Xi Di Sman 3 Babelan. PIWULANG : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 6(2), 130–139.
Salma, Y. U., dan Perdana, R. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbantuan Scratch pada Topik Konversi Suhu untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. JURNAL Pendidikan dan Ilmu Fisika, 4(2), 97-110.
Syafira, P., Novaliza, S., Sulistianingsih, R., Restaryy, T. I., & Lasha, V. (2024). Evaluasi Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Action Research Journal Indonesia (ARJI), 6(3).
Wahyuning, S. (2022). Pembelajaran IPA Interaktif Dengan Game Based Learning. Jurnal Sains Edukatika Indonesia (JSEI), 4(2), 1–5.
Qomaria, E., Sumarno, S., Roshayanti, F., dan Utami, S. (2024). Pengaruh Penggunaan Game Edukasi Berbasis Wordwall Dalam Pembelajaran IPAS Terhadap Hasil Belajar Siswa. Ainara Journal (Jurnal Penelitian dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 5(4), 544-552.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
 
						
















