INTEGRASI PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SD NEGERI DI ERA DIGITAL
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.34845Keywords:
pembelajaran berbasis proyek, berpikir kritis, pendidikan dasar, era digitalAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas penerapan pembelajaran berbasis proyek (Project-Based Learning/PjBL) dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar di era digital. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dengan subjek sebanyak 60 siswa kelas IV SDN Mulyaharja 2 Kota Bogor. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan kuesioner yang digunakan untuk menilai kemampuan berpikir kritis siswa sebelum dan sesudah penerapan PjBL. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada kemampuan berpikir kritis, dengan rata-rata skor meningkat dari 65 menjadi 82, atau naik sebesar 26% setelah implementasi PjBL. Siswa juga menunjukkan peningkatan dalam partisipasi, kolaborasi, dan refleksi terhadap proses belajar. Integrasi teknologi digital selama pelaksanaan proyek turut memperkuat motivasi dan kemampuan analitis siswa. Hasil penelitian ini menegaskan bahwa pembelajaran berbasis proyek efektif untuk menumbuhkan keterampilan berpikir kritis dan relevan diterapkan dalam pembelajaran abad ke-21.
Downloads
References
Azzahra, U., Arsih, F., & Alberida, H. (2023). "Pengaruh model pembelajaran project-based learning (PjBL) terhadap keterampilan berpikir kreatif peserta didik pada pembelajaran biologi: Literature review". BIOCHEPHY: Journal of Science Education, 3(1), 49-60.
Fatimah, S., Anggraini, R., & Riswari, L. A. (2024). "Peningkatan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran project based learning (PjBL) pada siswa kelas IV sekolah dasar". Jurnal Basicedu, 8(1), 319-326.
Hamidah, I., & Citra, S. Y. (2021). "Efektivitas model pembelajaran Project Based Learning (PJBL) terhadap minat dan hasil belajar siswa". BIOEDUSAINS: Jurnal Pendidikan Biologi Dan Sains, 4(2), 307-314.
Nababan, D., Marpaung, A. K., & Koresy, A. (2023). "Strategi pembelajaran project based learning (PJBL)". Jurnal Pendidikan Sosial dan Humaniora, 2(2), 706-719.
Nurhidayah, I. J., Wibowo, F. C., & Astra, I. M. (2021). "Project Based Learning (PjBL) learning model in science learning: Literature review". In Journal of Physics: Conference Series, 2019(1), 012043.
Rizki, N. (2024). Analisis Strategi Pembelajaran dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis: Studi Perpustakaan dan Sumber Referensi. Al-Ijtima'i: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 58-82.
Sholeh, M. I., Tasya, D. A., Syafi’i, A., Rosyidi, H., Arifin, Z., & binti Ab Rahman, S. F. (2024). "Penerapan pembelajaran berbasis proyek (PjBL) dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa". Jurnal Tinta, 6(2), 158-176.
Wahyu, R. (2016). "Implementasi model project based learning (pjbl) ditinjau dari penerapan kurikulum 2013". Jurnal Tecnoscienza, 1(1), 49-62.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
















