EFEKTIVITAS MINI DRUM DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN MUSIKAL ANAK DI TAMAN KANAK-KANAK KEMALA BHAYANGKARI 1 KOTA PADANG
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.34890Keywords:
Anak Usia Dini, Musikal Anak, Mini DrumAbstract
- Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana efektivitas mini drum dalam mengembangkan kecerdasan musikal anak di Taman Kanak-kanak Kemala Bhayangkari 1 Kota Padang. Penelitian ini dilatar belakangi dengan permasalahan berdasarkan fakta dilapangan yang menunjukkan bahwa kecerdasan musikal anak belum berkembang secara maksimal, seperti anak yang tidak merespon dalam bernyanyi, sulit untuk mengikuti setiap ketukan dan tempo musik, serta sulit untuk mencocokkan nada dan irama sesuai dengan lagu yang didengarkan. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen dalam bentuk quasi eksperimen. Jumlah populasi dalam penelitian ini yaitu empat puluh empat anak, dengan sampel penelitiian B1 sebagai kelas eksperimen dan B2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Prosedur pengumpulan data melalui uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis dan uji effect size dengan menggunakan SPSS 30 for windows. Hasil penelitian pada pre-test menemukan bahwa kelompok kontrol memperoleh rata-rata 12,80 dan kelompok eksperimen memperoleh rata-rata 13,70. Setelah dilakukan treatment skor post-test rata-rata adalah 25,70 pada kelompok eksperimen dan 2016 pada kelompok kontrol. Nilai sig (2-tailed) yang diperoleh dari uji t adalah 0,003 0,05. Dapat disimpulkan terdapat efek yang signifikan antara mini drum terhadap perkembangan musikal.
Downloads
References
Armstrong, T. (2009). Multiple intellences in the classroom 3rd.
Alexandria: ASCD.
Fadhillah. (2018), Bermain dan permainan anak usia dini. Jakarta: Prenadamedia Group.
of multiple Gardner, H. (2011), Frames of mind: the theory intelligences. New York: Basci Book.
Nazir, M. (2009). Metode Penelitian, Ghalia: Indonesia.
Ogemi, P.L & Eliza, D. (2022). Peran guru dalam menerapkan kebersihan diri pada anak di TK Negeri Pembina keliling danau. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan), 1919-1924.
Pentiernitasari. (2017). Pengaruh metode bercerita dengan media gambar terhadap kecerdasan musikal anak usia dini di RA Raudhatul Islamiyah, Kabupaten Tanjung jabung Barat. Jurnal Penelitian Universitas Jambi, 1-69
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan.Bandung: Alfabeta.
Sujiono, Yuliani Nurani. (2009). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Indeks.
Suryana, Dadan. (2018). Stimulasi & aspek perkembangan anak Jakarta: Prenada Media Group.
Vadillah, M, & Eliza, D. (2020). Pengaruh Bercerita Rang Mudo Salendang Dunia Terhadap kemandirian Anak di Taman Kanak-kanak. Jurnal Ilmiah PESONA PAUD, 100-114.
Yeni, Indra. 2010. Pengantar musik untuk pendidikan anak usia dini. Padang: Sukabina Press.
Yulsyofriend. (2013). Permainan membaca dan menulis anak usia dini. Padang: Sukadina Press.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
 
						
















