PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GOOGLE SITES BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DALAM MATERI STATISTIKA PADA SISWA SMP KELAS VIII

Authors

  • Abet Nego Universitas PGRI Pontianak
  • Iwit Prihatin Universitas PGRI Pontianak
  • Hartono Universitas PGRI Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.34914

Keywords:

Development, Learning Media, Google Sites, Problem-Based Learning, Mathematical Communication Skills, Statistics

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berupa Google Sites berbasis Problem Based Learning terhadap kemampuan komunikasi matematis dalam materi statistika pada siswa SMP kelas VIII. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implemtation, dan Evaluation). Subjek dalam penelitian ini terdiri atas ahli (validator) dan 27 siswa kelas VIII B SMP Abdi Agape Pontianak. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan teknik komunikasi tidak langsung dan teknik pengukuran. Teknik komunikasi tidak langsung berupa instrumen validasi isi ahli materi dan ahli media serta angket respon guru dan siswa, untuk teknik pengukuran berupa tes. Berdasarkan hasil validasi oleh ahli materi dan ahli media diperoleh rata-rata persentase kevalidan sebesar 90,8% dengan kriteria sangat valid. Hasil perhitungan angket respon guru dan angket respon siswa diperoleh rata-rata persentase kepraktisan sebesar 91,25% dengan kriteria sangat praktis. Hasil perhitungan posttest diperoleh persentase keefektifan sebesar 81,48% dengan kriteria sangat efektif. Dengan demikian, media pembelajaran Google Sites berbasis Problem Based Learning terhadap kemampuan komunikasi matematis dinyatakan sangat valid, praktis, dan efektif, sehingga layak digunakan sebagai alternatif media pembelajaran matematika pada materi Statistika.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Azis, T. N. (2019). Strategi Pembelajaran Era Digital. The Annual Conference on Islamic Education and Social Sains, 1(2), 308–318.

Aziz, A. D., Krisnaningsih, G., & Muhtarom. (2023). Penerapan Media Pembelajaran Google Sites dalam Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas X-1. Eminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1308–1318.

Dewi, A. S., Azmi, S., Triutami, T. W., Prayitno, S., Studi, P., & Matematika, P. (2025). Pengembangan Media Interaktif Berbasis Google Site Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa pada Materi Teorema Pythagoras. Journal of Classroom Action Research, 7(1).

Dewi, I., Siregar, H., Agustia, A., & Dewantara, K. H. (2024). Implementasi Case Method Berbasis Pembelajaran Proyek Kolaboratif terhadap Kemampuan Kolaborasi Mahasiswa Pendidikan Matematika. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 9(2), 261.

H. P.S. Muttaqin, Sariyasa, & N.K. Suarni. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Ipa Pokok Bahasan Perkembangbiakan Hewan Untuk Siswa Kelas VI SD. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, 11(1), 1–15.

Rahmawati, H., Zakiah, E. N., & Ruswana, M. A. (2023). Penerapan Media Website Google Sites Berbasis Problem Based Learning Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. 3(1), 72–80.

Ratih Noverlika, Mujahidawati, M., & Ilham Falani. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Wegos (Web Google Sites) Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Mipa, 14(2), 365–372.

Safari, Y., & Nurhida, p. (2024). Pentingnya Pemahaman Konsep Dasar Matematika Dalam Pembelajaran Matematika. Karimah Tauhid, 3(9), 9817–9824.

Salsabillah, Z., Waro, Z., Hati, A., & Susilo, M. E. (2024). Studi Literatur: Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Melalui Media Video Pembelajaran Interaktif Berbasis Brain Based Learning. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 7, 464–469.

Siswantoro, E. (2018). Problem Based Learning untuk meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VI SD Negeri Sunawetan 2 Kota Blitar. Jurnal Edukasi, 21(1), 15–18.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Suryanto, W. (2018). Pentingnya Matematika dalam Kehidupan Sehari-hari dan Perkembangan IPTEK. Penerbit Edukasi Nusantara.

Widaswara, A., Nuriana, H., & Budi, D. (2024). PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika Systematic Literature Review : Kemampuan Komunikasi Matematis berdasarkan Gaya Belajar. 7, 207–215.

Downloads

Published

2025-11-10

Most read articles by the same author(s)