Peran Guru Sebagai Teladan Dalam Membangun Budaya Positif Di Lingkungan Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.35035Keywords:
guru, teladan, budaya positif, sekolah dasarAbstract
Peran guru sebagai teladan memiliki urgensi yang tinggi dalam membangun budaya positif di lingkungan sekolah dasar karena siswa pada tahap perkembangan usia dini cenderung meniru perilaku orang dewasa di sekitarnya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana guru berperan sebagai teladan dalam membentuk sikap, perilaku, dan nilai positif di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi yang melibatkan lima guru dan tiga puluh siswa kelas V di salah satu sekolah dasar negeri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru yang konsisten dalam memberikan contoh perilaku disiplin, tanggung jawab, dan kepedulian sosial mampu menciptakan iklim sekolah yang kondusif serta menumbuhkan budaya positif seperti kerja sama, saling menghargai, dan kepedulian antar siswa. Selain itu, guru yang menjadi teladan juga meningkatkan keterlibatan siswa dalam kegiatan pembelajaran dan menekan perilaku menyimpang di sekolah. Dengan demikian, peran guru sebagai teladan sangat krusial dalam menciptakan budaya positif yang berkelanjutan di sekolah dasar, sehingga perlu diperkuat melalui peningkatan kompetensi profesional dan karakter guru.
Downloads
References
Agustina, N. A., Nangimah, A., & Megawati, I. (2023). Penerapan budaya positif dalam mewujudkan karakter profil pelajar pancasila siswa kelas IV di SD Negeri Jurug Bantul. Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 4(1), 13–18.
Dianasari, D., Astuti, P. D., Maharani, T., Dewi, M. S., & Hafidz, A. S. (2025). Peran guru dalam menciptakan lingkungan pembelajaran yang mendukung pembentukan karakter anak di sekolah inklusif sd muhammadiyah 6 surabaya. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(01), 125–134.
Eka, R., & Prameswari, N. K. (2025). Peran Guru Sebagai Teladan dalam Membentuk Karakter Siswa Pada Pendidikan Pancasila Di Kelas III SDN Kandangan 1/121 Surabaya. Jurnal Pendidikan, 34(2), 77–86.
Epstein, J. (2018). School, family, and community partnerships, student economy edition: Preparing educators and improving schools. Routledge.
Habib, F., Suryadi, H. S., Nur, A. M., Dermawan, M. M., Siregar, A. R., Nurarfiansyah, L. T., & Aswaruddin, A. (2024). The Performance of Teachers Perceptions in Interpersonal Communication in Elementary School Students in Medan City. TOFEDU: The Future of Education Journal, 3(5), 1877–1882.
Horner, R. H., & Sugai, G. (2015). School-wide PBIS: An example of applied behavior analysis implemented at a scale of social importance. Behavior Analysis in Practice, 8(1), 80–85.
McChesney, K., & Cross, J. (2023). How school culture affects teachers’ classroom implementation of learning from professional development. Learning Environments Research, 26(3), 785–801.
Plaku, A. K., & Leka, K. (2025). The role of leaders in shaping school culture. Frontiers in Education, 10, 1541525.
Pratama, P. S., Mawardini, A., & Rahayu, R. (2023). Peran Guru Sebagai Role Model Dan Teladan Dalam Meningkatkan Moralitas Siswa Di Sekolah Dasar. Karimah Tauhid, 2(5), 2013–2027.
Reinius, H., Kaukinen, I., Korhonen, T., Juuti, K., & Hakkarainen, K. (2022). Teachers as transformative agents in changing school culture. Teaching and Teacher Education, 120, 103888.
Rijal, A., Kosasih, A., & Nurdin, E. S. (2022). Thomas Lickona and Yusuf Qardhawi: Creating value for character education through narrative. International Conference on Language, Education, and Social Science (ICLESS 2022), 15–24.
Sandholm, D., Simonsen, J., Ström, K., & Fagerlund, Å. (2023). Teachers’ experiences with positive education. Cambridge Journal of Education, 53(2), 237–255.
Triyanto, T. (2020). Peluang dan tantangan pendidikan karakter di era digital. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 17(2), 175–184.
Yani, A. (2024). Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran PAI di Sekolah Dasar: Peran Guru sebagai Teladan. Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 2(2), 369–374.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
















