PENGARUH KEGIATAN MENCETAK DENGAN BAHAN ALAM PADA TOTE BAG TERHADAP MOTORIK HALUS ANAK DI TAMAN KANAK-KANAK ISLAM AL AZHAR 32 PADANG

Authors

  • Widya Suhada Sandri.P Universitas Negeri Padang
  • Farida Mayar Universitas Negeri Padang
  • Yulsyofriend Universitas Negeri Padang
  • Mutia Afnida Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.35051

Keywords:

Anak Usia Dini, Motorik Halus, Kegiatan Mencetak

Abstract

Penelitian ini didasari belum optimalnya perkembangan motorik halus anak, khususnya dalam kemampuan memegang alat tulis dengan cara menggenggam,belum mampu menggunakan gunting, mengancing baju, membuka dan menutup resleting, serta mengikuti pola potongan misalnya pada pola zigzag dan lengkung, anak kurang antusias dalam menyelesaikan tugas karena dalam menstimulasi motorik halus anak masih terbatas pada kegiatan menggambar dan mewarnai menggunakan LKA kertas dan buku majalah bulanan sehingga menimbulkan anak mudah bosan. Studi ini menelusuri bagaimana aktivitas mencetak menggunakan bahan-bahan alam pada tote bag dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak-anak di TK Islam Al Azhar 32 Padang. Penelitian memakai pendekatan kuantitatif dengan desaian eksperimen (quasi eksperimen) untuk menguji hubungan tersebut. Dari total 83 siswa, sebanyak 30 anak dipilih sebagai sampel dan dibagi ke dalam dua kelompok: kontrol dan eksperimen, masing-masing berjumlah 15 anak. Melalui rangkaian uji statistik yaitu normalitas, homogenitas, hingga hipotesis data dianalisis secara cermat. Ditemukan nilai sig (2-tailed) 0,000 < 0,05, yang mengindikasikan bahwa kegiatan mencetak berbasis bahan alam pada tote bag secara nyata mampu meningkatkan kemampuan motorik halus pada anak.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustivo, F. R., & Yetti, R. (2020). Pengaruh Mencetak Bonggol Jagung Terhadap Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(1), 482-487.

Amaris, D. U., Rakimahwati, Marlina, S. (2018). Pengaruh Media Busy Book Terhadap Kemampuan Berhitung Anak Usia Dini Di Taman Kanak-Kanak Fadhilah Amal 3 Padang. Jurnal Usia Dini, 4(2),https://doi.org/10.24114/jud.v4i2.12099

Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Asrulla, R., Jailani, M. S., & Jeka, F. (2023). Populasi dan sampling (kuantitatif), serta pemilihan informan kunci (kualitatif) dalam pendekatan praktis. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3)

Gallahue, D.L, & Ozmun, J.C., (2006). Understanding Motor Development: Infants, Childeren, Adolescents, Adults (8rd ed.). Burlington, MA: Jones & Bartlett Learning.

Hartinah, U., Mayar, F., & Suryana, D. (2019). Efektivitas Mencetak Percikan Daun Terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak Di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Suayan. Jurnal Usia Dini, 4(2), 55–66.

Hasibuan, R. H., Dwiningsih, A., & Annisa, A. (2023). Pelatihan Penyusunan Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (KOSP) Berbasis Kurikulum Merdeka Pada Guru Paud Se-Kota Medan. Altafani, 2(2), 90-99.

Jaoza, N, S., & Kanda. S, A. (2024). Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini Bagi Tumbuh Kembang Anak. Glory (Global Leadership Organizational Research in Management), 2(2), https://doi.org/10.59841/glory.v2i2.871

Khairi, H. (2018). Karakteristik Perkembangan Anak Usia Dari 0-6 Tahun. Jurnal Warna, 15-28.

Nurasyiah, R., & Atikah, C. (2023). Karakeristik Perkembangan Anak Usia Dini. Khazanah Pendidikan, 17(1), 75-81.

Nurhayati, D. U. (2019). Gagasan Ki Hajar Dewantara Tentang Kesenian dan Pendidikan Musik di Tamansiswa Yogyakarta. Promusika: Jurnal Pengkajian Penyajian, Dan Penciptaan Musik, 7(1).

Rojabiatun, N. (2017). Mengembangkan Kemampua Seni Melalui Kegiatan Mencetak Menggunakan Sayuran Pada Anak Kelompok A TK Kusuma Mulia Manggis Kecamatan Puncu Kabupaten Kendiri Tahun Pelajaran 2016/2017. Simki-Pedagogia, 1, 1-7.

Santrock, J. W. (2012). Life Span Development : Perkembangan Masa Hidup Jilid 1. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Saputra, A. (2018). Pendidikan Anak pada Usia Dini. At-Ta’dib : Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, 10(2), 192–209.

Sugiyono, P. (2022). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Susanto, A. (2016). Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta: PT Bumi Aksara.

Syahutri, F., & Mayar, F. (2022). Kegiatan Mencetak Dengan Pelepah Pisang untuk Mengembangkan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 5-6 di Taman Kanak-Kanak Dian Andalas. Jurnal Family Education, 2(4),331-338.https://doi.org/10.24036/jfe.v2i4.73

Yanti, D., Ayu, C., & Syahrial. (2020). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Mencetak Dengan Menggunakan Media Pelepah Pisang Pada Anak Kelompok B Tk Darul Yaqin Desa Koto Ranah. Jurnal Pendidikan Terintegrasi, 1(1), 21–30.

Downloads

Published

2025-10-30

Most read articles by the same author(s)