Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Berbasis Inovasi di Madrasah

abstrak, pendahuluan, metode penelitian, Hasil Penelitian dan Pembahasan , kesimpulan, daftar pustaka

Authors

  • Syifaul karima Universitas Raden Intan Lampung
  • Agus Pahrudin Universitas Raden Intan Lampung
  • Agus Jatmiko Universitas Raden Intan Lampung
  • Koderi Universitas Raden Intan Lampung
  • Imam Syafe’i Universitas Raden Intan Lampung

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.35149

Keywords:

Pengembangan Kurikulum, Pendidikan Agama Islam, Berbasis inovasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengembangkan model pengembangan kurikulum Pendidikan Agama Islam (PAI) berbasis inovasi di madrasah sebagai upaya menjawab tantangan era modern dan kebutuhan peserta didik abad ke-21. Pengembangan kurikulum PAI yang inovatif diperlukan agar proses pembelajaran tidak hanya menekankan aspek kognitif, tetapi juga mampu membentuk karakter, kreativitas, dan kemampuan berpikir kritis siswa sesuai dengan nilai-nilai Islam. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kepustakaan dan analisis dokumen kurikulum PAI pada madrasah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan kurikulum berbasis inovasi di madrasah dapat dilakukan melalui integrasi teknologi pembelajaran, penerapan pendekatan student-centered learning, serta penguatan nilai-nilai spiritual dan sosial dalam setiap komponen kurikulum. Selain itu, keterlibatan guru sebagai pengembang kurikulum dan dukungan kebijakan lembaga menjadi faktor kunci keberhasilan implementasi kurikulum yang inovatif. Dengan demikian, pengembangan kurikulum PAI berbasis inovasi di madrasah diharapkan mampu menciptakan pembelajaran yang adaptif, relevan, dan berorientasi pada pembentukan insan kamil yang beriman, berilmu, dan berakhlak mulia.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Acep, N. (2020). Inovasi Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam pada Mdrasah dalam Menghadapi Era Milenial. 4(2), 711–731. https://journal.unsika.ac.id/index.php/pendidikan/article/download/4332/2413

Ahmad Dhomiri, Junedi Junedi, & Mukh Nursikin. (2023). KonseAhmad Dhomiri, Junedi Junedi, and Mukh Nursikin. “Konsep Dasar Dan Peranan Serta Fungsi Kurikulum Dalam Pendidikan.” Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora 3, no. 1 (2023): 118–28. https://doi.org/10.55606/khatulistiwa.v3i1.972.p Dasar . Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 3(1), 118–128.

Ambiani, J., Islam, U., Sultan, N., & Riau, S. K. (2025). Strategi Inovatif Kurikulum PAI: Dari Difusi Hingga Implementasi Berbasis Teknologi Dan Kolaborasi. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia, 4(2), 1099–1109. https://jpion.org/index.php/jpi/article/view/539

Ashari, N. A. (2021). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam (PAI) di Madrasah. AN NUR: Jurnal Studi Islam, 13(2), 153–167. https://doi.org/10.37252/annur.v13i2.104

Aulia Gusli, R., Iswantir M, Muaddyl Akhyar, & Kurnia Mira Lestari. (2024). Inovasi Kurikulum Pendidikan islam Era 4.0 di MTsN 1 Pariaman. Idarah Tarbawiyah: Journal of Management in Islamic Education, 5(1), 77–88. https://doi.org/10.32832/itjmie.v5i2.16401

Dawolo, S. R., Tanjung, Y. F., Gea, Y., & Farabi, M. Al. (2025). Meningkatkan Mutu Madrasah melalui Inovasi Kurikulum dan Metode Pembelajaran. 8, 1836–1841.

Dirgahayu, W., Budiman, B., Islam, U., Sumatera, N., & Indonesia, U. (2025). Inovasi Kurikulum Pendidikan Agama Islam Inovasi kurikulum pendidikan agama Islam adalah langkah strategis untuk meningkatkan kualitas dan relevansi pendidikan dalam menjawab tantangan zaman . Dengan mencerminkan adaptasi terhadap konteks sosial , politik.

Ependi, A., Pahrudin, A., Jatmiko, A., & Koderi. (2024). Studi tentang Pengembangan Kurikulum Pendidikan agama Islam (PAI) di Sekolah dan Madrasah. Re-JIEM, 7(2), 1–23.

Hasmiza, H. (2025). Model Kurikulum Pendidikan Islam Di Era Digital: Mengoptimalkan Teknologi Untuk Pembelajaran Yang Inovatif. Research and Development Journal of Education, 11(1), 164. https://doi.org/10.30998/rdje.v11i1.28068

Husain, A. M. (2025). Inovasi Kurikulum di Madrasah: Menjawab Tantangan Pendidikan Islam Abad 21. AT-TAKILLAH: Jurnal Pendidikan Dan Keislaman, 3(1), 34–42.

Indah Nur Bella Sari, A. P., & Jatmiko, A. K. (2024). Desain Kurikulum PAI Berbasis Karakter : Integrasi. Journal of Education Research, 0738(4), 6597–6604.

M.Fauzan, W. A., & Rahmadhani, R. (2024). Transformasi Pendidikan Agama Islam di Madrasah Menuju Pendidikan yang Holistik dan Relevan dengan Tuntutan Zaman. 4.

Mutchith, S. (2023). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Berbasis Moderasi Beragama. https://www.google.co.id/books/edition/Pengembangan_Kurikulum_Pendidikan_Agama/uaOnEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=pengembangan+kurikulum+pai&printsec=frontcover

Novriantoni, F., & Dewi, D. E. C. (2024). Desain Pengembangan Kurikulum PAI Pada MI dalam Menghadapi Era Milenial. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(1), 8415–8428. https://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/8834

Nurul Qomariyah , Kamilatin Azizah , M. Zulkiflih , Serly Hikmatus Sa’adah, M. (2025). PAI dalam dinamika kurikulum Nasional (mahfida inayati (ed.)).

Pahrudin, A., & Wekke, I. S. (2021). Pengembangan Model Kurikulum Pendidikan Agama Islam Multikultural (Vol. 17).

Pramita, S., & , Saifundi, Siti Halimah, M. R. (2025). Prinsip-Prinsip Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam. TASQIF, 8(4), 4426–4434. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i4.7760

Rifka Alkhilyatul Ma’rifat, I Made Suraharta, I. I. J. (2025). Pengembangan kurikulum pendidikan Agama Islam (Vol. 2).

Sabdarifanti, T., Hanifah, N., Rizqi, A. K., & Artajaya, U. (2021). Inovasi Kurikulum: Materi Pendidikan. JIRA: Jurnal Inovasi Dan Riset Akademik, 2(10), 1460–1476. https://doi.org/10.47387/jira.v2i10.234

Zakiyyah, I. (2024). Manajemen Penggunaan Teknologi Digital dalam Pembelajaran Agama. https://books.google.co.id/books?id=348gEQAAQBAJ&lpg=PR1&ots=4_aKGbpe3S&dq=Sebagian besar pendekatan pembelajarannya berfokus pada tradisi menghapal narasi dan teks-teks%2C sehingga mereka seakan kehilangan konteksnya dengan realitas sosial yang terus ber

Zulkifli, A. P., Jatmiko, A., & Koderi. (2024). Konsep dan Teori Kurikulum PAI di Sekolah dan Madrasah. 5(4), 1954–1969

Downloads

Published

2025-11-20

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>