PENGARUH KEGIATAN FUN COOKING BERBASIS MAKANAN TRADISIONAL MINANGKABAU TERHADAP KEMAMPUAN KERJASAMA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TAMAN KANAK-KANAK AISYIYAH 1 BUKITTINGGI
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.35165Keywords:
collaboration between 5-6 year olds, fun cooking based on traditional Minangkabau food.Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa
berpengaruhnya kegiatan fun cooking berbasis makanan
tradisional Minangkabau terhadap kemampuan kerjasama
anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini mengunakan pendekatan
kuantitatif dengan metode Quasi Eksperimen. Populasi
penelitian ini, seluruh anak usia 5-6 tahun di Taman Kanakkanak Aisyiyah 1 Bukittinggi dengan jumlah 151 dengan
jumlah sampel 15 anak. Teknik pengumpulan data
menggunakan observasi, dan tes. Teknik analisis data
menggunakan uji normalitas, uji dan uji hipotesis. Hasil data
diolah dengan bantuan SPSS versi 26.0 for windows dengan
taraf signifikan 5% (0,05). Hasil penelitian ini menunjukkan
bahwa kegiatan fun cooking berbasis makanan tradisional
Minangkabau memberikan pengaruh yang signifikan terhadap
perkembangan kemampuan kerjasama anak usia 5-6 tahun.
Setelah dilakukan analisis, ditemukan adanya peningkatan
yang berarti antara kemampuan anak sebelum dan sesudah
diberikan perlakuan. Dengan demikian, kegiatan fun cooking
berbasis makanan tradisonal Minangkabau terbukti efektif
untuk menstimulasi kemampuan kerjasama anak usia 5–6
tahun di lingkungan Taman Kanak-kanak.
Downloads
References
Anggraini, R. (2020). Stimulasi kemampuan kerjasama anak dengan permainan gobak sodor ditaman kanak-kanak. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 3471– 3481.
Avcarina, N. I., Pudjawan, K., & Ujianti, P. R. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Snowball Throwing Terhadap Kemampuan Kerjasama Kelompok B Gugus Vi Kecamatan Buleleng. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 7(2), 150– 160.
Fauziah, A. A. U., Rizal, S. S., & Millah, S. (2020). Peningkatkan Kemampuan Kerjasama Anak Melalui Permainan Tradisional Gobak Sodor. Tarbiyat AlAulad:
DEWI, A. (2020). Evaluasi program fun cooking di ar-raudah play group & kindergarten Bandar Lampung (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).
Febrianni, F., Haristawati, R. F., Annisa, R., & Humaero, Z. (2024). Strategi Scaffolding Dalam Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Di TK Murni Asih. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini, 11(2).
Hasanah, N. (2020). 4-5 Tahun Melalui Kegiatan Fun Cooking Di Ra Darussalam Kedoya Jakarta Barat 4-5
Tahun Melalui Kegiatan Fun Cooking Institut Perguruan Tinggi Ilmu Al-Qur ’ an Jakarta.
Hayati, M., & Purnama, S. (2019).Perencanaan Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Rajawali Pers.
Khadijah, & Jf, N. Z. (2021) Perkembangan Sosial Anak Usia Dini Teori dan Strateginya. Merdeka Kreasi.
Magta, M., Ujianti, P. R., & Permatasari, E. D. (2019). Pengaruh Metode Proyek Terhadap Kemampuan Kerjasama Anak Kelompok A. Mimbar Ilmu, 24(2), 212– 220.
Marlina, S. (2024).Studi Sosial Anak Usia Dini di Era Teknologi. Kencana.
Mokalu, V. R., & Boangmanalu, C. V. J. (2021) Teori Psikososial Erik Erikson: Implikasinya Bagi Pendidikan Agama Kristen di Sekolah . Vox Edukasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan , 12(2), 180-192.
Multiara, S., & Rahayu, Z. R. (2022). Tradisi turun mandi di kelurahan Tanah Garam kota Solok (Tinjauan semiotika). JELISA (Jurnal Edukasi Dan Literasi Bahasa), 3(1), 183–192.
Nurazizah, N., Mulyadi, S., & Sianturi, R. (2023). Kemampuan Komunikasi pada Anak dengan Indikasi Keterlambatan Perkembangan Kognitif Usia 5-6 Tahun di RA Az-Zahra. Jurnal Paud Agapedia, 7(1), 71-80.
Prabandari, I. R., & Fidesrinur, F. (2021). Meningkatkan Kemampuan Bekerjasama Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Metode Bermain Kooperatif. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 1(2), 96.
Puspitasari, W. D., & Febrinita, F. (2021). Pengujian Validasi Isi (Content Validity) Angket Persepsi Mahasiswa terhadap Pembelajaran Daring Matakuliah Matematika Komputasi. Journal Focus Action of Research Mathematic (Factor M), 4(1), 77–90. https://doi.org/10.30762/factor_m.v4i1.3254
Putri, Z. (2020). Kemampuan kerjasama anak usia 5-6 tahun. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4, 3040.
Serina, M., Faradiba, Y., & Pratiwi, N. (2024). Pengembangan Media Buku Cerita Digital KUPIN untuk Menstimulasi Perilaku Kerjasama Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(4), 12-12.
Suci, Y. T. (2018). Menelaah Teori Vygotsky dan interdepedensi sosial sebagai landasan teori dalam pelaksanaan pembelajaran kooperatif di sekolah dasar. NATURALISTIC: Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), 231-239.
Suryana, D. (2021). Pendidikan anak usia dini teori dan praktik pembelajaran. Prenada Media.
Syahida, B. (n.d.). Pengaruh Permainan kooperatif terhadap kemampuan kerjasama anak Pada Usia 5-6 tahun di TK Islam Nurul Iman”(Sebuah Penelitian Quasi Eksperimen di TK Islam Nurul Iman). Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.Waryono, & Syarif, W. (2021). Tradisi Dan Makna Filosofis Kuliner Minangkabau. Jurnal Pendidikan dan Perhotelan (JPP), 1(2), 65–74.
https://doi.org/10.21009/jppv1i2.07
Wati, J. W. (2019). Pengembangan Permainan Puzzle Berbasis Multimedia Interaktif dalam Meningkatkan Kerjasama Anak Usia Dini di TK Pertiwi Kabupaten 50 Kota.
Wigati, D. S., & Nugraha, A. (2021). Pengembangan Permainan Tradisional Gobak Sodor untuk Meningkatkan Kemampuan Kerjasama Siswa di Sekolah Menengah Pertama. Prosiding Seminar Nasional Bimbingan Dan Konseling Universitas Ahmad Dahlan, 1, 1858–1864.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
















