PENGGUNAAN APLIKASI QUIZIZZ SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA SD

Authors

  • Hidayatullah Universitas Muhammadiyah Mataram
  • Haifaturrahmah Universitas Muhammadiyah Mataram

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.35178

Keywords:

Quizizz,media pembelajaran digital, motivasi belajar, minat belajar, sekolah dasar.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi sejauh mana aplikasi Quizizz efektif sebagai sarana pembelajaran dalam meningkatkan ketertarikan dan motivasi belajar anak-anak di sekolah dasar. Metode yang digunakan adalah Systematic Literature Review (SLR), yang melibatkan tinjauan berbagai sumber akademis dari database nasional dan internasional yang berkaitan dengan pembelajaran digital yang menggunakan elemen permainan. Temuan dari kajian ini menunjukkan bahwa Quizizz dapat menciptakan lingkungan belajar yang dinamis, interaktif, kompetitif, dan menyenangkan berkat fitur-fitur permainan seperti papan peringkat, otomatisasi poin, dan umpan balik langsung. Konsistensi penggunaan aplikasi ini berkontribusi pada peningkatan motivasi, partisipasi, serta pencapaian belajar siswa dalam berbagai mata pelajaran, termasuk Bahasa Indonesia, IPA, IPS, dan PPKn. Selain itu, aplikasi ini juga memudahkan guru dalam melakukan penilaian pembelajaran secara langsung dan meningkatkan keterlibatan emosional serta kognitif para siswa. Namun, penelitian ini juga menemukan beberapa tantangan seperti keterbatasan akses internet dan kurangnya kolaborasi antara siswa. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa Quizizz adalah alat pembelajaran digital yang efektif dan sesuai untuk mendukung pendidikan abad ke-21, serta perlu terus dikembangkan untuk menciptakan pengalaman belajar yang lebih kolaboratif dan berkelanjutan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bangsa, U. B. (2024). (3) (1). 8(1), 211–218.

Fadilah, F. (2023). The Use of Quizizz as Learning Media in English Language Learning to Enhance Student Motivation and Interest. Indonesian Journal of Pedagogical and Social Sciences, 3(1), 77–85. https://doi.org/10.26858/.v3i1.52335

Fahmi, N. A., Anggoro, S., & Linggasari, S. D. N. (2025). Implementation of Quizizz Interactive Media to Increase Enthusiasm and Participation of Grade VI Students of SDN 3 Linggasari in Science Learning. 25. https://doi.org/10.30595/pssh.v25i.1758

Helis Ira Setiawati, Latif fatul Tamara, Uswatun Ni’mah, Putri Tiara Hidriana, Fina Fakhriyah, & Erik Aditia Ismaya. (2024). Systematic Literature Review (Slr): the Influence of Quizzz Learning Media on Students’ Learning Outcomes in Elementary School. International Journal of Educational and Psychological Sciences, 2(2), 105–118. https://doi.org/10.59890/ijeps.v2i2.87

Heriyanto, H., Cahyadi, A., & Suroso, J. S. (2024). The Effectiveness of Using Quizizz in Improving Learners’ Motivation and Engagement in Learning. Sebatik, 28(2), 581–586. https://doi.org/10.46984/sebatik.v28i2.2526

Hoang Hue, B. T. (2024). The Integration of Quizizz on Students’ Smartphones in English Classrooms at Tan Trao University. International Journal of Advanced Multidisciplinary Research and Studies, 4(4), 467–473. https://doi.org/10.62225/2583049x.2024.4.4.3062

Itsnaini, N. S., Asmara, C. H., & Pongpan, K. (2023). Students’ Perspectives On Using “Quizizz” Apps To Assess Learning. Journal Universitas Muhammadiyah Gresik Engineering, Social Science, and Health International Conference (UMGESHIC), 2(1), 248. https://doi.org/10.30587/umgeshic.v2i1.5216

Jong, A., & Tacoh, Y. T. B. (2024). Pemanfaatan Aplikasi Quizizz untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 12(1), 131–147. https://doi.org/10.24269/dpp.v12i1.7344

Kartini, S., Putra, H. K., & Mukti, W. P. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Quizizz Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 8(4), 146–151. https://doi.org/10.32585/edudikara.v8i4.350

Khairiyah, U., Faizah, S. N., & Lestari, A. D. (2021). Pendampingan Pembuatan Kuis dengan Aplikasi Quizizz bagi Guru Sekolah Dasar di Desa Made Lamongan. Wikrama Parahita : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(2), 25–31. https://doi.org/10.30656/jpmwp.v5i2.2690

Kunci, K. (2024). JDPP. 12(1).

Nurhayati, H., & , Langlang Handayani, N. W. (2020). Jurnal basicedu. Jurnal Basicedu,. Jurnal Basicedu, 5(5), 3(2), 524–532. https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/971

Pranoto, S. E. (2020). Penggunaan Game Based Learning Quizizz Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sosiologi Materi Globalisasi Kelas Xii Ips Sma Darul Hikmah Kutoarjo. Habitus: Jurnal Pendidikan, Sosiologi, & Antropologi, 4(1), 25. https://doi.org/10.20961/habitus.v4i1.45758

Rahman, R., Kondoy, E., & Hasrin, A. (2020). Penggunaan Aplikasi Quizziz Sebagai Media Pemberian Kuis Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 4(3), 60–66. https://doi.org/10.58258/jisip.v4i3.1161

Rahmawati, D. N., Nisa, A. F., Astuti, D., Fajariyani, F., & Suliyanti, S. (2022). Pemanfaatan Aplikasi Quizizz sebagai Media Penilaian Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan MI/SD, 2(1), 55–66. https://doi.org/10.35878/guru.v2i1.335

Rahmawati, J., Matusakdiyah, K., Faizah, S. N., & Amin, F. (2025). Optimalisasi Media Quizizz dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa pada Mata Pelajaran Fikih Kelas X-1 di Madrasah Aliyah Negeri 2 Tuban. MARAS : Jurnal Penelitian Multidisiplin, 3(2), 671–680. https://doi.org/10.60126/maras.v3i2.953

Suwarni, S., Lubna, L., Aimang, H. A., Cakranegara, P. A., & Pratama, D. (2023). Quizizz Gamification of Student Learning Attention and Motivation. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 15(2), 1369–1376. https://doi.org/10.35445/alishlah.v15i2.3215

Tama, C. S., Lutfiana, R. F., & Mansur, M. (2025). Analisis Hasil Belajar Siswa melalui Implementasi Quizizz di SMPN 5 Kota Malang. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(3), 2776–2785. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i3.7275

Trisna, Anggelina, S. E., Rosmawati, E., Agustian, L., Aini, N., & Asyraf, M. (2024). Use of Quizizz for Learning Evaluation Class IV Primary School. ICEETE Conference Series, 2(1), 340–345. https://doi.org/10.36728/iceete.v2i1.210

Tunnisah, T., Nashrullah, N., & Redna, R. (2024). Penerapan Aplikasi Quizizz Berbasis Mode Kertas Sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV B SDN 8 Mamboro. Afeksi: Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 5(6), 976–984. https://doi.org/10.59698/afeksi.v5i6.386

Ulfah, M., & Aliyyah, R. R. (2025). Constructivism Based Quizizz in Improving Social Studies Learning Activities and Outcomes. 137–146.

Wulandari, R., Zunaidah, F. N., & Sulistiyowati, T. I. (2025). Analysis of the Use of Interactive Quizzes in Elementary Schools. 11(1), 171–183.

Yulistiarawati, D. N., Umayaroh, S., & Linguistika, Y. (2021). Analisis Minat Belajar Siswa dalam Penggunaan Aplikasi Belajar Quizizz pada Pembelajaran Tematik Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 1(7), 573–584. https://doi.org/10.17977/um065v1i72021p573-584

Downloads

Published

2025-11-13