Melestarikan Warisan Budaya Melalui Baju Adat di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.35187Keywords:
Baju Adat, warisan budaya, kearifan lokal, pendidikan dasar, pelestarian budayaAbstract
Masuknya gaya hidup modern dan dominasi budaya asing berpotensi menggeser nilai-nilai budaya tradisional, sehingga diperlukan upaya pelestarian sejak dini. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran strategis baju adat sebagai media untuk melestarikan warisan budaya di tingkat sekolah dasar.Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi pakaian tradisional melalui kurikulum berbasis budaya, kegiatan rutin di sekolah, dan kolaborasi dengan komunitas lokal dapat secara efektif menumbuhkan pemahaman dan kebanggaan siswa terhadap warisan budayanya. Pembelajaran nilai-nilai filosofis yang terkandung dalam pakaian adat, seperti batik, terbukti mampu memperkuat identitas budaya dan karakter siswa. Meskipun demikian, implementasinya masih menghadapi tantangan berupa minimnya pengetahuan guru dan keterbatasan media pembelajaran. Oleh karena itu, diperlukan strategi yang inovatif dan sistematis untuk menjadikan baju adat sebagai bagian yang bermakna dalam pendidikan dasar.
Downloads
References
Adela, D., Arnyana, I. B. P., Dantes, N., & Ng, K. T. (2023). The Color Concept of Baju Bodo as Traditional Clothing at Schools in Makassar: Philosophical Perspective and Ethno-Policy Framework. Dinamika Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 15(2), 102. https://doi.org/10.30595/dinamika.v15i2.18222
Ainin, K. (2024). Ibtidaiyyah : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah ADAT SEBAGAI UPAYA MELESTARIKAN KEARIFAN LOKAL DI SD NEGERI 3 BENDOSARI PUJON. 3(3), 280–290.
Andrianti, N. S., Yuliani, N. D., Indriana, M. S., & Awwalia, L. (2024). Sosialisasi Motif dan Filosofi Batik kepada Pelajar SD melalui Pendekatan Edukatif. Jurnal Solutif: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 51–55. https://doi.org/10.61692/solutif.v2i2.205
Anggraisa, A., Nurlidiya, E., Sativa, O., Kholiza, T., & Putri, N. (2020). Mengintegrasikan Kearifan Lokal Dalam Kurikulum Pendidikan. Mengintegrasikan Kearifan Lokal Dalam Kurikulum Pendidikan.
Asmawati, P., Suyitno, I., & Anggraini, A. E. (2024). Melestarikan Budaya Tarian Glipang sebagai Identitas Sekolah Dasar Negeri. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(7), 6775–6779. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i7.4681
Dwiputra, D. F. K., & Sundawa, D. (2023). Analysis of Potentials and Challenges of Culture-based Learning in Indonesia : A Systematic Literature Review. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 9(1), 213. https://doi.org/10.33394/jk.v9i1.6556
Fitriadi, F., Sinaga, R. M., & Muhammad, R. R. (2024). A Literature Review on the Cultural Perspective Study in Elementary School Education in Indonesia. Journal of Innovation in Educational and Cultural Research, 5(1), 51–61. https://doi.org/10.46843/jiecr.v5i1.848
Handayani, R., Narimo, S., Fuadi, D., Minsih, M., & Widyasari, C. (2023). Preserving Local Cultural Values in Forming the Character of Patriotism in Elementary School Students in Wonogiri Regency. Journal of Innovation in Educational and Cultural Research, 4(1), 56–64. https://doi.org/10.46843/jiecr.v4i1.450
Karwati, E. (2016). Pengembangan Pembelajaran Dengan Menekankan Budaya Lokal Pada Pendidikan Anak Usia Dini. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 6(1), 53–60. https://doi.org/10.17509/eh.v6i1.2861
Kurniati, A., Kudus, I., Marwah, M., & Hartati, H. (2020). Pembelajaran Kearifan Lokal Pakaian Adat Suku Buton bagi Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1101–1112. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.737
Kurniawan, E. Y. (2023). Batik: Nilai-Nilai Pendidikan Dalam Kegiatan Membatik Di Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Elementary Education (IJOEE), 5(1), 41. https://doi.org/10.31000/ijoee.v5i1.9079
Mayuni, P. A., & Budhyani, I. D. A. M. (2022). The Development Of A Module For Making Children’s Clothing Based On Local Balinese Culture, Efforts To Introduce And Preserve Balinese Local Culture In The Fashion. https://doi.org/10.4108/eai.27-11-2021.2315641
Ms. Gunja Barai, & Prof. (Dr.) Preeti J. Maiyani. (2025). NEP 2020: Role of Teachers in Indian Culture and Eternal Value. International Journal of Advanced Research in Science, Communication and Technology, 34–38. https://doi.org/10.48175/ijarsct-23005
Nitte, Y. (2024). Penguatan Nilai-Nilai Anti Korupsi Anak Melalui Cerita Dongeng Suri Ikun Dan Dua Burung Di Sd Pelangi Manulai Ii Kota Kupang. Devotion: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 16–21. https://doi.org/10.52960/dev.v2i2.330
Sari, T. Y., Kurnia, H., Khasanah, I. L., & Ningtyas, D. N. (2022). Membangun Identitas Lokal Dalam Era Globalisasi Untuk Melestarikan Budaya dan Tradisi Yang Terancam Punah. Academy of Social Science and Global Citizenship Journal, 2(2), 76–84. https://doi.org/10.47200/aossagcj.v2i2.1842
Satriyani, D. R. P., & Segara, N. B. (2023). Relevansi Nilai – Nilai Kearifan Lokal Pada Batik Gedog Untuk Menumbuhkan Profil Pelajar Pancasila Pada Pendidikan IPS di Kabupaten Tuban. SOSEARCH : Social Science Educational Research, 3(1), 33–46. https://doi.org/10.26740/sosearch.v3n1.p33-46
Sulthon, H., Amur, A., & Izzul, A. (2025). Jurnal Sains Ekonomi dan Edukasi Fenomena Pembiasaan Penggunaan Baju Adat Lurik di SMAN 1 Gondang Tulungagung. 2(8), 1770–1772.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
















