PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPE START WITH A QUESTION DI SEKOLAH DASAR
Pendahuluan, Metodologi Penelitian, Hasil dan Pembahasan, Kesimpulan dan Saran, Daftar Pustaka
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.35243Keywords:
Keterampilan Membaca Pemahaman, Metode Pembelajaran Reading GuideAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan membaca pemahaman siswa Kelas V UPT SDN 008 Muara Uwai, dengan ketuntasan klasikal awal hanya 25%. Masalah ini diidentifikasi bersumber dari pembelajaran yang berpusat pada guru (ceramah) sehingga siswa pasif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis peningkatan keterampilan membaca pemahaman siswa melalui penerapan model Cooperative Learning Start With A Question. Metodologi yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, dengan setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 8 siswa Kelas V. Pengumpulan data dilakukan melalui tes (kuantitatif) dan observasi (kualitatif). Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan. Ketuntasan belajar siswa meningkat dari 25% pada pra-tindakan, menjadi 50% pada akhir Siklus I, dan berhasil mencapai 100% pada akhir Siklus II. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan model Cooperative Learning Start With A Question, setelah melalui perbaikan prosedur pada siklus kedua, terbukti berhasil meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa.
Downloads
References
Banafsa, A. (2024). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran RADEC Berbantuan Media Assemblr Edu Terhadap Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas V SD Negeri 02 Josenan. Seminar Nasional Sosial, Sains …, 3(1), 731–742. https://prosiding.unipma.ac.id/index.php/SENASSDRA/article/view/5790
Helma, M., & Rahma, G. S. (2020). Pengaruh Penggunaan Model Learning Starts With A Question Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Journal of Didactic Mathematics, 1(2), 70–77. https://doi.org/10.34007/jdm.v1i2.173
Hoerudin, C. W. (2020). Upaya Meningkatkan Keterampilan dan Pemahaman Membaca dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia pada Materi Cerita Fiksi. Jurnal Al-Amar (JAA), 1(1), 23–30.
Juniati, N. W., & Widiana, I. W. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Journal of Education Action Research, 1(2), 122. https://doi.org/10.23887/jear.v1i2.12045
Kusuma, Y. Y. (2021). Penerapan Model Kooperatif Tipe Learning Start With A Question untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 406–417. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.723
Marta, R. (2017). Peningkatan Hasil Belajar IPS dengan Menggunakan Model Word Square Sekolah Dasar. Lembaran Ilmu Kependidikan, 46(1), 35–40. http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/LIK
Muhibbah, L. (2022). Keterampilan Membaca Pemahaman Teks Eksplanasi Dengan Menggunakan Metode Pqrst. Jurnal Cakrawala Ilmiah, 1(12), 3213–3228. https://doi.org/10.53625/jcijurnalcakrawalailmiah.v1i12.3185
Nurrohim, N., Suyoto, S., & Anjarini, T. (2022). Peningkatan Keaktifan Siswa Melalui Model Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran Pkn Kelas Iv Sekolah Dasar Negeri. SITTAH: Journal of Primary Education, 3(1), 60–75. https://doi.org/10.30762/sittah.v3i1.157
Rahayu, W., Winoto, Y., & Rohman, A. S. (2016). Kebiasaan Membaca Siswa Sekolah Dasar (Survei Aspek Kebiasan Membaca Siswa SD Negeri 2 Pinggirsari di Desa Pinggirsari Kecamatan Arjasari Kabupaten Bandung). Khizanah Al-Hikmah : Jurnal Ilmu Perpustakaan, Informasi, Dan Kearsipan, 4(2), 152–162. https://doi.org/10.24252/kah.v4i25
Sricahyani, E. P. D. (2017). Penggunaan Media Film Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Kelas IV Sekolah Dasar. 2.
Wilson, N. S., & Smetana, L. (2011). Questioning as thinking: A metacognitive framework to improve comprehension of expository text. Literacy, 45(2), 84–90. https://doi.org/10.1111/j.1741-4369.2011.00584.x
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
















