IMPLEMENTASI STANDAR PENGELOLAAN SEKOLAH DI SDN 2 NAGASARI KARAWANG: STUDI KUALITATIF MELALUI OBSERVASI DAN WAWANCARA
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.35338Keywords:
Standar Pengelolaan, Manajemen SekolahAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan Standar Pengelolaan di SDN 2 Nagasari Karawang sebagai salah satu komponen utama Standar Nasional Pendidikan. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan metode observasi langsung dan wawancara mendalam kepada kepala sekolah, guru, serta staf administrasi. Data yang dikumpulkan difokuskan pada perencanaan program sekolah, pengelolaan kurikulum, manajemen sarana dan prasarana, pengelolaan peserta didik, serta sistem evaluasi dan pelaporan kinerja sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SDN 2 Nagasari telah memiliki rencana kerja jangka pendek dan jangka menengah yang mengacu pada visi, misi, dan tujuan sekolah, serta telah melakukan pengelolaan kurikulum dan kegiatan belajar mengajar secara sistematis. Namun, masih ditemukan beberapa kendala, seperti keterbatasan sarana prasarana tertentu dan kebutuhan peningkatan kompetensi guru dalam pengelolaan administrasi pembelajaran. Secara umum, pengelolaan sekolah di SDN 2 Nagasari Karawang sudah berjalan sesuai ketentuan, tetapi perlu optimalisasi pada aspek monitoring dan evaluasi internal agar mutu pendidikan dapat meningkat secara berkelanjutan.
Downloads
References
Alhamid, T., & Anufia, B. (2019). Resume: Instrumen pengumpulan data. Sorong: Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN), 1-20.
Badrudin, Badrudin, Rana Setiana, Salma Fauziyyah, and Sri Ramdani. “Standarisasi Pendidikan Nasional.” JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 7, no. 2 (2024): 1797–1808. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i2.3962.
Erland, M. (2020). Metodologi Penelitian Kualitatif. Metodologi Penelitian Kualitatif. In Rake Sarasin (Issue March).
Farida, Nurul, Switaning Dyah Wiratama, Yulianah Yulianah, and Sri Hayati. “Peran Manajemen Pendidikan Dalam Kinerja Guru Di Sekolah.” Jurnal Multidisiplin Indonesia 2, no. 6 (2023): 1292–96. https://doi.org/10.58344/jmi.v2i6.282.
Firdaus, I., Hidayati, R., Hamidah, R. S., Rianti, R., & Khotimah, R. C. K. (2023). Model-model pengumpulan data dalam penelitian tindakan kelas. Jurnal Kreativitas Mahasiswa, 1(2), 105-113.
Mariffa, Sulhana, Fadlillah Anggun Desviandy, and Windasari Windasari. “Efisiensi Pengelolaan Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Dalam Meningkatkan Standar Pembelajaran Di SMP Negeri 59 Surabaya.” Pubmedia Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Indonesia 1, no. 3 (2024): 10. https://doi.org/10.47134/ptk.v1i3.454.
Martono, N. (2010). Metode penelitian kuantitatif: Analisis Isi dan Analisis Data Sekunder (sampel halaman gratis). RajaGrafindo Persada.
Rama, Alzet, Muhammad Giatman, Hasan Maksum, and Andri Dermawan. “Konsep Fungsi Dan Prinsip Manajemen Pendidikan.” Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia 8, no. 2 (2023): 130. https://doi.org/10.29210/1202222519.
Yamin, M Idris, and Muhammad Iqbal. “Manajemen Pengelolaan Mutu Sekolah; Upaya Membangun Sekolah Terdepan Dalam Berinovasi.” Jurnal Evaluasi Dan Pembelajaran 5, no. 2 (2023): 147–54.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
















