Inovasi Kreatif Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Indonesia: Teks Deskripsi Melalui Media Pop-Up Book
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.35368Keywords:
Bahan ajar, Pop-Up Book, Teks Deskripsi, Inovasi, PembelajaranAbstract
Media ajar yang menarik sangat diperlukan untuk meningkatkan minat dan pemahaman siswa, namun kebanyakan bahan ajar Bahasa Indonesia saat ini masih monoton. Penelitian ini bertujuan mengembangkan dan mengetahui kelayakan media ajar teks deskripsi berbasis pop-up book yang inovatif dan menarik. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) yang diadaptasi menjadi enam tahap: analisis potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi, revisi, dan uji coba. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII SMP IT Nurul Ilmi, Medan, serta divalidasi oleh ahli materi dan media. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pop-up book yang dikembangkan dinilai sangat layak oleh para validator. Berdasarkan angket kebutuhan, 83,3% siswa menginginkan media pembelajaran yang lebih kreatif seperti pop-up book. Uji coba produk juga menunjukkan respon yang sangat positif dari siswa, di mana media ini terbukti efektif dalam meningkatkan minat, motivasi, dan pemahaman siswa terhadap materi teks deskripsi. Dengan demikian, media ajar pop-up book ini valid dan efektif digunakan sebagai inovasi dalam pembelajaran Bahasa Indonesia.
Downloads
References
Abas, P., Umar, R., & Mohamad, S. N. (2024). Penggunaan Media Pembelajaran Pop Up Book Materi Organ Pencernaan Manusia dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 5 SDN 02 Limboto. Educator: Directory of Elementary Education Journal, 5(2), 64–74. https://doi.org/10.58176/edu.v5i2.2107
Arsyad, A. (2019). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Asyifa, N., Putri, A., & Valen, T. (2024). Keterampilan Menulis Teks Deskripsi dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Sekolah Dasar. Jurnal Riset Ilmu Pendidikan, Bahasa dan Budaya, 2(3), 245–251. https://doi.org/10.61132/semantik.v2i3.851
Dewi, D. P., & Yuniani, N. (2022). Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Metode TTW Media Gambar Pada Peserta Didik Kelas VII. Jurnal Litbang Kota Pekalongan, 18(1).
Ekasari, D. (2020). Kemampuan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Sindue Melalui Metode Mind Mapping. Jurnal Bahasa dan Sastra, 5(3), 17–23.
Failasufa, F., Haryadi, H., & Nuryatin, A. (2022). Problematika Bahasa Indonesia Yang Kurang Diminati Oleh Peserta Didik. Diglosia: Jurnal Pendidikan, Kebahasaan, dan Kesusastraan Indonesia, 6(2), 539–544.
Febriani, G., & Bambang, S. (2022). Analisis Teks Deskriptif pada Buku Pembelajaran Asah Basa Jawa Kelas IX. Kaloka: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Daerah, 1(2).
Khoiruman, M. A. (2021). Analisis Hambatan Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Kajian Linguistik, 9(2), 51–62.
Lusita, J., & Emidar. (2019). Struktur dan Unsur Kebahasaan Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Negeri 30 Padang. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 8(1), 113–120.
Nova, M., & Sumadi. (2017). Karakteristik Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP. Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pembelajarannya, 1(2), 1–7.
Putri, Y. A., Intiana, S. R. H., & Rahmatih, A. N. (2024). Pengembangan Media Pop-Up Book Bahasa Indonesia Berbasis Kearifan Lokal Sasak Untuk Siswa Kelas III SDN 3 Sukadana. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(1), 3834–3849. https://doi.org/10.23969/jp.v9i1.12747
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Sukmawarti, E. (2021). Pengembangan Media Pop Up Book Pada Pembelajaran PKN di SD. Ability: Journal of Education and Social Analysis, 2(4), 110–122. https://doi.org/10.51178/jesa.v2i4.321
Supriatini, S. (2020). Penggunaan Media Pop Up Book Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Siswa SMP Muhammadiyah 1 Palembang. In Seminar Bahasa dan Sastra Indonesia (Vol. 2, No. 1, pp. 36–40). https://conference.unsri.ac.id/index.php/sembadra/article/view/1663
Viani, & Fahruddin, H. (2021). Kemampuan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Negeri 52 Konawe Selatan. Jurnal Bahasa dan Sastra, 6(1), 22–39.
Wibawanto, W. (2017). Desain dan Pemrograman Multimedia Pembelajaran Interaktif. Jember: Cerdas Ulet Kreatif.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
















