EFEKTIFITAS PENGGUNAAN APLIKASI CANVA DALAM MENYUSUN MEDIA AJAR TEMATIK SD
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.35411Keywords:
Canva, kreativitas guru, media ajar tematikAbstract
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas penggunaan aplikasi Canva dalam penyusunan media ajar tematik di sekolah dasar melalui pendekatan Systematic Literature Review (SLR). Sumber literatur diperoleh dari basis data bereputasi seperti Scispace dan Google Scholar dengan rentang tahun publikasi 2015–2024. Proses seleksi dilakukan berdasarkan kriteria inklusi dan eksklusi yang meliputi artikel kuantitatif yang meneliti penggunaan Canva dalam konteks pembelajaran tematik. Hasil kajian menunjukkan bahwa Canva berkontribusi signifikan dalam meningkatkan kualitas media ajar melalui penyajian materi yang lebih menarik secara visual, interaktif, dan mudah diakses. Selain itu, penggunaan Canva terbukti meningkatkan motivasi dan keterlibatan siswa selama pembelajaran, karena mampu mengubah pengalaman belajar menjadi lebih menyenangkan dan partisipatif. Di sisi lain, Canva juga berperan penting dalam meningkatkan kreativitas serta kompetensi digital guru, melalui pemanfaatan fitur desain seperti template, grafik, animasi, dan kolaborasi daring. Namun, penelitian ini juga menemukan adanya beberapa tantangan, seperti keterbatasan keterampilan desain guru, waktu, serta akses terhadap teknologi dan internet yang stabil. Secara keseluruhan, hasil sintesis menunjukkan bahwa Canva efektif digunakan sebagai media pembelajaran digital dalam Kurikulum Merdeka, karena mendukung pembelajaran tematik yang kreatif, inklusif, dan berpusat pada siswa di sekolah dasar.
Downloads
References
Armini, N. K. (2024). Evaluasi Metode Penilaian Perkembangan Siswa dan Pendidikan Karakter dalam Kurikulum Merdeka Pada Sekolah Dasar. Metta : Jurnal Ilmu Multidisiplin, 4(1), 98–112. https://doi.org/10.37329/metta.v4i1.2990
Citrayanti, A. A. I. M., & Pradnyana, P. B. (2025). Analisis Kesiapan Siswa Kelas Vi Menggunakan Alat Evaluasi Berbasis Digital (Kahoot) Di Sdn 2 Siangan. Satya Widya, 41(1), 1–15.
Fadilla, N., Suwignyo Prayogo, M., Putri, R., Fadilah, N., Guru, P., Ibtidaiyah, M., Kiai, U., Achmad, H., & Jember, S. (2023). Penerapan Media Interaktif Berbasis Canva Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar: Literatur Review. PENDIKDAS Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 4(2), 1–9. https://jurnal.habi.ac.id/index.php/Pendikdas
Hidayati, R., Thomas, V., Luciani, C., & Oscar, S. (2023). Utilization of the Canva Application for Elementary School Learning Media. Journal International Inspire Education Technology, 2(1), 44–52. https://doi.org/10.55849/jiiet.v2i1.219
Ips, M. P. (2024). O f a h. 4(September), 3406–3413.
M.A.D.P. Dita, I.W. Lasmawan, & I.G. Margunayasa. (2024). Buku Cerita Bergambar Berbasis Tri Hita Karana Sebagai Media Pembelajaran Yang Layak, Praktis, Dan Efektif. PENDASI Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 8(1), 25–39. https://doi.org/10.23887/jurnal_pendas.v8i1.2978
Mulyasa, 2022. (2022). Efektifitas Penggunaan Aplikasi Canva Dalam Menyusun Medua Ajar Tematik SD.
Nikmah, N. H., Ekayanti, N. P., Rozah, S. R., & Damariswara, R. (2025). ANALISIS STRATEGI MAHASISWA PGSD KELAS 1C DALAM MEMBANGUN KARAKTER SEBAGAI CALON GURU nasional , sebagaimana dikemukakan oleh Thomas Lickona pada 1990-an , yang. 1, 16–29.
Nisyaa, F., Suratno, & Widodo, S. T. (2025). Development of Canva-based Interactive Learning Media for Elementary School IPAS Learning. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 11(1), 656–663. https://doi.org/10.29303/jppipa.v11i1.8503
Piryanto, M. E., Yarmi, G., Dwi, A., Suhandoko, J., Dasar, G. S., & Terbuka, U. (2025). Pengembangan Media Pembelajaran Inovatif Berbasis Google Sites dan Canva untuk Meningkatkan Keterampilan Kreatif Siswa SD. 7(3).
Rohana Silaen, Mutiara Lestari Aritonang, Feni Fantikasari Hasugian, Hendry Meiman Lahagu, & Melly A. Br.Sihombing. (2024). Strategi Pembelajaran Inovatif dalam Meningkatkan Kreativitas Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Yudistira : Publikasi Riset Ilmu Pendidikan Dan Bahasa, 2(4), 52–58. https://doi.org/10.61132/yudistira.v2i4.1147
Rokmanah1, S., Andriana2, E., & Novitasari3, Z. (2024). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Canva Terhadap Minat Belajar IPA Sekolah Dasar: Kajian Literatur. Efektivitas Penggunaan Media (Siti Rokmanah, Dkk.) Madani: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(11), 323–327. https://doi.org/10.5281/zenodo.14292469
Sa’diah, H., Septiana, R., Sartika, Y., Soraya, S. M., Aslamiah, & Pratiwi, D. A. (2024). Strategi Efektif Guru Dalam Menyusun Tema Untuk Pembelajaran Tematik. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(4), 281–297.
Sains, F., Silampari, U. P., Irawan, Y. I., & Inayah, S. (2025). " Artificial Intelligence ( AI ) Perguruan tinggi : Tantangan menghadapi Sustainable Development Goals dan Disrupsi Global ” Perancangan Sistem Informasi Bimbingan Belajar “ Muzan i Learning center ” Berbasis Progressive Web App ( PWA ). 2015.
Winarni, E. W., Muktadir, A., Heryanto, D., & Lorenza, S. (2025). Pendampingan Peningkatan Literasi Sains Siswa bagi Guru Melalui Model TGT Berbantuan Multimedia Interaktif
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
















