The EFEKTIVITAS PROGRAM MENTORING DAN IKLIM SEKOLAH TERHADAP SIKAP RELIGIUS SISWA SMA PU AL BAYAN CENDEKIA CIANJUR

program pendampingan, iklim sekolah, sikap keagamaan, pendidikan karakter, siswa SMA

Authors

  • Hoerotunnisa Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Opik Taufik Kurahman Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Hani Yuliawanti Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Fitri Nurlatifah Azzahra Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.35432

Keywords:

School Program, Character, Culture

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas program pendampingan dan iklim sekolah terhadap sikap keagamaan siswa di SMA PU Al Bayan Cendekia Cianjur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional untuk menganalisis pengaruh kegiatan pendampingan dan lingkungan sekolah terhadap religiusitas siswa. Data dikumpulkan dari 40 siswa melalui kuesioner berdasarkan indikator yang telah divalidasi untuk setiap variabel: kualitas dan konsistensi pendampingan, hubungan interpersonal dan dukungan sekolah terhadap kegiatan keagamaan, dan dimensi keimanan, ibadah, moralitas, dan praktik sosial siswa. Data dianalisis menggunakan regresi linier berganda melalui SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program pendampingan (X₁) dan iklim sekolah (X₂) memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap sikap keagamaan siswa (Y), baik secara sendiri-sendiri maupun secara simultan. Variabel pendampingan menunjukkan kontribusi yang lebih kuat (β = 0,723, Sig. = 0,000) dibandingkan dengan iklim sekolah (β = 0,348, Sig. = 0,003), sementara uji simultan menghasilkan nilai R² sebesar 0,992, yang menunjukkan bahwa 99,2% sikap keagamaan siswa dijelaskan oleh kedua faktor tersebut. Temuan ini menunjukkan bahwa program pendampingan yang efektif, didukung oleh iklim sekolah yang kondusif dan berorientasi keagamaan, secara signifikan meningkatkan keimanan, praktik ibadah, dan perilaku moral siswa. Studi ini menggarisbawahi pentingnya mengintegrasikan program pendampingan terstruktur dengan iklim sekolah yang positif sebagai model strategis untuk memperkuat pendidikan karakter keagamaan di sekolah menengah.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aldridge, J. M., & McLure, F. (2024). Investigating the influence of the school climate of church-based schools on students’ moral identity development and hope for the future. Learning Environments Research, 27(3), 971–993. https://doi.org/10.1007/s10984-024-09515-y

Andrian, G. F., Kardinah, N., & Ningsih, E. (2018). Evaluasi Program Mentoring Agama Islam dalam Meningkatkan Komitmen Beragama. Jurnal Psikologi Islam Dan Budaya, 1(2), 85–96. https://doi.org/10.15575/jpib.v1i2.3422

Coman, C., Neagoe, A., Onaga, F. M., Bularca, M. C., Otovescu, D., Otovescu, M. C., Talpă, N., & Popa, B. (2024). How religion shapes the behavior of students: a comparative analysis between Romanian confessional and non-confessional schools. Frontiers in Education, 9(November). https://doi.org/10.3389/feduc.2024.1358429

Ihsan, P. M., Shohib, M. W., & Wachidi. (2024). The Role of Islamic Mentoring in Developing Students’ Character in the Faculty of Islamic Studies, Universitas Muhammadiyah Surakarta. Atlantis Press SARL. https://doi.org/10.2991/978-2-38476-102-9_36

Luo, L., & Stoeger, H. (2023). Unlocking the transformative power of mentoring for youth development in communities, schools, and talent domains. Journal of Community Psychology, 51(8), 3067–3082. https://doi.org/10.1002/jcop.23082

Lyons, M. D., & Mcquillin, S. D. (2021). Mentoring for Enhancing Educational Attitudes, Beliefs, and Behaviors | 1 MENTORING FOR ENHANCING EDUCATIONAL ATTITUDES, BELIEFS, AND BEHAVIORS. OJJDP, 1–28. www.nationalmentoringresourcecenter.org

Mangestuti, R., & Aziz, R. (2023). Enhancing Students’ Religiosity in Educational Context: A Mixed-Methods Study in Islamic High School. International Journal of Islamic Educational Psychology, 4(2), progres. https://doi.org/10.18196/ijiep.v4i2.20275

Qodratulloh, W., Hazma, H., Mauluddi, H. A., & Rahman, R. (2024). Mentoring karakter keagamaan mahasiswa: respon dan implikasi. Humanika, 24(2), 151–160. https://doi.org/10.21831/hum.v24i2.73143

Rahmat, M., & Yahya, M. W. B. H. M. (2022). The Impact of Inclusive Islamic Education Teaching Materials Model on Religious Tolerance of Indonesian Students. International Journal of Instruction, 15(1), 347–364. https://doi.org/10.29333/iji.2022.15120a

Septiawan, A., Negeri, S. M. K., & Lampung, M. (2024). The Role of Mentoring (Mental Guidance) Activities in Improving the Quality of Islamic Religious Education for Class XI Students at SMK Negeri 3 Metro Lampung. International Journal on Advanced Science, Education, and Religion (IJoASER), 7(3).

Downloads

Published

2025-11-13