INTEGRASI NILAI SYURA DAN MODEL BACKWARD DESIGN DALAM PERENCANAAN PEMBELAJARAN SERTA STRATEGI PEMBELAJARAN TRADISIONAL DAN MODERN

Authors

  • Inayah Rahmayani Mutmainnah Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur’an Kepulauan Riau
  • Mutiara Haya Afifah Institut Agama Islam Hidayatullah Batam
  • Shinta Adha Selina Institut Agama Islam Hidayatullah Batam
  • Nurhayati Institut Agama Islam Hidayatullah Batam
  • Kamarul Zaman Institut Agama Islam Hidayatullah Batam

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.35462

Keywords:

Strategi pembelajaran, Pendidikan Islam, Backward Design, Nilai-nilai Syura, SDIT At-Taubah Batam.

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan untuk mengintegrasikan strategi pembelajaran tradisional dan modern dalam pendidikan Islam di SDIT At-Taubah Batam agar proses pembelajaran tetap relevan dengan perkembangan zaman tanpa kehilangan nilai-nilai spiritual Islam. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sejauh mana efektivitas penerapan strategi pembelajaran dapat mendukung pencapaian tujuan pembelajaran tradisional dan modern serta implementasi model Backward Design yang terintegrasi dengan nilai-nilai syura dalam perencanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi pustaka dan observasi lapangan, dengan mengkaji 25 sumber ilmiah nasional dan internasional Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan deskriptif-analitis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pembelajaran modern yang dipadukan dengan pendekatan tradisional terbukti meningkatkan motivasi, partisipasi, dan pemahaman siswa terhadap nilai-nilai Islam, terutama melalui penerapan model Backward Design, yang menekankan perencanaan berbasis hasil belajar dan nilai musyawarah. Kesimpulannya, integrasi nilai-nilai syura dan Backward Design merupakan inovasi penting dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SDIT At-Taubah Batam karena mampu membentuk peserta didik yang berpengetahuan luas, berakhlak mulia, dan adaptif terhadap tantangan pendidikan modern.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad, ‘Strategi Pengajaran Efektif Dalam Pendidikan Islam:Menggabungkan Tradisi Dan Inovasi’, Jurnal Multidisiplin Ilmu, 2 (2024), 1–6

Argarini, Galuh Mustika, ‘Implementasi Prinsip Musyawarah Dalam Manajemen Pendidikan Berbasis Falsafah Pancasila’, IMEJ: Islamic Management and Education Journal, 1 (2024), 38–42

Ariantara, Raden Giovanni, ‘BAB 10 MODEL BACKWARD’, Model-Model Desain Sistem Pembelajaran, 2025, 179

Azhar, Hairil, ‘Strategi Pembelajaran PAI Di Era Revolusi Industri’, Komprehensif, 2 (2024), 368–75

Azukma, Najda Arija, and Mardian Idris Harahap, ‘Musyawarah Dalam Al-Quran Perspektif Mufassir Nusantara (Quraish Shihab Dan Hasbi Ash-Shiddieqy)’, JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 8 (2023), 320–26

Harahap, Mardian Idris, Liza Aulia Br Manurung, Nursumayyah Damanik, Cinta Rohaini Munthe, and Mala Purnawati, ‘Ayat-Ayat Tentang Bermusyawarah Dalam Al-Quran (QS Ali Imran 159, QS Asy Syura 38, Al Baqarah 233)’, MUDABBIR Journal Research and Education Studies, 5 (2025), 1149–60

Hasibuan, Azimahrani, ‘Pengembangan Model Strategi Dan Media Pembelajaran PAI’, Education & Learning, 1 (2021), 12–19

Irsyad, M Ali, ‘Metode Musyawarah Dalam Pembelajaran Ilmu Fikih Di Maâ€TM Had Aly Lirboyo Kediri’, Indonesian Journal of Humanities and Social Sciences, 2 (2021), 295–303

Lusiyanti, Fitria, and Fakhriyatu Zahro, ‘PENERAPAN METODE ROLE PLAY UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN PEMBELAJARAN SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA MATERI MUSYAWARAH DI SDN 01 NAMBANGAN KIDUL KOTA MADIUN’, Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10 (2025), 231–39

Mulyani, Ayu Ariyana, Elly Malihah Setiadi, and Siti Nurbayani, ‘Backward Design: Strategi Pembelajaran Dalam Meningkatkan Keterlibatan Siswa’, Jurnal Paedagogy, 10 (2023), 798–808

Namus, Avelina Ova, Atika Salma Choirunnisa, and Annisa Nur Hidayati, ‘Membangun Pemahaman Yang Mendalam Dalam Pembelajaran Dengan Prinsip Understanding by Design (UbD)’, Jurnal Ilmiah PENDAS: Primary Educational Journal, 5 (2024), 83–92

Novitasari, Afida, Ahmad Syachruroji, and Encep Andriana, ‘Optimalisasi Optimalisasi Pendekatan Kurikulum Understanding by Design (UbD) Dalam Pembelajaran Abad 21 Di SDIT Citra Bangsa: Penelitan Kulitatif Di SDIT Citra Bangsa’, Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 10 (2025), 368–78

Nuraini, Nuraini, and Devi Hosnul Andriana, ‘Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Yang Efetif’, Arriyadhah, 22 (2025), 1–8

Nurhayati, ‘DETERMINASI KINERJA GURU : PENGEMBANGAN KURIKULUM, KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH’, Jurnal Mumtaz Juli, 3 (2023), 106–16

Nurhayati, Nurhayati, and Kemas Imron Rosadi, ‘Determinasi Manajemen Pendidikan Islam: Sistem Pendidikan, Pengelolaan Pendidikan Dan Tenaga Pendidikan Islam.’, International Edition, 3 (2022), 451–64

Pramesti, Nadhira, and Laksmi Dewi, ‘The Implementation of Understanding by Design Approach in Mathematics Learning on Elementary School’, (JIML) JOURNAL OF INNOVATIVE MATHEMATICS LEARNING, 6 (2023), 124–31

Putri, Tiara Dwi, Zumirrahilza Haq, and Gusmaneli Gusmaneli, ‘Model Pembelajaran Tradisional Dan Kontemporer Dalam Pendidikan Agama Islam’, Lencana: Jurnal Inovasi Ilmu Pendidikan, 3 (2025), 304–12

Ramadhanti, Dita, Dwita Widyastuti, Dwi Agusantia, Wanda Efriyani Lubis, and Fauzi Mulyatna, ‘UNDERSTANDING BY DESIGN: STRATEGI EFEKTIF DALAM MENCAPAI HASIL PEMBELAJARAN YANG OPTIMAL DENGAN BACKWARD DESIGN’, JP3 (Jurnal Pendidikan Dan Profesi Pendidik), 10 (2024), 154–59

Rianda, Muhammad, ‘Perbandingan Efektivitas Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Tradisional Dan Modern Di Kabupaten Langkat’, Edukatif, 2 (2024), 352–60

Rochim, Amelia Nur, and M Imamul Muttaqien, ‘Keadilan, Amanah, Dan Musyawarah: Integrasi Nilai Kepemimpinan Islam Dalam Manajemen Pendidikan Modern’, Jurnal Visi Manajemen, 11 (2025), 1–12

Romadhan, Rohmat, I Kadek Suartama, and I Wayan Ilia Yuda Sukmana, ‘DESAIN PELATIHAN BERBASIS BACKWARD DESIGN UNTUK KOMPETENSI TRAINING NEEDS ANALYSIS (TNA) PADA PROFESI LEARNING DESIGNER’, Connectedness: Jurnal Pendidikan Dan Teknologi Komputer, 1 (2025), 1–12

Rosidin, Rosidin, Mochamad Fadliani Salam, Wiwi Dwi Daniyarti, Lailatul Fitriyah, Trimansyah Trimansyah, Saepudin Mashuri, and others, ‘Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam’ (PT. Literasi Nusantara Abadi Grup, 2024)

Sariyanti, Sariyanti, Dwi Indarwati, and Indra Darmawan, ‘PENDEKATAN UNDERSTANDING BY DESIGN SEBAGAI STRATEGI PENGEMBANGAN KUALITAS PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR’, Jurnal Ilmiah PENDAS: Primary Educational Journal, 5 (2024), 57–63

Suhartono, Suhartono, ‘Implementasi Nilai Musyawarah Pada Pancasila Melalui Metode Diskusi Kelas Dalam Mata Kuliah PKn’, MENDIDIK: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pengajaran, 7 (2021), 1–6

Suryadinata, A Moh Ickhamal, and Adhriansyah A Lasawali, ‘Perbandingan Metode Pembelajaran Islam Tradisional Dan Modern Dalam Pembentukan Akhlak Peserta Didik’, Iqra: Jurnal Ilmu Kependidikan Dan Keislaman, 20 (2025), 200–207

Triandini, Eno, and Zulfah Zulfah, ‘Penerapan Understanding By Design Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Pemahaman Peserta Didik’, Innovative Mathematics Education Journal, 1 (2025), 16–22

Yusepa, Irda, Wilodati Wilodati, and Siti Komariah, ‘Internalisasi Nilai Musyawarah/Mufakat Melalui Pembelajaran Sosiologi Berbasis Kearifan Lokal Duduk Adoik’, Jurnal Paedagogy, 9 (2022), 548–60

Downloads

Published

2025-11-19

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>