Penerapan Strategi Pembelajaran Inovatif Sebagai Upaya Mewujudkan Pembelajaran Aktif, Kreatif, dan Menyenangkan di MI Raudhatul Firdaus Batam

Authors

  • Aulya Putri Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur’an Kepulauan Riau
  • Patimah Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur’an Kepulauan Riau
  • Natasya Amelia Loviana Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur’an Kepulauan Riau
  • Sarah Salsabila Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur’an Kepulauan Riau
  • Silvia Rahayu Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur’an Kepulauan Riau
  • Nurhayati Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur’an Kepulauan Riau
  • Nurvia Santi Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur’an Kepulauan Riau
  • Deassy Arestya Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur’an Kepulauan Riau
  • Sabrun Jamil Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur’an Kepulauan Riau

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.35463

Keywords:

Kata kunci: strategi pembelajaran inovatif, PAIKEM, Project-Based Learning, Game-Based Learning, MI Raudhatul Firdaus.

Abstract

Upaya meningkatkan mutu pendidikan di madrasah menuntut guru untuk menerapkan strategi pembelajaran yang inovatif agar kegiatan belajar lebih aktif, kreatif, dan menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan strategi pembelajaran inovatif sebagai cara mewujudkan pembelajaran yang aktif, kreatif, serta menyenangkan di MI Raudhatul Firdaus Batam. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi kegiatan belajar, wawancara dengan kepala madrasah dan guru, serta analisis dokumen seperti RPP dan hasil proyek siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru menerapkan berbagai strategi pembelajaran, di antaranya PAIKEM, Project-Based Learning, Problem-Based Learning, Cooperative Learning, serta Game-Based Learning melalui media digital seperti Quizizz dan Kahoot. Penerapan strategi-strategi tersebut terbukti meningkatkan motivasi, partisipasi, dan kemampuan berpikir kritis siswa. Pembelajaran juga menjadi lebih kontekstual dan bernuansa Islami karena nilai-nilai karakter diintegrasikan dalam setiap kegiatan belajar. Secara keseluruhan, penerapan strategi pembelajaran inovatif yang dirancang secara kolaboratif dan berlandaskan nilai-nilai Islam mampu menciptakan suasana belajar yang lebih bermakna, aktif, dan menyenangkan di MI Raudhatul Firdaus Batam.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afandi, M., Chamalah, E., Wardani, O. P., & Gunarto, H. (2013). Model dan metode pembelajaran. Semarang: Unissula, 16.

Amanda, R. (2024). Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) terhadap Meta-Skills dan Hasil Belajar Kognitif Siswa SMA. Universitas Jambi.

Annuar, H., Etin, S., & Khaerudin, K. (2025). Model pembelajaran saintifik berbasis game-based learning.

Anugraini, A. P. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Materi Pecahan Dengan Model Pembelajaran Pakem Siswa Sekolah Dasar. Prismatika: Jurnal Pendidikan Dan Riset Matematika, 3(1), 31–38.

Aqib, Z. (2022). Kupas Tuntas Strategi Pakem Pembelajaran Aktif Kreatif Efektif & Menyenangkan. Penerbit Andi.

Fitri, M., Yuanita, P., & Maimunah, M. (2020). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika terintegrasi keterampilan abad 21 melalui penerapan model problem based learning (PBL). Jurnal Gantang, 5(1), 77–85.

Hanafi, A. N., Septiwi, E., & Noviyanti, S. (n.d.). Penerapan Metode Pakem pada Pembelajaran Siswa Sekolah Dasar di Kelas Tinggi. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(3), 278–282.

Hayati, S. (2017). Tahap Pengetahuan dan Pelaksanaan Pakem Guru Bahasa Arab Madrasah Ibtidaiyah (MI) di Aceh. Pionir: Jurnal Pendidikan, 6(1).

Hulu, M. S., Lase, B. P., Harefa, H. O. N., & Lase, F. (2024). Pembelajaran Berbasis Proyek dalam Meningkatkan Civic Skill

Downloads

Published

2025-11-19

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>