KONSEP, FUNGSI, PRINSIP, DAN PERAN PERENCANAAN PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS BELAJAR DAN MENGAJAR DI PONDOK PESANTREN NURUL QUR’AN BATAM
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.35464Keywords:
Perencanaan pembelajaran, efektivitas pembelajaran, Pondok Pesantren Nurul Qur’an Batam.Abstract
Perencanaan pembelajaran merupakan langkah dasar dalam proses pendidikan agar guru dapat melaksanakan kegiatan belajar mengajar secara efisien, efektif, dan terstruktur. Penelitian ini dibuat untuk mengkaji konsep, fungsi, prinsip, dan peran perencanaan pembelajaran dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran di Pondok Pesantren Nurul Qur’an Batam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kepustakaan (library research) dengan pendekatan kualitatif, melalui penelusuran berbagai sumber ilmiah yang berkaitan dengan penelitian ini. Hasil dari kajian ini menunjukkan bahwa perencanaan pembelajaran tidak hanya bersifat administratif, tetapi juga merupakan proses penetapan tujuan, strategi, metode, serta pemilihan media pembelajaran yang sesuai. Dalam mencapai tujuan pembelajaran perencanaan pembelajaran memiliki fungsi kreatif, inovatif, selektif, komunikatif, dan strategis. Prinsip-prinsip dasar perencanaan pembelajaran menekankan pada nilai-nilai moral dan religius, kejelasan tujuan, realisme terhadap sumber daya yang tersedia, serta fleksibelitas dalam menghadapi dinamika yang ada dalam pembelajaran. Dengan perencanaan pembelajaran yang matang, guru bisa menyusun proses pembelajaran yang sistematis, memanfaatkan sumber belajar secara maksimal, serta mengantisipasi permasalahan yang kemungkinan muncul dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, kemampuan guru dalam merancang pembelajaran yang baik sangat berpengaruh dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Pondok Pesantren Nurul Qur’an Batam.
Downloads
References
Alansor, P. B., Sya, M. F., & Dina Mawar Iswara. (2024). Pentingnya Memahami Perencanaan Pembelajaran. Karimah Tauhid, 3(5), 5481–5487.
Ali, H. E. Y., SS, M., & Saputra, H. Y. M. (2023). Perencanaan Pembelajaran di SD. Indonesia Emas Group.
Anggraeni, S. A., & Nurazizah, S. (2024). Konsep Dasar Perencanaan Pembelajaran. Karimah Tauhid, 3(5), 5548–5562.
Daflaini, D., Fidya, Y., & Mulyani, S. (2023). Manajemen Pembelajaran Di Pondok Pesantren (Studi Kualitatif Fenomenologi). Leader: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 14–25.
Faradila, Z. P. (2024). Peran Perencanaan dalam Mewujudkan Pembelajaran yang Aktif dan Menarik. Karimah Tauhid, 3(5), 6046–6053.
Farida, J. (2019). Buku Perencanaan Pembelajaran-full.pdf. In 2019 (p. 152).
Fauziyah Saepulloh, A., Amar Khana, M., & Sunan Gunung Djati Bandung Abstract, U. (2024). Model Dan Metode Perencanaan Pendidikan Islam Analisis Di Pondok Pesantren Modern Al Ihsan Baleendah. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 10(5), 15–26.
Ilyas, A. R. (2022). Perencanaan Kurikulum Pesantrendi Pondok Pesantren Modern Darul Falah Enrekang. Jurnal of Education, 1(1), 1–11.
Kholifah, S. P., & Rahma, Y. (2024). Proses Pengembangan Perencanaan Pembelajaran yang Efektif dalam Upaya Meningkatkan Keaktifan Peserta Didik. Karimah Tauhid, 3(6), 6334–6351.
Kurniati, W. (2021). Jurnal An-Nur: Kajian Pendidikan dan Ilmu Keislaman Vol. 7, No. 1 Januari-Juni 2021. Bermain Sebagai Sarana Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini, 7(1), 1–10.
Latifah Umi, & Hanif Ma’mun. (2022). Konsep Perencanaan Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Figur, 8, 59–63.
Mubarok, R. (2024). Pengelolaan Kelas pada Pembelajaran Tatap Muka Terbatas di Madrasah Ibtidaiyah. AL-AMIYAH: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(02), 187–200.
Nadlir, N., Khoiriyatin, V. Z., Fitri, B. A., & Ummah, D. N. (2024). Peran Perencanaan Pembelajaran dalam Meningkatkan Kualitas Pengajaran. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 11(2), 1–15.
Nurhida, P. (2024). Perencanaan Pembelajaran : Konsep, Tujuan, dan Karakteristik. Karimah Tauhid, 3(6), 6397–6402.
Nurhusni, F. A., Tarsono, & Nugraha, M. S. (2023). Prinsip-Prinsip Utama dalam Perencanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam sebagai Strategi Meningkatkan Mutu Pendidikan. Cendikia: Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 1(4), 135–143.
Nursyahida, S. F., & Nurhaliza, S. (2024). Pentingnya Pemahaman Guru Tentang Perencanaan Pembelajaran. Karimah Tauhid, 3(5), 5525–5533.
Puspitorini, P. (2022). Peran Perencanaan Pembelajaran dalam Optimalisasi Mengajar Guru Bahasa Inggris. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(11), 4649–4655.
Putianingsih, S., Muchasan, A., & Syarif Muhammad. (2021). 211-Article Text-660-1-10-20210213. INOVATIF: Jurnal Penelitian Pendidikan, Agama, Dan Kebudayaan, 7(1), 138–163.
Putri, S., Hestya Budianto Wahyu, E., & Dwi Tetria Dewi, N. (2021). Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk memetakan topik penelitian seputar Bank Bukopin Syariah dan Konvensional dengan pendekatan kualitatif, yang bersifat studi pustaka (. 1–30.
Rahmalia, S. M., & Sabila, N. D. (2024). Perencanaan Pembelajaran: Pengertian, Fungsi dan Tujuan. Karimah Tauhid, 3(5), 6014–6023.
Sabrina, N. S., Sya, M. F., & Utami, I. I. S. (2024). Konsep Perencanaan Pembelajaran dan Model Pengembangan Perangkat Desain Pembelajaran. Karimah Tauhid, 3(4), 5203–5211.
Syaddad, A. (2022). Penerapan Perencanaan Pembelajaran Berbasis Al-Qur’an. Salimiya: Jurnal Studi Ilmu Keagamaan Islam, 3(4), 176.
Syah, I., & Rais, M. (2022). Konsep Efektivitas Perencanaan Pembelajaran Dalam Meningkatkan Kualitas
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
















