PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP KEDISIPLINAN SISWA KELAS V SE-GUGUS NOGOTIRTO
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.35481Keywords:
Pola Asuh Orang Tua, KedisiplinanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui pola asuh orang tua di Gugus Nogotirto, (2) Mengetahui tingkat kedisiplinan di Gugus Nogotirto, (3) Mengetahui pengaruh pola asuh orang tua terhadap kedisiplinan siswa kelas V se-Gugus Nogotirto. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif survey. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V di Sekolah Dasar Negeri se-Gugus Nogotirto yang berjumlah 143 siswa. Sampel pada penelitian ini yaitu 105 siswa kelas V di Sekolah Dasar Negeri Se-Gugus Nogotirto yang dihitung menggunakan rumus slovin. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner atau angket. Kemudian untuk teknik pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan, (1) 55% orang tua siswa kelas V se-Gugus Nogotirto berada dalam kategoti pola asuh demokratis, (2) 63% kedisiplinan siswa kelas V se-Gugus Nogotirto berada dalam kategori tinggi, (3) Terdapat pengaruh pola asuh orang tua terhadap kedisiplinan siswa kelas V se-Gugus Nogotirto. Hal tersebut dilihat dari nilai signifikansi (Sig.) 0,000 < 0,05. Besarnya pengaruh pola asuh orang tua terhadap kedisiplinan siswa kelas V se-Gugus Nogotirto dapat dilihat pada nilai R Square yaitu 0,358 atau 35,8%.
Downloads
References
Buku :
Shochib, M. (2010). Pola Asuh Orang Tua Dalam Membantu Anak Mengembangkan Disiplin Diri. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Jurnal :
Abidin, A. M. (2019). Peran Pengasuh Panti Asuhan Membentuk Karakter Disiplin dalam Meningkatkan Kecerdasan Intrapersonal Anak. An-Nisa, 11(1), 354–363.
Amaliyah, S. (2021). Konsep pendidikan keluarga menurut Ki Hadjar Dewantara. Journal of Chemical Information and Modeling, 5(9), 1766–1770.
Ngewa, H. M. (2019). Peran Orang Tua Dalam Pengasuhan Anak. Jurnal Ya Bunaya, 1(1), 1–14.
Sari, N., Januar, J., & Anizar, A. (2023). Implementasi Pembelajaran Akidah Akhlak Sebagai Upaya Mendidik Kedisiplinan Siswa. Educativo: Jurnal Pendidikan, 2(1), 78–88.
Sari, N. P., & Renggani. (2018). Hubungan Pola Asuh Orang Tua dan Teman SEbaya terhadap Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas III SD. Joyful Learning Journal, 7(4), 64.
Sukmawati, K. N. (2023). Pengaruh Pola Asuh Permisif Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar PPKn dan Kedisiplinan Siswa Kelas Rendah Di SDN Tambahrejo. 1–113.
Sulastri, S., & Ahmad Tarmizi, A. T. (2017). Peran Orang Tua Dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 61–80.
Suryana, D., & Sakti, R. (2022). Tipe Pola Asuh Orang Tua dan Implikasinya terhadap Kepribadian Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4479–4492.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
















