KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN BUDAYA RELIGIUS DI MADRASAH ALIYAH SWASTA MAHDALIYAH KOTA JAMBI
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.35606Keywords:
Kepemimpinan,Kepala Madrasah,Budaya ReligiusAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang optimalnya penerapan budaya religius di Madrasah Aliyah Swasta Mahdaliyah Kota Jambi. Fenomena tersebut tampak dari rendahnya kedisiplinan siswa dalam kegiatan keagamaan, keterbatasan fasilitas ibadah, serta kurangnya keteladanan sebagian guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis visi dan misi kepemimpinan kepala madrasah, upaya yang dilakukan, serta kendala dan solusi dalam meningkatkan budaya religius di madrasah tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data meliputi kepala madrasah, guru, dan tenaga kependidikan. Analisis data dilakukan dengan model Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data diuji dengan triangulasi sumber, teknik, dan waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala madrasah berperan sentral sebagai pemimpin spiritual dan organisatoris. Upaya peningkatan budaya religius dilakukan melalui keteladanan, program keagamaan rutin, penguatan kerja sama guru dan orang tua, serta pembinaan karakter peserta didik. Kendala utama meliputi keterbatasan sarana ibadah, partisipasi guru yang belum merata, dan dukungan lingkungan eksternal yang belum maksimal. Kesimpulannya, keberhasilan peningkatan budaya religius di madrasah sangat ditentukan oleh kepemimpinan kepala madrasah yang visioner, komunikatif, dan menjadi teladan bagi seluruh warga madrasah.
Downloads
References
Abū Dāwūd. (2009). Sunan Abī Dāwūd, Kitāb al-Jihād (No. 2608). Beirut: Dār al-Kutub al-‘Ilmiyyah.
Aliekperova, N., & Aliekperov, A. (2023). Leadership traits as the basis for effective interaction between the leader and the team. Journal of Leadership, 5(1), 45–60.
Al-Qur’an. Surah Al-Baqarah [2]: 30.
Al-Qur’an. Surah An-Nisāʾ [4]: 58.
Al-Qur’an. Surah An-Nisāʾ [4]: 59.
Amanda, F., Rahmah, S., & Aini, N. (2024). Implementasi pendidikan karakter melalui budaya religius di Madrasah Aliyah Negeri 1 Medan. Innovative: Journal of Social Science Research, 4(4), 8754–8773.
Arifin, M. (1996). Ilmu pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.
Arifin, M., et al. (2022). Urgensi kekuatan dan kompetensi bagi kepemimpinan kepala sekolah dan madrasah. Jurnal Al-Afkar, 5(3), 106.
Baafadal, I. (1992). Supervisi pengajaran: Teori dan aplikasi dalam membina profesional guru. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Cahyaning, H. B. N. (2018). Kepemimpinan kepala madrasah: Studi tentang perencanaan program kerja dan pengawasan di madrasah (Tesis). Universitas Islam Negeri Walisongo.
Daryanto. (2018). Manajemen kepala sekolah/madrasah. Yogyakarta: Gava Media.
Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Dirawat, et al. (1971). Pemimpin pendidikan dalam rangka pertumbuhan djabatan guru-guru. Malang: Terbitan ke-IV.
Dosen STAI Ma’had Aly Al-Hikam Malang. (2018, Maret). Kepemimpinan kepala sekolah dalam melestarikan budaya mutu sekolah. Evaluasi, 2(1), 1.
Fathurrohman, M. (2015). Budaya religius dalam peningkatan mutu pendidikan. Yogyakarta: Kalimedia.
Fitriyani, & Zubaidah, S. (2018). Pelaksanaan kepemimpinan kepala madrasah dalam mengembangkan kompetensi guru di MDA Bani Al-Kautsar, Medan Maimun. Jurnal Kependidikan, 2(3), 18.
Hasibuan, M. S. P. (2019). Manajemen: Dasar, pengertian, dan masalah. Jakarta: Bumi Aksara.
Hendiyat, S. (1984). Kepemimpinan dan supervisi pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Hoy, W. K., & Miskel, C. G. (1978). Education administration: Theory, research, and practice (3rd ed.). New York: Random House.
Jalaluddin, R. (2009). Komunikasi antarbudaya: Panduan berkomunikasi dengan orang-orang berbeda budaya. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Jumiati, M. W. A., & Afriantoni. (2024). Strategi kepala madrasah dalam membangun budaya religius di MAN 1 Musi Banyuasin. Journal on Education, 7(1), 55–62.
Kempa, R. (2015). Kepemimpinan kepala sekolah. Yogyakarta: Ombak.
Kementerian Agama Republik Indonesia. (2019). Pedoman pelaksanaan lomba keterampilan dan seni pendidikan agama Islam (PAI). Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam.
Kementerian Pendidikan Nasional Republik Indonesia. (2007). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2007 tentang Standar Kepala Sekolah/Madrasah. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional.
Kementerian Pendidikan Nasional Republik Indonesia. (2010). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 28 Tahun 2010 tentang Kepala Sekolah/Madrasah. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional.
Kompri. (2005). Manajemen pendidikan (Komponen-komponen elementer kemajuan madrasah). Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Kompri. (2017). Standarisasi kompetensi kepala sekolah: Pendekatan teori untuk praktik profesional. Jakarta: Kencana.
Moleong, L. J. (2013). Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Moleong, L. J. (2021). Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mulyasa. (2004). Menjadi kepala sekolah profesional dalam konteks menyukseskan MBS. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mulyasa. (2017). Manajemen pendidikan karakter. Jakarta: Bumi Aksara.
Ngalim, P. (2004). Administrasi dan supervisi pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nunu Ahmad AN-Nahidl, et al. (2010). Spektrum baru pendidikan madrasah. Jakarta: Museum Istiqlal.
Nuruddin, et al. (2003). Agama tradisional: Potret kearifan hidup masyarakat Samin dan Tengger. Yogyakarta: LKiS.
Nurbaiti, L. (2020). Peran kepala madrasah dan kebijakan kepala dalam mengembangkan budaya madrasah. Jurnal Serambi MANAGE: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2).
Pino-Marchito, A. D., Galán-García, A., & Plaza-Mejía, M. de los Á. (2025). The Hersey and Blanchard’s situational leadership model revisited: Its role in sustainable organizational development. World, 6(2), 63.
Putra, K. S. (2015, November). Implementasi pendidikan agama Islam melalui budaya religius di sekolah. Jurnal Kependidikan, 3(2), 20–26.
Raihani. (2017). Kepemimpinan pendidikan di sekolah: Konsep dan praktik. Jakarta: Kencana.
Raihani. (2017). Kepemimpinan sekolah transformatif. Jakarta: Kencana.
Rahmawati, Y. (2022). Pengaruh kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan pertemuan efektif dengan guru di Madrasah Ibtidaiyah Unggulan Assa’adah Sememi Surabaya (Skripsi). UIN Sunan Kalijaga.
Rasyad. (2022). Konsep khalifah dalam Al-Qur’an (Kajian Ayat 30 Surat al-Baqarah dan Ayat 26 Surat Shâd). Jurnal Ilmiah Al Mu’ashirah: Media Kajian Al-Qur’an dan Al-Hadîts Multi Perspektif, 19(1), 20.
Repository Raden Intan Lampung. (2018). Karakteristik kepemimpinan kepala madrasah. https://repository.radenintan.ac.id/2387/4/BAB_II.pdf
Rivai, V. (2003). Kepemimpinan dan perilaku organisasi. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Rivai, V. (2017). Kepemimpinan dan perilaku organisasi. Jakarta: Rajawali Pers.
Rivai, V., & Mulyadi, D. (2012). Kepemimpinan dan prilaku organisasi. Jakarta: PT RajaGrafindo.
Rivai, V., & Mulyadi, D. (2020). Kepemimpinan dan perilaku organisasi. Jakarta: Rajawali Pers.
Robbins, S. P. (2003). Organizational behavior. Mexico: Prentice Hall.
Rosari, R. (2019). Leadership as an influence relationship. Journal of Leadership in Organizations, 1(1), 20.
Sagala, S. (2010). Manajemen strategi dalam peningkatan mutu pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sahlan, A. (2010). Mewujudkan budaya religius di sekolah. Malang: UIN Maliki Press.
Sarwono, J. (2006). Metode penelitian kuantitatif dan kualitatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Sugiyono. (2018). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2019). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Ujang Wahyudin, E. B., & Sa’diyah, M. (2018, Juni). Pola kepemimpinan kepala sekolah dalam membangun akhlak peserta didik. Jurnal TAWAZUN, 11(1), 53.
Veithzal, R., & Mulyadi, D. (2020). Kepemimpinan dan perilaku organisasi. Jakarta: Rajawali Pers.
Wahjosumidjo. (2017). Kepemimpinan kepala sekolah: Tinjauan teoritik dan permasalahannya. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Wibowo. (2010). Budaya organisasi: Sebuah kebutuhan untuk meningkatkan kinerja jangka panjang. Jakarta: Rajawali Pers.
Zawawi, A., & Muhyidin. (2018). Perspektif kepemimpinan Islami dalam manajemen sumber daya manusia. Jurnal Ummul Qura, XII(2), 30.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
















