PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN TERHADAP MANAJEMEN KONFLIK ANTAR PENDIDIK DI SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.35640Keywords:
gaya kepemimpinan, manajemen konflik, pendidik, sekolah dasarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap manajemen konflik antar pendidik di sekolah dasar. Konflik di lingkungan pendidikan seringkali muncul akibat perbedaan pandangan, nilai, maupun kepentingan antar guru, sehingga diperlukan kemampuan kepemimpinan yang efektif untuk mengelola dan menyelesaikannya secara konstruktif. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan eksplanatori. Populasi penelitian ini adalah 85 guru dari lima sekolah dasar negeri di Kota X, dengan teknik pengambilan sampel proportional random sampling sebanyak 70 responden. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner dengan skala Likert lima poin yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Analisis data dilakukan menggunakan regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan berpengaruh positif dan signifikan terhadap efektivitas manajemen konflik (R² = 0,58; p < 0,05). Kepala sekolah dengan gaya kepemimpinan transformasional terbukti lebih mampu menciptakan komunikasi terbuka, memperkuat kerja sama tim, serta menekan eskalasi konflik destruktif. Temuan ini menegaskan bahwa peningkatan kompetensi kepemimpinan kepala sekolah menjadi faktor strategis dalam menciptakan budaya kerja harmonis dan profesional di lingkungan sekolah dasar.
Downloads
References
Aggarwal, J. (2022). Yukl, GA, & Gardner, WL (2020). Leadership in Organizations. Pearson Education, Inc. Journal of Leadership Studies, 16(3), 57–60.
Bush, T. (2007). Educational leadership and management: Theory, policy and practice. South African Journal of Education, 27(3), 391–406.
Bush, T. (2020). Theories of educational leadership and management.
De Dreu, C. K. W., & Weingart, L. R. (2003). Task versus relationship conflict, team performance, and team member satisfaction: a meta-analysis. Journal of Applied Psychology, 88(4), 741.
Hoy, W. K., & Miskel, C. G. (1991). Educational administration: Theory, research, and practice. (No Title).
Jehn, K. A., & Mannix, E. A. (2001). The dynamic nature of conflict: A longitudinal study of intragroup conflict and group performance. Academy of Management Journal, 44(2), 238–251.
Katzenbach, J., & Smith, D. (1992). The wisdom of teams: Creating the high-performance organization. Harvard Business Press.
Luthans, F., & Broad, J. D. (2025). Positive organizational behavior and psychological capital: An evidence-based 20-year journey. In Advancing Positive Organizational Behaviour (pp. 7–36). Routledge.
Miles, M. B., Huberman, A. M., Saldana, J., & Rohidi, T. R. (1996). F. Analisis Data. IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SEKOLAH, 61.
Owens, R. G., & Valesky, T. C. (2011). Organizational Behavior in Education: Leadership and School Reform Tenth Edition.
Pondy, L. R. (1967). Organizational conflict: Concepts and models. Administrative Science Quarterly, 296–320.
Qomaruddin, Q., & Sa’diyah, H. (2024). Kajian teoritis tentang teknik analisis data dalam penelitian kualitatif: Perspektif Spradley, Miles dan Huberman. Journal of Management, Accounting, and Administration, 1(2), 77–84.
Rahim, A., & Bonoma, T. V. (1979). Managing organizational conflict: A model for diagnosis and intervention. Psychological Reports, 44(3_suppl), 1323–1344.
Rahim, M. A. (2023a). Managing conflict in organizations. Routledge.
Rahim, M. A. (2023b). Managing conflict in organizations. Routledge.
Robbins, S. P. (2011). Judge. TA (2007). Organizational Behavior. Pearson Education, Inc., Upper Saddle, River, New Jersey.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
















