STRATEGI PEMBELAJARAN PYRAMID CLASS DALAM MENDUKUNG PERKEMBANGAN SENSORIK SISWA LOWER CLASS

Authors

  • Ni Made Lina Mariani Universitas Sanata Dharma
  • F.M. Rastika Sagugubbaik Universitas Sanata Dharma
  • Gregorius Ari Nugrahanta Universitas Sanata Dharma

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.35648

Keywords:

Pyramid Class, Perkembangan Sensorik, Pembelajaran Multisensori, Pendidikan Dasar Awal.

Abstract

Penelitian ini mengkaji fenomena penundaan stimulasi sensorik yang meluas pada siswa kelas rendah sekolah dasar, dipicu oleh keterbatasan aktivitas fisik dan interaksi sosial selama pandemi COVID-19. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, penelitian dilaksanakan di sebuah sekolah dasar berbasis Montessori di Yogyakarta, melibatkan siswa kelas 1–3 dan tiga orang guru. Data dikumpulkan melalui wawancara terstruktur dan observasi sistematis di kelas, dianalisis melalui tahap reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Strategi Pyramid Class, yang berlandaskan kerangka Pyramid of Learning, secara efektif mengaktivasi ketujuh sistem sensorik melalui aktivitas multisensori terarah: integrasi media visual, permainan auditori (Mimimi), eksplorasi taktil, diferensiasi aroma, tantangan vestibular (lompat tali), latihan proprioseptif (permainan buaya), serta stimulasi gustatori (meniup balon dan mencicipi). Hasil observasi menunjukkan peningkatan signifikan dalam atensi, koordinasi motorik, dan responsivitas terhadap instruksi, terutama pada ranah visual, taktil, dan vestibular. Namun, domain auditori, gustatori, dan proprioseptif masih memerlukan penguatan lebih lanjut. Pyramid Class terbukti sebagai intervensi pedagogis yang kokoh dalam memajukan integrasi sensorik holistik dan kesiapan belajar pada anak usia dini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggraeni, S., Mu’Ammar, Faruq, A., & Adilah, N. (2024). Implementasi Alat Permainan Edukatif (APE) Keterampilan Meronce untuk Menumbuhkan Perkembangan Sensorik dan Motorik Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(1), 1–16.

Gandasari, M. F. (2024). Efektivitas Latihan Permainan Engklek dan Zig-Zag pada Keseimbangan Statis dan Dinamis Anak Tunagrahita. Journal Physical Health Recreation, 4(2), 459–465. https://doi.org/10.55081/jphr.v4i2.2389

Ismi, R., Witasoka, D., & Junari. (2025). Pengaruh Multisensori terhadap Hasil Belajar dan Keterlibatan Siswa dalam Pembelajaran Inklusif. Pendiri: Jurnal Riset Pendidikan, 2(2), 89–97. https://doi.org/10.63866/pendiri.v2i2.90

Jannah, N. (2020). Pengembangan Kurikulum Terpadu Berbasis Pyramid of Learning dalam Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa di SDIT Al Uswah Pamekasan.

Komaini, A., Kiram, Y., & Daniati, N. (2021). Improving Children ’ s Motor Skills with Experiential Learning-Based Games. Proceedings of the 1st International Conference on Sport Sciences, Health and Tourism, 35(Icssht 2019), 178–181.

Lane, S., Mailloux, Z., Schoen, S., Bundy, A., May-Benson, TA, Parham, L., & Schaaf, R. (2019). Neural foundations of ayres sensory integration®. Brain sciences, 9(7), 153.

Lillard, A. S. (2017). Montessori: The science behind the genius. Oxford University Press.

Montessori, M. (2011). The absorbent mind. Lulu. com.

Mossman, A. (2025). Nature-Based Practices In Early Childhood Through An Occupational Therapy Lens. Occupational Therapy Capstones.

Mulyana, E. H., Rahman, T., & Nurjanah, R. (2022). Pengembangan Instrumen Deteksi Kesiapan Belajar Anak Memasuki SD Dilihat dari Dimensi Kesiapan Fisik Motorik. Jurnal Pendidikan Konseling, 4(1), 2684–2691.

Padil, R., & Lessy, Z. (2024). Analysis of Cognitive Function, Low Social Skills, Physical and Sensory Disorders, and Their Implications for Learning. Journal of Health and Psychology Sciences, 1(2), 83–91. https://doi.org/10.70115/harapan.v1i2.220

Pyle, A., DeLuca, C., & Danniels, E. (2017). A scoping review of research on play‐based pedagogies in kindergarten education. Review of Education, 5(3), 311–351.

Ramadhani, A. S., Azizah, W., Selpiyani, Y., & Khadijah. (2022). Bentuk-bentuk Stimulasi Pada Anak Dalam Perkembangan Motorik Anak Usia Dini di RA. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4, 2360–2370.

Reswari, A., Lestariningrum, A., Iftitah, S. L., & Pangastuti, R. (2022). Perkembangan fisik dan motorik anak (Child Physical and Motoric Development). CV.Azka Pustaka.

Rosiyanah, Yufiarti, & Meilani, S. M. (2021). Pengembangan Media Stimulasi Sensori Anak Usia 4- 6 Tahun Berbasis Aktivitas Bermain Tujuh Indera. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 941–957. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.758

Salsabila, S., Wardani, I. K. F., Khoirunisa, N., & Yahya, R. A. P. (2024). Sosialisasi Pengetahuan Ibu Tentang Perkembangan Sensoris Dan Motorik Anak Usia Dini. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara (JPkMN), 5(2), 2467–2474.

Sari, A. W. A., Sulistiani, G., Afara, L., & Rasyidah, S. N. L. (2024). Studi Literatur: Metode Pembelajaran Bagi Siswa Sekolah Dasar Dengan Gangguan Sensorik. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 10, 212–224.

Smith, M. (2019). Integrasi Sensorik: Teori dan Praktik. FA Davis.

Suardi, W. (2017). Catatan kecil mengenai desain riset deskriptif kualitatif. Ekubis: Ekonomi, Keuangan, & Bisnis, 2(1).

Supartini, E. (2006). Pengukuran kesiapan sekolah. JPK (Jurnal Pendidikan Khusus), 2(2).

Suprapto, E. (2021). Project Based Learning (PjBL) untuk Penguatan Keterampilan 4C (Comunication, Collaboration, Critical Thinking, Creativity) dalam menghadapi abad 21. CV. AE Media Grafika.

Downloads

Published

2025-11-20

Most read articles by the same author(s)