Analisis kebutuhan e-lkpd interaktif berbasis liveworksheet pada materi tumbuhan di kelas IV Sekolah dasar
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.35720Keywords:
Analisis Kebutuhan, LKPD Interaktif, Canva, Tumbuhan, LiveworksheetsAbstract
Penelitian analisis kebutuhan ini bertujuan untuk mengidentifikasi urgensi pengembangan LKPD interaktif berbantuan Liveworksheets pada materi bagian-bagian tumbuhan di kelas IV SD Negeri 1 Desa Terusan, Kabupaten Musi Banyuasin, sebagai langkah inovatif dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran IPAS. Permasalahan utama yang ditemukan adalah keterbatasan media pembelajaran yang masih bersifat konvensional, sehingga peserta didik kurang aktif dan kesulitan memahami konsep secara mendalam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa baik peserta didik maupun guru memiliki tingkat kebutuhan dan kesiapan yang tinggi terhadap pengembangan media digital interaktif. Peserta didik menunjukkan tingkat persetujuan tinggi terhadap aspek kesesuaian media (88%), kebutuhan media tambahan (74%), aktivitas pembelajaran (81%), dan kesiapan teknologi (86%). Sementara itu, guru menunjukkan kebutuhan yang sangat kuat terhadap media pembelajaran inovatif, dengan tingkat persetujuan tinggi pada aspek kebutuhan pembelajaran (90%), gaya belajar (100%), pengembangan keterampilan berpikir (95%), dan kesiapan sumber daya (85%). Berdasarkan hasil tersebut, pengembangan E-LKPD interaktif menjadi sangat relevan untuk mendukung pembelajaran abad ke-21 yang menuntut partisipasi aktif, berpikir kritis, serta kemampuan adaptasi terhadap teknologi digital.
Downloads
References
Asiati, S., & Hasanah, U. (2022). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Di Sekolah Penggerak. Jurnal Lingkar Mutu Pendidikan, 19(2), 61–72. https://doi.org/10.54124/jlmp.v19i2.78
Cárdenas-Sainz, B. A., Barrón-Estrada, M. L., Zatarain-Cabada, R., & Chavez-Echeagaray, M. E. (2023). Evaluation of eXtended reality (XR) technology on motivation for learning physics among students in mexican schools. Computers & Education: X Reality, 3(July), 100036. https://doi.org/10.1016/j.cexr.2023.100036
Dewi, I. M., & Setyasto, N. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Digital Flipbook Berbasis Canva Pada Mata Pelajaran IPAS Materi Sistem Pernapasan Kelas V di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 10(5), 2300–2308. https://doi.org/10.29303/jppipa.v10i5.7030
Ermayanti, Yusnita, & Dwiki. (2023). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbasis Pembelajaran Berdiferensiasi terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Sistem Reproduksi Manusia. Jurnal Pembelajaran Biologi: Kajian Biologi Dan Pembelajarannya, 10(2), 63–70.
Idawati, Maisarah, Muhammad, Meliza, Arita, A., Amiruddin, & Salfiyadi, T. (2022). Pemanfaatan Canva Sebagai Media Pembelajaran Sains Jenjang SD. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(4), 745–751. https://core.ac.uk/download/pdf/322599509.pdf
Izzah, S. M., Matematika, T., Nabhar, N., Auliya, F., & Matematika, T. (2023). PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS PENDEKATAN KONTEKSTUAL. 1(9), 763–774.
Jannah, I. K. J., & Suciptaningsih, O. A. (2023). Pengembangan E-LKPD Berbasis CTL pada Kurikulum Merdeka Muatan IPAS. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(8), 6164–6172. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i8.2584
Jihan, I., Asbari, M., & Nurhafifah, S. (2023). Quo Vadis Pendidikan Indonesia: Kurikulum Berubah, Pendidikan Membaik? Journal of Information Systems and …, 02(05), 17–23. https://jisma.org/index.php/jisma/article/view/431%0Ahttps://jisma.org/index.php/jisma/article/download/431/102
Mackiewicz, J. w., & Creswell, J. D. (2018). Writing center talk over time: A mixed-method study. In Writing Center Talk over Time: A Mixed-Method Study. https://doi.org/10.4324/9780429469237
Moure Abelenda, A., Aiouache, F., & Moreno-Mediavilla, D. (2023). Adapted business model canvas template and primary market research for project-based learning on management of slurry. Environmental Technology and Innovation, 30, 103106. https://doi.org/10.1016/j.eti.2023.103106
Mukarima, U. S., Wawan, W., Setiawan, A., Ningsih, E. F., & Choirudin, C. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Media Pembelajaran Magic Board untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Penelitian Tindakan Kelas, 1(3), 152–155. https://doi.org/10.61650/jptk.v1i3.367
Nadlir, N., Nurkhasanah, M., & Rochmahtika, A. S. (2024). Peran Media Audio Visual Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Guna Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(1), 116–124. https://doi.org/10.31004/edukatif.v6i1.5947
Novitasari, M., Susanti, L. . R., Waty, E. R. K., & Raharjo, M. (2024). the Effect of Implementation of Canva Based Digital Handout Development on Pancasila Phase B Education Subject Using the Ricosre Learning Model in Primary School. Jurnal Cakrawala Pendas, 10(3), 435–445. https://doi.org/10.31949/jcp.v10i3.8992
Nur Saffanah, K., & Andrian, R. (2024). Perancangan Design Ui/Ux Pada Aplikasi Learning Management System Guna Meningkatkan Efektivitas Dan Kepuasan Pengguna Menggunakan Metode Design Thinking. Jurnal Mnemonic, 7(1), 23–30. https://doi.org/10.36040/mnemonic.v7i1.8474
Pratiwi, A. D., Hatta, P., & Efendi, A. (2021). Studi Kelayakan Trainer Jaringan Komputer Sebagai Media Belajar Pada Praktikum Jaringan Komputer Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Dan Kejuruan, 14(1), 25. https://doi.org/10.20961/jiptek.v14i1.17662
Ramdhany, T., BAS, I., Pahrilah, D., & Krisdiawan, R. A. (2021). Pembuatan Game Edukasi Sejarah Kerajaan Sriwijaya Menggunakan Rpg Maker Mv. Nuansa Informatika, 15(2), 21–29. https://doi.org/10.25134/nuansa.v15i2.4220
Sari, S. E., Pahlevi, M. R., Safitri, S., Studi, P., Sejarah, P., & Sriwijaya, U. (2022). Pengembangan Sumber Belajar Berbasis VistaCreate dengan Pendekatan.
Sciences, N. (2022). Uji Validitas Pengembangan E -LKPD Berorientasi Hots Materi Sistem Pernapasan Sma Kelas Xi Fitria Ramadhana , Adnan , dan Andi Asmawati Azis Universitas Negeri Makassar Pendahuluan. 3(1).
Sudirman, I. N., & Bahari, I. Id. A. (2024). ANALISIS KEBUTUHAN SISWA TERHADAP BAHAN AJAR DIGITAL DALAM PEMBELAJARAN IPAS DI SEKOLAH DASAR NEGERI 4 CEMPAGA. Nusra: Jurnal Penelitian Dan Ilmu Pendidikan, 5(4), 1944–1958.
Suprapmanto, J., & Zakiyah, S. W. (2024). Analisis Permasalahan Analisis Permasalahan Pembelajaran IPAS pada siswa kelas 4 SD. Jurnal BELAINDIKA (Pembelajaran Dan Inovasi Pendidikan), 6(2), 199–204. https://doi.org/10.52005/belaindika.v6i2.232
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
















