PERAN COOKING CLASS SEBAGAI INTEGRASI ASPEK PRACTICAL LIFE MONTESSORI DALAM PENGUATAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB SOSIAL SISWA UPPER CLASS
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.35740Keywords:
Cooking class, Practical life Montessori, Tanggung jawab sosial, Karakter siswaAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya karakter tanggung jawab sosial siswa sekolah dasar di Indonesia, yang ditandai dengan kurangnya empati, kepedulian, dan interaksi sosial sehat, dengan tujuan mendeskripsikan peran cooking class sebagai integrasi aspek kehidupan praktis Montessori dalam memperkuat karakter tersebut pada siswa kelas atas . Pendekatan kualitatif induktif diterapkan melalui observasi partisipatif, wawancara mendalam dengan empat guru, dan angket terbuka kepada 35 siswa kelas IV–VI, dengan analisis data mengikuti model interaktif Miles dan Huberman serta triangulasi sumber. Hasil triangulasi menunjukkan bahwa cooking class secara signifikan memperkuat tanggung jawab sosial melalui lima indikator, dengan skor rerata angket: menjaga kebersihan lingkungan (3,32; sangat tinggi), memberi dampak positif (3,23; tinggi), aktif dalam kegiatan sosial (3,18; tinggi), memperbaiki lingkungan sosial (3,11; tinggi), dan membantu sesama (2,42; rendah). Observasi dan wawancara mengonfirmasi internalisasi nilai melalui kolaborasi, inisiatif kebersihan, serta kepemimpinan pelayan lintas jenjang, meskipun aspek membantu sesama memerlukan penguatan pedagogis lebih lanjut. Kelas memasak dapat digunakan sebagai media pembelajaran yang efektif untuk mengintegrasikan karakter tanggung jawab sosial secara alami.
Downloads
References
Almaqdivikia, N. M., Mahendra, A., Anira, A., & Putri, W. (2024). Deteksi dini masalah perilaku sosial siswa sekolah dasar dalam pembelajaran penjas pasca COVID-19. Jurnal Penelitian Pendidikan, Psikologi Dan Kesehatan, 5(1), 12–17. http://jurnalp3k.com/index.php/J-P3K/article/view/263
Anastasya, I. G. A. M. B., & Wulandari, I. G. A. A. (2022). Meningkatkan karakter peduli sosial siswa SD melalui pembiasaan tri hita karana. Jurnal Educatio, 8(3), 992–1002. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i3.3084
Anggraeni, C., Elan, & Mulyadi, S. (2021). Metode pembiasaan untuk menanamkan karakter disiplin dan tanggungjawab di RA Daarul Falaah Tasikmalaya. Jurnal PAUD Agapedia, 5(1), 100–109.
Bandura, A. (1997). Social learning theory. Prentice Hall.
Evitasari, A. D., & Utaminingtyas, S. (2022). Karakteristik dan problematika siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Indonesia (Jurnal Ilmiah Pendidikan), 10(2), 70–75.
Friskilia, M., & Lian, B. (2025). Pengaruh metode montessori terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa pada materi sistem pencernaan manusia kelas V SD Negeri 55 Prabumulih. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(03).
Halimatussadiah, Rohendi, E., & Halimah, L. (2017). Pengembangan karakter tanggung jawab anak melalui kegiatan cooking class. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(1).
Kamil, N., & Asriyani, S. (2023). Analisis penerapan metode Montessori pada aspek kemandirian anak melalui kegiatan pembelajaran practical life. Jurnal Buah Hati, 10(1), 1–15. https://doi.org/10.46244/buahhati.v10i1.2098
Kemendikbud. (2017). Direktorat pembinaan SMA. Direktorat Jendral Pendidikan Dasar Dan Menengah.
Kurniawati, W., Silmi, F. I., Rigianti, H. A., Novitsari, R. K., & Trilisiana, N. (2023). Implementasi gerakan literasi sekolah dalam menanamkan karakter siswa SD Negeri Suryodiningrat 3. EDUKASI: Jurnal Penelitian & Artikel Pendidikan, 15(02), 139–152.
Lapierre, C. M. A., & Caldwell. (2021). Servant-Leadership and the Montessori philosophy: A principal’s view. International Journal of Servant-Leadership, 15(6). https://doi.org/10.33972/ijsl.14
Lickona, T. (2019). Pendidikan karakter: Panduan lengkap mendidik siswa menjadi pintar dan baik. Nusa Media.
Lillard, A. S., Heise, M. J., Richey, E. M., Tong, X., Hart, A., & Bray, P. M. (2017). Montessori preschool elevates and equalizes child outcomes: A longitudinal study. Frontiers in Psychology, 8(OCT), 1–19. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2017.01783
Majdi, M. (2020). Pengembangan keterampilan membaca siswa Madrasah Ibtidaiyah kelas rendah menggunakan picture word inductive model. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 5(1), 1. https://doi.org/10.35931/am.v5i1.330
Montessori, M. (2012). The discovery of the child. Ballantine Book.
Nasution, R. R. (2017). Penanaman disiplin dan kemandirian anak usia dini dalam metode Maria Montessori. Jurnal Raudhah, 05(02), 6. https://ejournal.sttdp.ac.id/metanoia/home
Natasha, C., Rahmawati, A., & Jumiatmoko. (2023). Pengaruh penerapan practical life skill terhadap sikap tanggung jawab anak. Early Childhood Education and Development Journal, 6(1), 57–65. https://jurnal.uns.ac.id/ecedj
Nurjannah, A. I., Hidayati, Y. M., & Samsiyah, S. (2022). Peningkatan keterampilan menulis cerpen melalui media flash card pada siswa kelas IV sekolah dasar. Educatif: Journal of Education Research, 4(3), 187–194.
Pauzannoor, S. R., Loita, A., & Sianturi, R. (2024). Pengaruh kegiatan cooking class terhadap perkembangan motorik halus anak usia 5-6 tahun di TK Islam Al-Kautsar. Jurnal Paud Agapedia, 8(2), 199–202. https://doi.org/10.17509/jpa.v8i2.77299
Rahmadini, Rakimahwati, Firman, & Eliza, D. (2025). Efektivitas cooking class dalam membangun kemandirian anak usia dini : Studi kuasi eksperimen. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini ISSN:, 9(2), 487–500. https://doi.org/10.31004/obsesi.v9i2.6899
Rosita, D., Sutisnawati, A., & Uswatun, D. A. (2022). Pendidikan karakter nilai disiplin dan tanggung jawab dalam pembelajaran tematik di sekolah dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(2), 449–456. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i2.2274
Sari, C. G., Pawestri, H. N., & Winarti, E. (2025). Implementation of the international primary curriculum to develop social responsibility character. 10(1), 158–167.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
















