PERBANDINGAN HASIL BELAJAR IPA ANTARA SISWA YANG MENGGUNAKAN POP-UP BOOK DAN GAMBAR BIASA

Authors

  • Muhammad Dhori Institut Agma Islam Pagar Alam
  • Tiara Nurhayati Institut Agma Islam Pagar Alam
  • Alincia Nodika Institut Agma Islam Pagar Alam
  • Nikma Ariswari Institut Agma Islam Pagar Alam
  • Eni Lionike Institut Agma Islam Pagar Alam

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.35949

Keywords:

Media Pembelajaran, Pop-Up Book, Hasil Belajar

Abstract

Studi ini dilakukan guna membandingkan efektivitas penerapan media pembelajaran  Pop-Up Book dengan gambar biasa dalam kegiatan instruksional dalam mata pelajaran IPA  di kelas IV MI Az-Zahro kota Pagar Alam, baik dari segi pemahaman materi, minat belajar, keterlibatan siswa selama kegiatan berlangsung maupun hasil belajar siswa. Studi ini menerapkan metode kuantitatif deskriptif, Data dikumpulkan melalui observasi langsung di lapangan dan wawancara mendalam dengan informan. serta dokumentasi, untuk mendapatkan informasi secara lengkap dan triangulatif. Hasil studi mengindikasikan bahwa 1) pemanfaatan media pembelajaran berdampak kuat terhadap efektivitas proses belajar dan hasil belajar yang dicapai siswa. pada materi IPA mengenai gaya dorong dan tarik. 2) Hasil kuesioner mengindikasikan bahwa siswa lebih menyukai Pop-Up Book ketimbang gambar biasa, dengan skor rata-rata kuesioner 2,53. 3) Media Pop-Up Book dianggap Efektif dan Efisien dalam membantu siswa memahami materi konsep, motivasi dalam proses pembelajaran, dan keterlibatan aktif peserta didik. Temuan ini didukung oleh data nilai serta kuesioner siswa, yang menunjukkan tanggapan sangat positif terhadap pemanfaatan media interaktif. Dengan demikian, Media Pembelajaran Pop-Up Book disarankan sebagai alat pembelajaran kreatif untuk mendukung proses belajar yang lebih efektif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aen, R., & Kuswendi, U. (2020). Meningkatkan Pemahaman Konsep Ipa Siswa Sd Menggunakan Media Visual Berupa Media Gambar Dalam Pembelajaran Ipa 1. Journal of Elementary Education, 03(03), 3.

Ahda Aulia Fajriah, Halimatu Sadiah, & Dede Indra Setiabudi. (2022). Penggunaan Media Pembelajaran Pop-Up Book Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Riset Sosial Humaniora Dan Pendidikan, 1(2), 51–58. https://doi.org/10.56444/soshumdik.v1i2.74

Arip, M., & Aswat, H. (2021). Media Pop Up Book Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 261–268. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i1.329

Ariska, D., Asril, Z., & Aswirna, P. (2021). Pengembangan Asesmen Higher Order Thinking Skills (Hots) berbantuan Aplikasi Lectora Inspire terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Berpikir Kreatif Peserta Didik. Jurnal Cerdas Mahasiswa, 3(1), 111–125. https://ejournal.uinib.ac.id/jurnal/index.php/cerdas/article/view/3497

Aswirna, P. (2012). Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Kimia Dengan Penerapan Cooperative Learning Model Jigsaw Pada Kelas X Ipa3 Di Sma Negeri 1 Padang. Al-Ta Lim Journal, 19(2), 158–165. https://doi.org/10.15548/jt.v19i2.17

Aswirna, P. (2017). Pengembangan Komik Fisika Sebagai Media Pembelajaran Fisika di Kelas VIII MTSN 1 Lubuk Basung. Natural Science Journal, 3(1), 359–363.

Aswirna, P. (2018a). Application Of Treatment Trait Interaction To Improve Learning Of Chemistry. SHS Web of Conferences, 42, 00114. https://doi.org/10.1051/shsconf/20184200114

Aswirna, P. (2018b). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick terhadap pemahaman konsep fisika siswa di MTsN Piladang Kabupaten Lima Puluh Kota. NATURAL SCIENCE: Jurnal Penelitian Bidang IPA Dan Pendidikan IPA, 4(1), 503–515.

Aswirna, P. (2019). Pengaruh modelling the way terhadap hasil belajar sains peserta didik. TARBIYAH AL-AWLAD: JURNAL KEPENDIDIKAN ISLAM TINGKAT DASAR, 9(2).

Aswirna, P., & Ritonga, A. (2020). the Development of Discovery Learning - Based E-Book Teaching E-Book Based on Kvisoft Flipbook Maker on Science Literation. HUNAFA: Jurnal Studia Islamika, 17(2), 47–79. https://doi.org/10.24239/jsi.v17i2.590.47-79

Cahyani, D., & Sari, M. (2020). Penggunaan Media Pop Up Book Dalam Menanamkan Pendidikan Moral Pada Anak Usia Dini. Jcmc, 5(1), 73–86.

Dhori, M. (n.d.). Analisis Teori Belajar Behavioristik dalam Proses Belajar Mengajar di SD Negeri 7 Kayuagung.

Hamdani, A. R., & Priatna, A. (2020). Efektifitas implementasi pembelajaran daring (full online) dimasa pandemi Covid-19 pada jenjang Sekolah Dasar di Kabupaten Subang. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 6(1), 1–9. https://doi.org/https://doi.org/10.36989/didaktik.v6i1.120

Inayah, R., Aswirna, P., & Asrar, A. (2022). Keterampilan Komunikasi Peserta Didik. JOURNAL CERDAS MAHASISWA Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan UIN IB Padang, 78–90.

Nurhasnah, N., Kasmita, W., Aswirna, P., & Abshary, F. I. (2020). Developing Physics E-Module Using “Construct 2” to Support Students’ Independent Learning Skills. Thabiea : Journal of Natural Science Teaching, 3(2), 79. https://doi.org/10.21043/thabiea.v3i2.8048

Nurhayati, T., & Dhori, M. (2025). MODUL AJAR BERBASIS MERDEKA BELAJAR DI SD NEGERI 2 MANNA pengaturan dan pengorganisasian materi ajar , tujuan pembelajaran , metode , serta evaluasi yang terhadap kualitas pembelajaran , oleh sebab itu modul ajar sangat dipentingkan sebagai media pendidik. 6(2), 2679–2686.

Nurrita, T. (2018). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA. MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran Hadits Syari’ah Dan Tarbiyah, 3(1), 171–210. https://doi.org/10.51878/academia.v2i3.1447

Resta, R. G., & Kodri, S. (2023). Media Pembelajaran Pop Up Book Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(1), 162–167. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i1.4189

Sari, S. A. (2017). The Development of Pop-up Book on the Role of Buffer in the Living Body. European Journal of Social Sciences Education and Research, 10(2), 213. https://doi.org/10.26417/ejser.v10i2.p213-221

Ulfa, M. S., & Nasryah, C. E. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Pop – Up Book Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SD. Edunesia : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(1), 10–16. https://doi.org/10.51276/edu.v1i1.44

Yanto, N., GH, M., & Zubair, S. (2023). The Effect of Pop Up Book Media in Science Learning: A Literature Review. EduLine: Journal of Education and Learning Innovation, 3(2), 214–220. https://doi.org/10.35877/454ri.eduline1772

Downloads

Published

2025-12-12