MODEL SUPERVISI DIGITAL UNTUK OPTIMALISASI PEMBERIAN FEEDBACK DAN REFLEKSI GURU: TINJAUAN LITERATUR SISTEMATIS
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.35985Keywords:
Supervisi Digital, Feedback, RefleksiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas model supervisi digital dalam meningkatkan kualitas feedback dan refleksi bagi guru. Supervisi pendidikan konvensional seringkali terkendala oleh proses pengolahan data manual yang memakan waktu, menghambat pemberian feedback yang tepat waktu dan personal. Melalui studi literatur, penelitian ini mengkaji dampak implementasi platform digital, seperti Learning Management System (LMS), dalam proses supervisi. Analisis literatur menunjukkan bahwa model supervisi digital, dengan tahapan sistematis (perencanaan, pemantauan, evaluasi, dan tindak lanjut), memungkinkan pengumpulan data yang lebih efisien, analisis kinerja guru yang mendalam, serta pemberian feedback yang lebih akurat dan berbasis bukti. Penelitian ini juga mengidentifikasi tantangan dalam implementasi supervisi digital dan memberikan rekomendasi untuk optimalisasi, yang pada akhirnya berkontribusi pada peningkatan kualitas pengajaran guru.
Downloads
References
Adang Danial, M. D. (2022). Model superviai akademik berbasis digital oleh kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme Guru PAUD. Jurnal Education, Vol.8 No.4.
Alfarisi, M. R. (2025). Tantangan yang Dihadapi Kepala Sekolah dan Guru dalam Melaksanakan Supervisi. . JISPENDIORA Jurnal Ilmu Sosial Pendidikan Dan Humaniora, 4(2), 240-250.
Amini, A. &. (2021). Pengembangan media komik digital untuk meningkatkan keterampilan mendongeng siswa kelas II sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar,9(6), 2670-2684.
Aprilya Dewinta Pakaya, A. k. (2024). Analisis penerapan supervisi guru berbasis teknologi digital. Student Journal of Educational Management Volume 4 Nomor 2, 135-148.
Arismunandar, M. D. (2025). Administrasi Pendidikan Berbasis Digital (Teori dan Implementasi). Saba Jaya Publisher.
Azizah, N. (2023). Supervisi Pendidikan pada Era Global (Global Era Education Supervision). Jurnal Islami, 6(02), 91-98.
Fauzan, R. h. (2025). Implementasi Supervisi Akademik melalui Platform pengelolaan kinerja Guru. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan kebudayaan, 15 (3), 251-259.
Fauzan, R. H. (2025). Implementasi Supervisi Akademik Melalui Platform Pengelolaan Kinerja Guru. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaa, 15 (3), 251-259.
Helsa, Y. &. (2021). Seminar Ke SD-an (Dalam Pendidikan Tinggi Untuk penulisan Skripsi dan tesis. . Deepublish.
Ma'ayis, S. &. (2022). Implementasi Model Supervisi Akademik Supervisi Akademik Digital (E-Supervisi) Di Era Pandemi Covid-19. Inspirasi Manajemen Pendidikan, 142-155.
Nisa, K. (2023). Validasi Instrumen supervisi akademik digital dalam peningkatan profesionalisme guru menggunakan teknologi digital. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 11(2), 43-51.
Paseleng, M. &. (2021). Implementasi pembelajaran online di era pandemi COVID-19 : Tantangan dan peluang. Scholaria : Jurnal Pendidikan
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
















