PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEB GOGGLE SITES PADA MATERI SENAM LANTAI UNTUK SISWA KELAS 5 SD
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.36021Keywords:
Media Pembelajaran; Google Sites; Senam Lantai; Motivasi Belajar; PJOKAbstract
Penelitian ini bertujuan merancang dan mengembangkan media pembelajaran berbasis web menggunakan platform Google Sites sebagai sarana pendukung dalam penyampaian materi senam lantai, khususnya teknik dasar gerakan guling depan (rol depan), yang ditujukan untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas V sekolah dasar. Penelitian ini mengadaptasi model pengembangan instruksional ADDIE yang mencakup lima tahap, yaitu Analyze, Design, Develop, Implement, dan Evaluate, serta melibatkan dua tahap uji coba kelompok kecil dan kelompok besar. Proses validasi dilakukan oleh tiga pakar: ahli media, ahli materi, dan ahli pembelajaran, yang memberikan skor validitas masing-masing sebesar 93%, 97%, dan 90%, tergolong dalam kategori sangat valid. Selanjutnya, hasil implementasi pada peserta didik menunjukkan bahwa media ini menujukan presentase yang valid, dengan perolehan skor rata-rata sebesar 86% pada uji coba kelompok kecil dan meningkat menjadi 95% pada uji coba kelompok besar. Media pembelajaran yang dikembangkan terbukti mudah diakses, menarik secara visual, serta menyajikan konten secara interaktif, sehingga mendukung proses pembelajaran yang fleksibel dan mendorong kemandirian belajar siswa. Meskipun demikian, penelitian ini juga menemukan beberapa hambatan seperti keterbatasan akses internet dan kemampuan teknologi digital yang beragam di kalangan siswa. Secara keseluruhan, media ini menunjukkan potensi besar sebagai alternatif inovatif dalam pembelajaran PJOK, khususnya materi senam lantai, serta memiliki peluang untuk diadaptasi lebih lanjut dalam pengembangan media pembelajaran berbasis web di mata pelajaran lainnya.
Downloads
References
Aisyah, S., & Marga Retta, A. (2025). AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS GOOGLE SITES PADA MATERI
BANGUN RUANG. 14(1), 123–137. https://doi.org/10.24127/ajpm.v14i1.10763
Akbar, S. D., & Sriwiyana, H. (2011). Pengembangan kurikulum dan pembelajaran ilmu pengetahuan sosial. Yogyakarta: Cipta Media.
Arikunto, S. (2010). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktek. (No Title).
Buchori, A., Aryani, D. D., & Kusumaningsih, W. (2023). Google sites-based math book development on statistical materials to improve students’ understanding of mathematical concepts. In Jurnal Pendidikan Matematika (Vol. 14, Issue 2). http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/al-jabar/index
Fitriastuti, D., Himawanto, W., & Afandi, Z. (2023). The Effect of Using Learning Methods on Learning Outcomes Front Roll Viewed from the Flexibility Factor in Class X Students of SMK Negeri Kademangan, 2021. International Journal of Research and Review, 10(1), 599–612. https://doi.org/10.52403/ijrr.20230167
Fitriliyanto, D. A., Wahyudi, U., & Kurniawan, R. (2022). Development of front and back rolling mobile learning media for class x students of SMAN 1 Pamekasan. Journal of Science and Education (JSE), 3(2), 184–195. https://doi.org/10.56003/jse.v3i2.171
Ganesan, M., & Muruganantham, G. (2015). Impact Factor: 3.4 IJAR. 1(3), 52–54. www.allresearchjournal.com
Imran Hasanuddin, M., Irfan Hasanuddin, M., Negeri Makassar, U., & Khairun, U. (2024).
STUDENT ANXIETY IN DOING FLOOR GYMNASTICS MOVEMENTS.
https://doi.org/10.31851/hon.v7i1.14655
Khan, M. S. H., Abdou, B. O., Kettunen, J., & Gregory, S. (2019). A phenomenographic research
study of students’ conceptions of mobile learning: An example from higher education.
SAGE Open, 9(3). https://doi.org/10.1177/2158244019861457
Lusiana, & K. N. (2023, A. (2023). Mathematical proving as a way to improve understanding the concepts of integral calculus application in digital era. In AIP Conference Proceedings. AIP Publishing LLC.
Mahmudah, F. N., Setyaningrum, W., & Faisal, M. (2024). TREN PENELITIAN INTEGRASI ICT DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN ABAD
21. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 13(3), 895. https://doi.org/10.24127/ajpm.v13i3.8635
Markkovic, K. Z., & Aleksic, A. (2021). Proceedings Book : 6th International Scientific Conference ˝ Contemporary Kinesiology ˝ : Split ,.
https://www.google.gr/search?q=Δοκιμή+Web+Library&ie=utf-8&oe=utf- 8&client=firefox-b&gfe_rd=cr&ei=5RgHWI- qLcjG8Afzk4bQBA%0Ahttps://books.google.com.sa/books?hl=ar&lr=&id=ZG5uDwAAQB AJ&oi=fnd&pg=PT216&ots=Gq2_8d_a7l&sig=mFJinpGH1LAKvtGi65J6w4yrQCA&redir_es c
Pertiwi, N. P., Saputro, S., Yamtinah, S., & Kamari, A. (2024). ENHANCING CRITICAL THINKING SKILLS THROUGH STEM PROBLEM-BASED CONTEXTUAL LEARNING: AN INTEGRATED E- MODULE EDUCATION WEBSITE WITH VIRTUAL EXPERIMENTS. Journal of Baltic Science
Education, 23(4), 739–766. https://doi.org/10.33225/jbse/24.23.739
Rustam, Bistari, & Novianti, M. (2024). Mathematics Teachers’ Perceptions Towards Geometry Teaching Methods in Relation to Technological Transformations. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 13(2), 349–360. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v13i2.1661
Septiana, R. A., Kurnia, D., Febria Friskawati, G., Kesehatan, P. J., Rekreasi, D., Keguruan, S. T., & Ilmu, D. (2022). Pengembangan Video Assignment Based on Motion Analysis (Vabma) Pada Pembelajaran Senam Lantai Developing Video Assignment Based On Motion Analysis (Vabma) on Gymnastics Learning. Physical Activity Journal (PAJU), 4, 2022. https://doi.org/10.20884/1.paju.2022.4.1.5145
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
















