PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 KABILA
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.36022Keywords:
Problem Based Learning, kemampuan berpikir kritis, IPS Terpadu, konstruktivisme sosialAbstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Terpadu kelas VIII di SMP Negeri 1 Kabila. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain ex post facto. Populasi penelitian berjumlah 99 siswa yang dipilih dengan teknik total sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui angket tertutup, sedangkan analisis data menggunakan regresi linear sederhana dengan bantuan SPSS versi 25.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan PBL berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dengan koefisien regresi sebesar 0.820 dan nilai signifikansi p < 0.001. Koefisien determinasi (R² = 0.612) menunjukkan bahwa 61,2% variasi kemampuan berpikir kritis dijelaskan oleh penerapan PBL. Temuan ini mendukung teori konstruktivisme sosial Vygotsky dan model berpikir kritis Facione yang menekankan pentingnya kegiatan pemecahan masalah dan refleksi dalam pembelajaran. Penelitian ini diharapkan menjadi referensi empiris bagi guru IPS dalam mengoptimalkan pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan Higher Order Thinking Skills (HOTS) siswa.
Kata Kunci: Problem Based Learning, kemampuan berpikir kritis, IPS Terpadu, konstruktivisme sosial*
Downloads
References
Arikunto, S. (2019). Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktik (Revisi ed.). Jakarta: Rineka Cipta.
Barrows, H. S. (2020). Problem-based learning in education for the professions: Past, present, and future. Advances in Health Sciences Education, 25(5), 1023–1039. https://doi.org/10.1007/s10459-020-09957-9
Cohen, J. (1988). Statistical power analysis for the behavioral sciences (2nd ed.). Hillsdale, NJ: Lawrence Erlbaum Associates.
Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2018). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches (5th ed.). Thousand Oaks, CA: SAGE Publications.
Etikan, I., & Bala, K. (2017). Sampling and sampling methods. Biometrics & Biostatistics International Journal, 5(6), 215–217.
Facione, P. A. (2013). Critical thinking: What it is and why it counts. Millbrae, CA: Insight Assessment.
Field, A. (2018). Discovering statistics using IBM SPSS Statistics (5th ed.). Thousand Oaks, CA: SAGE Publications.
Hmelo-Silver, C. E. (2019). The impact of problem-based learning on student learning: A meta-analysis. Educational Research Review, 28, 100–113. https://doi.org/10.1016/j.edurev.2019.10028300283
https://doi.org/10.15406/bbij.2017.05.00149
Husna, M., Widiyanti, W., & Raharjo, S. (2022). The effect of problem-based learning on students’ critical thinking skills in social studies. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 29(3), 243–254.
Kemendikbudristek. (2022). Kurikulum Merdeka: Penguatan kompetensi berpikir tingkat tinggi. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan.
Ningsih, R., & Wahyudi, D. (2021). Implementasi problem based learning terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa SMP. Jurnal Inovasi Pendidikan IPS, 10(2), 87–95.
Nunnally, J. C., & Bernstein, I. H. (1994). Psychometric theory (3rd ed.). New York: McGraw-Hill.
OECD. (2023). PISA 2022 results (Volume I): The state of learning worldwide. Paris: OECD Publishing. https://doi.org/10.1787/85ddee0c-en
Partnership for 21st Century Skills. (2019). Framework for 21st century learning. Washington, DC: P21.
Piaget, J. (1972). The psychology of the child. New York: Basic Books.
Rahmawati, D., & Suryani, N. (2021). Analisis penerapan problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis di sekolah menengah pertama. Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora, 14(1), 45–56.
Sari, P., & Widodo, A. (2020). Analisis keterampilan berpikir kritis siswa pada pembelajaran IPS. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 30(2), 112–121.
Savery, J. R. (2015). Overview of problem-based learning: Definitions and distinctions. Interdisciplinary Journal of Problem-Based Learning, 9(2), 1–15. https://doi.org/10.7771/1541-5015.1559
Savery, J. R. (2015). Overview of problem-based learning: Definitions and distinctions. Interdisciplinary Journal of Problem-Based Learning, 9(2), 1–15. https://doi.org/10.7771/1541-5015.1559
Setiawan, B. (2021). Pengembangan berpikir kritis melalui pembelajaran IPS kontekstual. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 6(1), 14–25.
Sugiyono. (2022). Metode penelitian pendidikan: Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Vygotsky, L. S. (1978). Mind in society: The development of higher psychological processes. Cambridge, MA: Harvard University Press.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
















