ASSESSMENT TECHNIQUES IN EDLI-BASED ONLINE LEARNING TO MEASURE THE LEVEL OF STUDENT MOTIVATION AND LEARNING ENGAGEMENT
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i2.36039Keywords:
Teknik penilaian dalam pembelajaran daring berbasis EDLI, motivasi, dan keterlibatan belajarAbstract
Penilaian dalam proses kegiatan pembelajaran daring mutlak harus dilakukan untuk mengukur keberhasilan sistem pembelajaran yang dijalankan oleh dosen. Hampir semua dosen mengalami kesulitan dalam mengembangkan alat penilaian mandiri dalam pembelajaran daring. Kemampuan dosen dalam mengembangkan alat penilaian merupakan salah satu indikator kualitas pembelajaran di perguruan tinggi. Beberapa dosen tidak memahami alat penilaian yang baik dan benar dalam proses akhir kegiatan pembelajaran online, sehingga dapat dikatakan bahwa pendidikan tinggi belum mampu mengembangkan alat penilaian secara mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan pengaruh teknik penilaian dalam pembelajaran online berbasis EDLI untuk mengukur tingkat motivasi dan keterlibatan belajar mahasiswa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian quasi-eksperimental dengan desain penelitian satu kelompok pra-tes-pasca-tes, melibatkan 15 dosen di perguruan tinggi di Provinsi Maluku Utara yang melaksanakan kuliah daring pada mata kuliah tertentu. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data yang digunakan meliputi: 1) Statistik deskriptif; 2) Uji asumsi; dan 3) Uji hipotesis. Hasil menunjukkan bahwa panduan teknik penilaian proses perkuliahan berbasis EDLI memiliki pengaruh signifikan dalam meningkatkan kemampuan dosen untuk memberikan penilaian akurat terhadap tingkat motivasi dan tingkat keterlibatan belajar mahasiswa dalam perkuliahan daring, sebagaimana dibuktikan oleh 15 dosen yang mengalami peningkatan skor berdasarkan hasil pengisian skala penilaian dalam perkuliahan daring. Penelitian ini memiliki implikasi bagi sektor pendidikan untuk meningkatkan kemampuan dosen dalam melakukan penilaian yang akurat terkait tingkat motivasi dan keterlibatan mahasiswa selama kuliah online yang menggunakan media konferensi video, sehingga penilaian kinerja mahasiswa dalam mengikuti kuliah menjadi lebih efektif.
Downloads
References
Adedoyin, O. B., & Soykan, E. (2023). Covid-19 pandemic and online learning: the challenges and opportunities. Interactive Learning Environments, Vol. 31. https://doi.org/10.1080/10494820.2020.1813180
Agus, A., Juliadharma, M., & Djamaluddin, M. (2023). Application of the CIPP Model in Evaluation of The Inclusive Education Curriculum in Madrasah Aliyah. Nidhomul Haq : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 8(1). https://doi.org/10.31538/ndh.v8i1.2705
Alemayehu, L., & Chen, H. L. (2023). The influence of motivation on learning engagement: the mediating role of learning self-efficacy and self-monitoring in online learning environments. Interactive Learning Environments, 31(7). https://doi.org/10.1080/10494820.2021.1977962
Almahasees, Z., Mohsen, K., & Amin, M. O. (2021). Faculty’s and Students’ Perceptions of Online Learning During COVID-19. Frontiers in Education, 6. https://doi.org/10.3389/feduc.2021.638470
Anderson, C. M., Rodriguez, B. J., & Campbell, A. (2015). Functional Behavior Assessment in Schools: Current Status and Future Directions. Journal of Behavioral Education, 24(3). https://doi.org/10.1007/s10864-015-9226-z
Baharuddin, M. F., Masrek, M. N., & Shuhidan, S. M. (2020). Content validity of assessment instrument for innovative work behaviour of Malaysian school teachers. International Journal of Scientific and Technology Research, 9(4).
Barthakur, A., Joksimovic, S., Kovanovic, V., Richey, M., & Pardo, A. (2022). Aligning objectives with assessment in online courses: Integrating learning analytics and measurement theory. Computers and Education, 190. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2022.104603
Cresswell, J. W., Plano-Clark, V. L., Gutmann, M. L., & Hanson, W. E. (2003). Advanced mixed methods research designs. Handbook of Mixed Methods in Social and Behavioral Research.
Guevara, A. Y. C., Verdesoto, A. A. E., & Castro, M. N. E. (2022). Educational research methodologies (descriptive, experimental, participatory, and action research). Enfermería Global, 21(1).
Hunter, B., Thomas, G., Wilhelmová, R., Trendafilova, P., Blaževičienė, A., Lynch, L., & Jokinen, M. (2022). Strengthening global midwifery education to improve quality maternity care: Co-designing the World Health Organization Midwifery Assessment Tool for Education (MATE). Nurse Education in Practice, 63. https://doi.org/10.1016/j.nepr.2022.103376
Lavay, B., Henderson, H., French, R., & Guthrie, S. (2012). Behavior management instructional practices and content of college/university physical education teacher education (PETE) programs. Physical Education and Sport Pedagogy, Vol. 17. https://doi.org/10.1080/17408989.2010.548063
Peimani, N., & Kamalipour, H. (2021). Online education in the post covid-19 era: Students’ perception and learning experience. Education Sciences, 11(10). https://doi.org/10.3390/educsci11100633
Phuong, Y. H., & Vo, P. Q. (2019). Students learning autonomy, involvement and motivation towards their English proficiency. EduLite: Journal of English Education, Literature and Culture, 4(1). https://doi.org/10.30659/e.4.1.1-12
Susanto, R., Rachmadtullah, R., & Rachbini, W. (2020). Technological and pedagogical models: Analysis of factors and measurement of learning outcomes in education. Journal of Ethnic and Cultural Studies, 7(2). https://doi.org/10.29333/ejecs/311
Tang, C. W., Jun Shi, M., & de Guzman, A. B. (2022). Lecturer teaching styles and student learning involvement in large classes: a Taiwan case study. Asia Pacific Journal of Education, 42(3). https://doi.org/10.1080/02188791.2020.1852913
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
















