IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN MEDIA QUIZIZZ DAN CANVA DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI PERIUK 3 KOTA TANGERANG

PROBLEM BASED LEARNING(PBL)

Authors

  • Erna Puspita Raya Universitas Terbuka

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.36064

Keywords:

Problem Based Learning (PBL), Critical Thinking, Students’ interest, Quizizz, Media, Interactive learning, Canva, learning media

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mendesain dan mengimplemetasikan Pembelajaran berbasis masalah (PBL) menggunakan Quizizz dan Canva untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas 5 SD Negeri Periuk 3, Kota Tangerang. Model ini disusun untuk mendorong terciptanya ekosistem pembelajaran yang dinamis, kreatif, dan interaktif. Hal ini dilakukan melalui penerapan penyelesaian masalah yang terkait dengan kehidupan sehari-hari serta mengaplikasikan aset digital yang menarik. Tahap penelitian ini diselenggarakan melalui pendekatan deskriptif kualitatif yang terdiri dari lima tahap Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL), yaitu: pemahaman terhadap masalah, pembentukan kelompok, penyelidikan, pengembangan produk digital, serta refleksi. Metode pengumpulan data mencakup observasi, wawancara, dan dokumentasi mengenai kegiatan siswa saat belajar IPAS. Hasil penelitian mengindikasikan bahwa penerapan PBL yang dikombinasikan dengan Quizizz dan Canva mampu meningkatkan motivasi, kreativitas, serta keterlibatan aktif siswa. Siswa memperlihatkan antusiasme dalam menyampaikan pendapat dan mengalami peningkatan hasil yang signifikan. Kendala yang sangat umum dihadapi adalah perbedaan tingkat akses terhadap internet dan ketidakmerataan kemampuan digital siswa.

 

Kata Kunci: Problem Based Learning (PBL), Quizizz, Canva

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afrom, I., Dilla, W. P., Rahmawati, L., Diplan, D., & Sapriline, S. (2023). Media pembelajaran di sekolah dasar: Konsep dan aplikasi pengembangan media pembelajaran bagi pendidik di sekolah dasar. Yogyakarta: Penerbit Eureka.

Asmara, A., & Septiana, A. (2023). Model pembelajaran berkonteks masalah. Bengkulu: CV Azka Pustaka.

Mallu, S., Effendi, E., Jahring, J., Yulianti, R., Salam, S., Soraya, S., & Jaya, I. (2024). Problem-Based Learning dalam Kurikulum Merdeka. Penerbit Mifandi Mandiri Digital, 1(01).

Prasetyo, E. (2025). PROBLEM BASED LEARNING DAN PROBLEMATIKA KEAKTIFAN

SISWA DALAM PEMBELAJARAN BOLA VOLI. Penerbit P4I.

Salamun, Widyastuti, A., Syawaluddin, Astuti, R. N., Iwan, Simarmata, J., Simarmata, E. J., Yurfiah, Suleman, N., Lotulung, C., & Arief, M. H. (2023). Model-model pembelajaran inovatif. Lampung: Yayasan Kita Menulis.

Setyo, A. A., Fathurahman, M., Anwar, Z., & PdI, S. (2020). Strategi pembelajaran problem based learning (Vol. 1). Yayasan Barcode.

Upu, H., Djam’an, N., Patimbangi, A., Ardillah, A., Mytra, P., & Adillah, Y. (2022). Problem Based Learning dalam pembelajaran matematika. Makassar: Global RCI.

Jurnal:

Aisah, S., Panglipur, I. R., & Sujiwo, D. A. C. (2023). Analisis Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Dengan Pemecahan Masalah Berbantuan Komik Literasi Numerasi Dan Etnomatematika. Prismatika: Jurnal Pendidikan dan Riset Matematika, 6(1), 211-220.

Alwanda, M. A. (2025). Penerapan Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar Pada Pembelajaran IPAS: Systematic Review. Advances In Education Journal, 2(2), 738-751.

Indriani, L., Haryanto, H., & Gularso, D. (2022). Dampak model pembelajaran problem based learning berbantuan media Quizizz terhadap kemampuan berpiir kritis mahasiswa. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 6(2), 214-222.

Kadir, A. (2025). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN APLIKASI CANVA TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS IV SD INPRES 5/81 LEMOAPE KABUPATEN BONE. MACCA: Science-Edu Journal, 2(1), 215-225.

Meyvita, I., Lestari, P. G., Ahmad, S. F., Fatin, N. F., & Rahmadhar, Y. (2024). Efektivitas penggunaan aplikasi Canva sebagai media pembelajaran interaktif pada materi harmoni dalam ekosistem di kelas 5 sekolah dasar. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 10(04), 244-254

Munir, N. S., Deviv, S., Nurhasana, N., & Sarianti, F. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Inovatif Project Based Learning Berbantuan Media Interaktif Dalam Meningkatkan Motivasi Siswa. Jurnal Riset dan Inovasi Pembelajaran, 4(3), 2167-2177.

Nasution, L., & Asriati, N. (2024). Pembelajaran Berdiferensiasi Menggunakan Model Problem Based Learning Serta Pemanfaatan Platform Quizizz Sebagai Asesmen. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 1(01), 572-581.

Nasution, W. N. A., Mizkat, E., Husna, A., & Saragih, E. M. (2025). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS DIGITAL MENGGUNAKAN MODEL PROJECT BASED LEARNING. JOURNAL OF SCIENCE AND SOCIAL RESEARCH, 8(3), 4053-4057.

Nirwana, S., Azizah, M., & Hartati, H. (2024). Analisis Penerapan Problem Based Learning berbantu Quizizz pada Pembelajaran IPAS Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi, Evaluasi dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 4(1), 155-164.

Nisa, M. K., Permana, J., & Hendrayana, S. (2025). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA APLIKASI QUIZIZZ TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS PADA PESERTA DIDIK KELAS III SEKOLAH DASAR. Jurnal Riset Multidisiplin Edukasi, 2(6), 592-603.

Prastowo, B. F., Basori, M., & Kurnia, I. (2025, July). Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Berbasis Canva untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi pada Materi Harmoni Dalam Ekosistem Kelas 5 SDN Ngronggot 1. In Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran) (Vol. 8, pp. 2248-2259).

Downloads

Published

2025-12-12