Pengembangan Modul Ajar Berdiferensiasi di Sekolah Dasar

Authors

  • M. Francine Avanti Samino Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
  • Magdalena Chori Rahmawati Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
  • Vanessa Darmawan Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
  • Merry Christin Natalia Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.36112

Keywords:

modul ajar, berdiferensiasi, Bahasa Indonesia.

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan modul ajar berdiferensiasi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia untuk siswa kelas IV sekolah dasar. Modul tersebut disusun untuk membantu guru dan siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia, khususnya pada materi teks narasi. Jenis penelitian yang digunakan adalah research and development (R&D) dengan model ADDIE yang meliputi lima tahap, yaitu (1) analisis kebutuhan (analysis), (2) perancangan produk awal atau rancangan modul ajar (design), (3) pengembangan modul ajar (development), (4) penerapan atau uji coba media (implementation), serta (5) evaluasi produk (evaluation). Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, angket, dan dokumentasi. Hasil validasi memperlihatkan rata-rata persentase sebesar 85,67% dengan kategori “sangat layak”. Dengan demikian, modul ajar berdiferensiasi yang dikembangkan dinyatakan memenuhi kriteria kelayakan untuk digunakan dalam pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggraena, Y. dkk. (2025). Panduan Pembelajaran dan Asesmen Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah. Badan Standar Kurikulum dan Asesmen Pendidikan (BSKAP) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

Anggraena, Y. ;dkk. (2022). Panduan Pembelajaran dan Asesmen Pendidikan Anak Usia Dini. BSKAP Kemendikbudristek Republik Indonesia.

Branch, R. M. (2009). Instrictional Design-The ADDIE Approach. Springer.

Febrianningsih, R. , & R. Z. H. (2023). Kesiapan Guru dalam Pelaksanaan Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Pendidikan Anak Usia Dini , 7, 3335–3344.

Gani, R. H. A. (2024). Pengaruh Model Project Based Learning terhadap Kemampuan Menulis Teks Narasi pada Siswa Kelas VII. Bahasan Sastra Dan Pengajaran, 13, 44–53.

Herwina, W. (2021). Optimalisasi Kebutuhan Murid dan Hasil Belajar dengan Pembelajaran Berdiferensiasi. Perspektif Ilmu Pendidikan, 35, 175–182.

Kementerian Pendidikan, K. R. dan T. (2022). Panduan Penyusunan Modul Ajar. Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan (BSKAP), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Nurhayati, N. (2017). Pengembangan Perangkat Bahan Ajar pada Pembelajaran Matematika Realistik Indonesia untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Mahasiswa. Pendidikan Matematika Dan Matematika, 3, 121–136.

Purba, dkk. (2021). Teks Akademik Tentang Prinsip Pengembangan Pembelajaran Diferensiasi. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Pusat Kurikulum dan Perbukuan. (2022). Panduan Penyusunan Modul Ajar. Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Rindayati, E. ; P. C. A. D. & D. R. (2022). Kesulitan Calon Pendidik dalam Mengembangkan Perangkat Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka. Tindakan Kelas, 3, 18–27.

Downloads

Published

2025-12-12