INTEGRASI KOOPERATIF, ROLE PLAY, DAN PROJECT BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

Authors

  • Lenny Kosasih Universitas Terbuka

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.36134

Keywords:

Pendidikan Pancasila, norma, model pembelajaran inovatif, kooperatif, role play, project based learning

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menerapkan model pembelajaran inovatif dan interaktif berbasis interaksi social melalui pendekatan Kooperatif, Role Play, dan Project Based Learning (PjBL) pada mata Pelajaran Pendidikan Pancasila materi Norma dalam Kehidupan Sehari-hari di kelas V SDN Batujajar 1. Tujuan utama dari pengembangan model ini Adalah untuk meningkatkan pemahaman konseptual dan penerapan sikap siswa terhadap norma social yang berlaku dalam lingkungan sekolah maupun kehidupan sehari-hari. Prosedur pelaksanaan pembelajaran dilakukan melalui tiga tahapan utama, yaitu: (1) perencanaan, meliputi penyusunan perangkat pembelajaran (RPP, LKPD, dan instrument penilaian); (2) pelaksanaan, yang mengintegrasikan model kooperatif dalam kerja kelompok untuk memahami pengertian norma serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari, Role Play untuk memahami jenis-jenis norma melalui bermain peran, serta PjBL untuk menghasilkan proyek kampanye mini bertema “Manfaat Menaati Norma dan Akibat melanggar Norma”; dan (3) evaluasi, yang dilakukan melalui observasi aktivitas siswa, penilaian hasil belajar, serta refleksi Bersama guru dan peserta didik. Hasil pelaksanaan menunjukan bahwa model pembelajaran inovatif dan interaktif ini mampu meningkatkan keaktifan, kerja sama, serta pemahaman siswa terhadap konsep dan penerapan norma. Siswa lebih antusias dalam berdiskusi, mampu mengaitkan materi dengan kehidupan nyata, serta menunjukan peningkatan hasil belajar rata-rata sebesar 20-25% dibandingkan pebelajaran konvensional. Selain itu, sikap social seperti tanggung jawab, kedisplinan, dan saling menghargai juga mengalami peningkatan yang terllihat dari hasil observasi dan refleksi guru. Simpulan dari penelitian ini Adalah bahwa penerapan model Kooperatif, Role Play, dan Project Based Learning secara terpadu efektif meningkatkan pemahaman dan pengamalan norma dalam kehidupan sehari-hari siswa kelas V di SDN Batujajar 1. Tindak lanjut yang disarankan adalah pengembangan model ini secara berkelanjutan dengan melibatkan kolaborasi antar guru untuk berbagai mata Pelajaran karakter, serta memperluas implementasi pada tema lain yang berkaitan dengan nilai-nilai moral dan sosial dalam kurikulum sekolah dasar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arends, R. I. (2012). Learning to teach (9th ed.). New York, NY: McGraw-Hill.

Arum, D., & Nugroho, A. (2023). Implementasi model pembelajaran kooperatif untuk meningkatkan keaktifan siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 9(1), 45–56. https://doi.org/10.33603/jpdsn.v9i1.4521

Astuti, P., & Hidayah, R. (2021). Pengaruh pembelajaran berbasis proyek terhadap hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 40(3), 681–695. https://doi.org/10.21831/cp.v40i3.41025

Ayu, D. S., & Sudibyo, W. (2022). Role play sebagai strategi pembelajaran nilai sosial dan karakter di sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(2), 112–121. https://doi.org/10.17509/jipgsd.v7i2.48720

Budiningsih, C. A. (2020). Belajar dan pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Fathurrohman, M. (2022). Model-model pembelajaran inovatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Hamalik, O. (2020). Proses belajar mengajar. Bandung: Bumi Aksara.

Hapsari, D. R., & Nugraheni, W. (2023). Implementasi pembelajaran interaktif berbasis sosial pada pembelajaran tematik di sekolah dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 8(1), 56–68. https://doi.org/10.24036/jipd.v8i1.4532

Joyce, B., Weil, M., & Calhoun, E. (2010). Models of teaching (8th ed.). Boston: Pearson Education.

Kurniasih, I., & Sani, B. (2020). Ragam model pembelajaran inovatif. Bandung: Kata Pena.

Pratiwi, Y., & Susilo, S. (2022). Pengembangan model pembelajaran berbasis interaksi sosial untuk membangun nilai karakter siswa SD. Jurnal Pendidikan Karakter, 12(1), 1–15. https://doi.org/10.21831/jpk.v12i1.48952

Putra, R. D., & Widodo, A. (2021). Pembelajaran berbasis proyek dalam meningkatkan keterampilan abad 21 di sekolah dasar. Jurnal Sekolah Dasar dan Pembelajaran Inovatif, 6(2), 77–90. https://doi.org/10.36706/jsdpi.v6i2.3670

Rusman. (2021). Model-model pembelajaran: Mengembangkan profesionalisme guru. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Sani, R. A. (2020). Inovasi pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Sari, M., & Wibowo, R. (2024). Kolaborasi model kooperatif dan PjBL untuk meningkatkan karakter sosial siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 9(2), 134–147. https://doi.org/10.17509/jpdi.v9i2.51211

Slavin, R. E. (2015). Cooperative learning: Theory, research, and practice (2nd ed.). Boston: Allyn & Bacon.

Sugiyono. (2021). Metode penelitian pendidikan: Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Thomas, J. W. (2000). A review of research on project-based learning. San Rafael, CA: Autodesk Foundation.

Utami, D., & Kurniadi, F. (2025). Efektivitas pembelajaran berbasis proyek dan bermain peran dalam pembentukan karakter sosial siswa SD. Jurnal Inovasi Pembelajaran Dasar Indonesia, 10(1), 21–34. https://doi.org/10.31102/jipdi.v10i1.5934

Vygotsky, L. S. (1978). Mind in society: The development of higher psychological processes. Cambridge, MA: Harvard University Press.

Yuliana, R., & Prasetyo, A. (2023). Strategi pembelajaran berbasis interaksi sosial dalam menumbuhkan sikap gotong royong dan toleransi siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar dan Humaniora, 11(2), 98–110. https://doi.org/10.36840/jpdh.v11i2.6012

Downloads

Published

2025-12-12