Strategi guru pendidikan agama islam dalam menanamkan akhlak terhadap diri sendiri pada peserta didik tunagrahita di SLB Negeri 2 lombok timur
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.36148Keywords:
strategi guru PAI, akhlak terhadap diri sendiri, tunagrahitaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam menanamkan akhlak terhadap diri sendiri pada peserta didik tunagrahita di SLB Negeri 2 Lombok Timur, serta mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambatnya, dan menganalisis dampaknya terhadap kemandirian peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, melalui teknik pengumpulan data berupa wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Informan penelitian meliputi guru Pendidikan Agama Islam, kepala sekolah, waka kesiswaan, serta wali murid. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru menerapkan tiga strategi utama, yaitu keteladanan, pembiasaan, dan penguatan positif. Ketiga strategi tersebut disesuaikan dengan karakteristik individual peserta didik tunagrahita dan diterapkan secara konsisten dalam kegiatan sehari-hari. Faktor pendukung meliputi komitmen guru, budaya sekolah religius, dan keterlibatan sebagian orang tua, sedangkan hambatan mencakup keterbatasan kognitif siswa, rendahnya konsentrasi dan motivasi, kurangnya sarana prasarana, serta ketidakkonsistenan lingkungan keluarga. Strategi yang diterapkan guru memberikan dampak positif terhadap kemandirian peserta didik pada aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Secara keseluruhan, penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi yang konkret, terstruktur, dan integratif sangat efektif dalam menanamkan akhlak diri sendiri pada peserta didik tunagrahita, sehingga mereka mampu berkembang menjadi individu yang lebih mandiri dan berkarakter.
Kata Kunci: strategi guru PAI, akhlak terhadap diri sendiri, tunagrahita
Downloads
References
UU RI No. 20 Thn 2003. “Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.” Sekretaris Negara Ri, 2003.
Umarta, Syifa Asha, And Wustari L Mangundjaya. “Pengaruh Konsep Diri Terhadap Tingkat Kepercayaan Diri Pada Mahasiswa.” Madani: Jurnal Ilmiah Multidisiplin 1, No. 8 (2023): 269–78. Https://Doi.Org/10.5281/Zenodo.8377018.
Umam, Khairul. “Strategi Pembinaan Aqidah Dan Akhlak Pada Anak Disabilitas (Tunagrahita) Di Slb Kota Banda Aceh.” Tadabbur: Jurnal Peradaban Islam, 2023. Https://Doi.Org/10.22373/Tadabbur.V5i2.424.
Zukin, Ach. “Stategi Guru Pai Dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa.” Edukais : Jurnal Pemikiran Keislaman, 2022. Https://Doi.Org/10.36835/Edukais.2022.6.1.15-29.
Tazkirah Khaira. “Strategi Guru Pai Dalam Mengembangkan Karakter Mandiri Siswa Tunagrahita Di Slb Yppc Banda Aceh,” 2023, 310–19.
Taabudillah, Moch. Hilman. “Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Akhlak Mulia Siswa.” Wistara: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 2023. Https://Doi.Org/10.23969/Wistara.V4i2.10491.
Syahrizal, Hasan, And M. Syahran Jailani. “Jenis-Jenis Penelitian Dalam Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif.” Jurnal Qosim Jurnal Pendidikan Sosial & Humaniora, 2023. Https://Doi.Org/10.61104/Jq.V1i1.49.
Sipahelut, Junita. “Tunagrahita.” Tangkoleh Putai, 2022. Https://Doi.Org/10.37196/Tp.V18i2.79.
Saragih, Alkausar, And Marija Dalimunthe. “Strategi Gaya Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.” Amaliah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2017. Https://Doi.Org/10.32696/Ajpkm.V1i1.11.
Salam, Rosidin Mochamad Fadlani, Wiwi Dwi Daniyarti | Lailatul Fitriyah, Trimansyah | Saepudin Mashuri, Junaidin | Taufikur Rohman, And Septiana Purwaningrum | Hermansyah. Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, N.D.
Rusandi, And Muhammad Rusli. “Merancang Penelitian Kualitatif Dasar/Deskriptif Dan Studi Kasus.” Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 2021. Https://Doi.Org/10.55623/Au.V2i1.18.
Rohmatul Ummah, Iva Inayatul Ilahiyah. “Peran Guru Pai Dalam Pembentukan Karakter Kemandirian Anak Berkebutuhan Khusus Di Slb Darul Ulum Jogoroto Jombang” 2, No. 4 (2024): 682–91.
Ramli, Mohammad, And Della Noer Zamzami. “Konsep Pendidikan Akhlak Ibnu Miskawaih.” Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan 5, No. 2 (2022): 208–20. Https://Doi.Org/10.32923/Kjmp.V5i2.2669.
Putrawangsa, Susilahudin, And Siti Nurhasanah Dkk. “Strategi Pembelajaran.” Cv. Reka Karya Amerta, 2019.
Neli, Melda, Junaidi Indrawadi, And Isnarmi Isnarmi. “Penguatan Pendidikan Karakter Mandiri Anak Berkebutuhan Khusus Tunagrahita Di Panti Sosial Bina Grahita ‘Harapan Ibu’ Padang.” Journal Of Civic Education, 2020. Https://Doi.Org/10.24036/Jce.V3i2.138.
Nadilah, Sofia, And Gusmaneli. “Konsep Dasar Dan Komponen Strategi Pembelajaran.” Akhlak: Jurnal Agama Islam Dan Filsafat 2, No. No.3 (2025): 256–65.
Mustofa, Hadi, Mohamad Jazeri, Elfi Mu’awanah, Eni Setyowati, And Adi Wijayanto. “Stratergi Pembelajaran Scaffolding Dalam Membentuk Kemandirian Belajar Siswa.” Al Fatih 1, No. 1 (2023): 42–52. Https://Journal.An-Nur.Ac.Id/Index.Php/Alf.
Muhrin. “Akhlak Kepada Diri Sendiri.” Tarbiyah Islamiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam 10 (2020): 1–7. Https://Jurnal.Uin-Antasari.Ac.Id/Index.Php/Tiftk/Article/View/3768.
Mansur, Mansur, Asnidar Asnidar, And Afdal Afdal. “Peran Guru Agama Dalam Menumbuhkan Akhlak Siswa Madrasah Aliyah Muhammadiyah Palu.” Jurnal Kolaboratif Sains, 2021. Https://Doi.Org/10.56338/Jks.V4i12.2340.
Latifah, Eli. “Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pembinaan Karakter Siswa.” Jurnal Tahsinia, 2023. Https://Doi.Org/10.57171/Jt.V4i1.357.
Khoiriah, Beta Hana, Sutarto Sutarto, And Deriwanto Deriwanto. “Strategi Guru Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Religius Bagi Peserta Didik Di Ra Tunas Literasi Qur’ani.” Jurnal Literasiologi, 2023. Https://Doi.Org/10.47783/Literasiologi.V9i4.540.
Khairunnisa, Puja. “Pembinaan Sikap Spiritual Pada Siswa Tunagrahita Melalui Pembelajaran Fikih Di Slb Jantho,” No. Table 10 (2024): 4–6.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
















