Sekolah Desa: Strategi Guru Dalam Merespon Keterlibatan Orang Tua Perantau Dalam Proses Pembelajaran Di SDN 1 Gapura Tengah
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.36237Keywords:
Kata Kunci: Strategi guru, Orang Tua Perantau, Proses PembelajaranAbstract
Abstrak
Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya orang tua merantau untuk kerja keluar kota di SDN 1 Gapura Tengah yang mengakibatkan adanya pendampingan yang berbeda pada setiap peserta didik. Perlu adanya strategi untuk tatap mewadahi peran orang tua yang merantau. Penelitian ini menggunakan Metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. karena peneletian ini bertujuan untuk memahami strategi, pandangan, dan makna dibalik tindakan guru, bukan hanya sekedar mengukur angka. Dalam teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam yang dilakukan kepada guru kelas I, III, dan VI dan kepala sekolah untuk menggali strategi spesifik yang mereka terapkan, tantangan yang dihadapi, serta pandangan mereka tentang dampak adanya “Orang Tua Perantau” terhadap anak, kedua menggunakan Observasi, dan analisis dokumen. Penelitian di SDN 1 Gapura Tengah menunjukkan bahwa meskipun sebagian orang tua di luar daerah, keterlibatan mereka dalam pendidikan anak tetap terjaga melalui strategi yang diambil sekolah seperti program khusus (kelas parenting) yang membekali pengetahuan bagi orang tua untuk mendukung pengasuhan anak dari jarak jauh. Strategi komunikasi sekolah, termasuk grup WhatsApp dan pertemuan berkala, secara efektif diterapkan untuk memungkinkan orang tua memadukan perkembangan anak tanpa hambatan proses belajar mengajar. Selain itu, peran guru dalam memberikan bimbingan dan dukungan, dikombinasikan dengan pemantauan orang tua melalui media komunikasi serta bantuan anggota keluarga lainnya, mewujudkan implementasi pembelajaran di rumah yang optimal, sehingga motivasi siswa tetap terjaga meskipun orang tua tidak hadir secara fisik, yang pada akhirnya mendukung keberhasilan pendidikan jarak jauh di tengah tantangan perantauan. Serta kolaborasi dengan keluarga yang ada dirumah sebagai pendamping dan juga penghubung antara orang tua dan guru
Kata Kunci: Strategi guru, Orang Tua Perantau, Proses Pembelajaran
Downloads
References
Aflah, F. R., & Murhayati, S. (2025). Penelitian Fenomenologis. Jurnal Pendidikan Tambusai, 9(2 SE-Articles of Research), 13099–13109. https://doi.org/10.31004/jptam.v9i2.27068
Ana, A. O., & Eva, G. B. G. (2025). Family Involvement in Early Childhood Education : A Systematic Review of its Measurement actions between members of the educational community.
AR, M. M., & Asmoni, A. (2023). Identifikasi Pola Asuh Orang Tua Perantau Ke-Jakarta Dan Implikasinya Terhadap Pendidikan Anak Sekolah Dasar (Studi Sdn Kalianget Barat V Sumenep Madura). PROSIDING SNAPMA (Seminar Nasional Hasil Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat LPPM UNIPMA), 1, 111–119.
Ardiawan, I. K. N., & Heriawan, I. G. T. (2020). Pentingnya Komunikasi Guru Dan Orang Tua Serta Strategi PMP Dalam Mendukung Pembelajaran Daring. Danapati: Jurnal Ilmu Komunikasi, 1(1), 95–105.
Armaini, M. C., & Nurma, N. (2025). Analisis Peranan Orang Tua Terhadap Anak Dalam Bidang Akademik Selain di Sekolah. Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara, 2(2), 828–833.
Divo Lagustha, Lailatul Fadiyah, & Zakia Wardah. (2025). Integrasi Peran Guru dan Orang Tua dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Anak Sekolah Dasar. Jurnal Arjuna : Publikasi Ilmu Pendidikan, Bahasa Dan Matematika, 3(3 SE-Articles), 268–276. https://doi.org/10.61132/arjuna.v3i3.1943
Fachriansyah, K., Casmana, A. R., Siron, Y., Harti, L. M. S., Mubarok, F. U., Utimadini, N. J., Fitri, S., Hartanti, B., & Wibowo, R. A. (2025). Teori & Konsep Penelitian Phd : Lingkungan Pendukung, Inovasi Pembelajaran, Dan Manajemen Pendidikan. Nas Media Pustaka. https://books.google.co.id/books?id=ZtdeEQAAQBAJ
Fadhilah, M. N., Suwantoro, Rasidi, Wahyuni, N. S., Paramita, R., Siswanto, Fawaid, A., Maghfiro, M., & Usman, J. (2025). Strategi Pendidikan dan Pengajaran Bagi Anak Pekerja Migran: Potret Realitas dan Upaya Transformasi. Penerbit Cipta Cahaya Ghani Recovery.
Hidjanah, M. P., Pd, D. S. P. M., Irna, S. T. P. M. P., & Hafidhoh, H. (2025). Kesiapan sosial emosional anak teori sistem ekologi transisi PAUD ke SD. Greenbook Publisher. https://books.google.co.id/books?id=iaRMEQAAQBAJ
Merentek, R. M. (2022). Pengaruh Keterlibatan Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(21), 716–722.
Milta, D., & Abidin, S. (2023). Analisis Komunikasi Keluarga Antara Perantau dengan Orang Tua (Studi pada Perantau Sumatera Selatan di Kota Batam). SCIENTIA JOURNAL: Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 5(3).
Nurdan, N., Iskandar, I., & Herlina, H. (2024). Pengaruh Motivasi Belajar dan Perhatian Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 7(1), 369–379.
Nurhayati, H., & , Langlang Handayani, N. W. (2020). Pentingnya Peran Orang Tua dalam Membentuk Karakter Anak. Jurnal Basicedu, 5(5), 3(2), 524–532.
Nurlaili, L., & Masriah, I. (2024). Networking Pendidikan Berbasis Manajemen Sekolah. MEGA PRESS NUSANTARA. https://books.google.co.id/books?id=G3c2EQAAQBAJ
Pratama, K. W., Sasmita, G. G., & Sasmita, W. (2025). Peran Guru Kelas Dalam Memotivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar di Era Generasi Alpha. 2132–2143.
Putra, R. (2023). Pola Pengasuhan Orang Tua dan Peran Guru dalam Pendidikan Awal Anak. Al-Marsus : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 1. https://doi.org/10.30983/al-marsus.v1i1.6414
Rini, I. S., Dewi, S. E. K., & Supangat, S. (2020). Pengaruh Perhatian Orang Tua dalam Kegiatan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa di SD Negeri Nusa Tunggal Kecamatan Belitang III. JEMARI (Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah), 2(2 SE-Articles), 96–107. https://doi.org/10.30599/jemari.v2i2.582
Salim, R., Syah, M., & Arifin, B. S. (2024). Analisis Keragaman Latar Belakang Siswa Dalam Pembelajaran dan Urgensi Pendidikan Multikultural. AL-AFKAR: Journal for Islamic Studies, 7(3).
Suardika, I. K., & Utomo, A. (2022). Universitas Abulyatama Jurnal Dedikasi Pendidikan PENGARUH PEMBERIAN TUGAS TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA PADA MASA PANDEMI COVID-19 : 8848(1), 107–116.
Tahirah, I. (2024). Pentingnya Peran Orangtua Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini. Jurnal Usia Dini, 10(1), 19–27.
Triwardhani, I. J., Trigartanti, W., Rachmawati, I., & Putra, R. P. (2020). Strategi guru dalam membangun komunikasi dengan orang tua siswa di sekolah. Jurnal Kajian Komunikasi, 8(1), 99–113.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
















