IMPLEMENTASI KEGIATAN LITERASI SEKOLAH MELALUI PEMBIASAAN MEMBACA BUKU NON PELAJARAN DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN DAN DAYA BACA DI SD NEGERI 2 PENEDAGANDOR
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.36275Keywords:
Pembiasaan Membaca, Buku Non Pelajaran, Kedisiplinan Peserta Didik,Daya BacaAbstract
Hasil observasi masih banyak peserta didik Sd Negeri 2 Penedagandor yang menunjukkan minat baca rendah serta kedisiplinan belajar yang belum optimal, di mana sebagian peserta didik belum bisa menceritakan Kembali apa yang dibaca, kurang memahami makna yang dibaca, cepat merasa bosan dalam membaca dan masih kurang disiplin dalam mengikuti kegiatan literasi yang telah dijadwalkan. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan dalam implementasi kegiatan literasi sekolah melalui pembiasaan membaca buku non pelajaran dalam meningkatkan dua aspek sekaligus, yaitu daya baca dan kedisiplinan peserta didik. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang dipakai ialah thematic analysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi kegiatan literasi sekolah melalui pembiasaan membaca buku nonpelajaran dapat meningkatkan kedisiplinan dan daya baca peserta didik di SDN 2 Peneda Gandor, Adapun peningkatanya ialah sebesar 70 persen.
Downloads
References
Ananda, R., Syafputri, Aprilia, P. R., Maiyolanda, A., & Rahmadani, S. (2025). LITERASI PENDIDIKAN DASAR (SEKOLAH DASAR) DAN PERMASALAHANNYA. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 565-577.
Handayani, N. A., & Maknun, L. (2022). Optimalisasi Gerakan Literasi Terhadap Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 47-63.
Prasrihamn, M., Zulela, & Edwita. (2022). OPTIMALISASI PENERAPAN KEGIATAN LITERASI DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA SISWA SEKOLAH DASAR. Jurnal Cakrawala Pendas, 128-133.
Rohim, D. C., & Rahmawati, S. (2020). PERAN LITERASI DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA SISWA DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian .
Salma & Mudzanatun dalam Hendrayani, A. (2017). PENINGKATAAN MINAT BACA DAN KEMAMPUAN MEMBACA PESERTA DIDIK KELAS RENDAH MELALUI PENGGUNAAN READING CORENER. Jurnal Penelitian Pendidikan, 236-248.
Saputri, D. J., Saputra, M. J., Safitri, N., & Edriyani, N. (2025). IMPLEMENTASI PROGRAM GERAKAN LITERASI SEKOLAH (GLS) DALAM UPAYA MENUMBUHKAN MINAT BACA SISWA KELAS III DI SDN BONDONGAN, KOTA BOGOR. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 297-311.
Sitoresmi, N. L., & Azizah, M. (2024). Implementasi Pembiasaan Literasi Sebagai Strategi Membangun Karakter Gemar Membaca di SD Negeri Gajahmungku 04. Jurnal Pendidikan Tambusai , 11866-11873.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
















