HUBUNGAN LITERASI DIGITAL DENGAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA SISWA KELAS V SD KOTA PONTIANAK
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.36286Keywords:
Digital Literacy, Learning Outcomes, Indonesian Language, Elementary SchoolAbstract
Penelitian ini menyelidiki hubungan antara literasi digital dan hasil belajar bahasa Indonesia di antara siswa kelas lima di Kota Pontianak. Penelitian ini menggunakan desain korelasional kuantitatif (ex post facto) yang dilakukan di SDN 34 Pontianak dengan sampel 86 siswa yang dipilih secara acak sederhana. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner literasi digital skala Likert (enam dimensi yang diadaptasi dari kerangka kerja Kementerian Pendidikan) dan tes prestasi bahasa yang mencakup mendengarkan, membaca, menulis, dan berbicara. Analisis meliputi statistik deskriptif, normalitas (Kolmogorov–Smirnov), uji linearitas, korelasi Pearson, dan regresi linear sederhana. Hasil menunjukkan skor rata-rata 75,5 untuk literasi digital dan 78,2 untuk prestasi bahasa; kedua distribusi normal dan hubungannya linear. Pearson r = 0,654 (p < 0,001) menunjukkan korelasi yang kuat, positif, dan signifikan secara statistik. Analisis regresi menghasilkan R² = 0,427 dan persamaan Y = 32,45 + 0,605X, yang menunjukkan bahwa literasi digital menyumbang 42,7% varians dalam hasil belajar bahasa Indonesia. Temuan ini menunjukkan bahwa literasi digital yang lebih tinggi berkaitan dengan pencapaian bahasa yang lebih baik, meskipun faktor-faktor lain (≈57,3%) juga memengaruhi kinerja siswa.
Downloads
References
Dewi, S. M., Sanjaya, P. S., & Ardiawan, K. N. (2022). Pengaruh model pembelajaran Complete Sentence berbantuan media literasi digital terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas V Gugus V Kecamatan Busungbiu Kabupaten Buleleng. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar. https://doi.org/10.25078/aw.v7i2.1666
Gumay, R., Arafat, Y., & Selegi, S. F. (2024). Pengaruh literasi digital menggunakan metode pembelajaran inovatif berbasis mind mapping pada pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV SD Negeri 79 Palembang. Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar. https://doi.org/10.29408/didika.v10i2.26894
Harjono, H. S. (2018). Literasi digital: Prospek serta implikasinya pada pembelajaran bahasa. Pena: Jurnal Pendidikan Bahasa serta Sastra, 8(1), 1–7.
Kemdikbud. (2021). Modul literasi digital di Sekolah Dasar. Direktorat Sekolah Dasar, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Maratussholihah, Z., Ahmadi, A., & Raharjo, R. P. (2024). Persepsi siswa terhadap pemanfaatan e-book SiBi sebagai sarana literasi digital dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. JIBS: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra, 11(1), 93–104. https://doi.org/10.21067/jibs.v11i1.10044
Mas’ud Muhammadiah, Novelti, Jasiah, Safar, M., & Nuramila. (2023). Transformasi pembelajaran Bahasa Indonesia berbasis literasi digital untuk mewujudkan pendidikan karakter di era disrupsi 4.0. Innovative: Journal of Social Science Research, 3(2), 2276–2288. https://j-innovative.org/index.php/Innovative
Purwati, L. D., Murwaningsih, T., & Suryandari, K. C. (2025). Analisis Kesiapan Peserta Didik dalam Pembelajaran Terhadap Media Literasi Digital Kelas VI Sekolah Dasar. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 14(3 Agustus), 5131-5140.
Setiawan, A., Lukmanulhakim, L., & Linarsih, A. (2023). Efektivitas Gerakan Literasi Digital di sekolah jenjang pendidikan dasar di Kota Pontianak. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 15(1). https://doi.org/10.26418/jvip.v15i1.60994
Suartana, I. M., Putra, R. E., & Alit, R. (2024). Penguatan kompetensi literasi digital bagi guru sekolah dasar. Jurnal Abadimas Adi Buana, 7(2), 8294. https://doi.org/10.36456/abadimas.v7.i02.a8294
Trisnaningsih, S., Widodo, A., & Suryanda, A. (2021). Literasi digital calon guru sains di universitas Islam pada masa pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Sains, 9(2), 213–224. https://doi.org/10.21831/jps.v9i2.40572
Widyastuti, A., & Susanti, E. (2023). Pengaruh media pembelajaran berbasis ICT terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa SD. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 42(1), 112-125.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
















