PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP EMOSIONAL DAN PRESTASI AKADEMIK SISWA SMP NEGERI 1 ULUIWOI
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.36301Keywords:
motivasi belajar, perkembangan emosional,prestasi akademik.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh motivasi belajar terhadap perkembangan emosional dan prestasi akademik siswa kelas IX SMP Negeri 1 Uluiwoi. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik survei melalui penyebaran kuesioner skala Likert kepada 33 siswa kelas IX serta 10 guru mata pelajaran sebagai penilain tambahan terhadap prestasi akademik. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan regresi linier melalui SPSS Versi 29. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 60,61% siswa memiliki motivasi belajar tinggi, sedangkan 87,88% siswa memiliki perkembangan emosional yang baik. Analisis regresi mengungkapkan bahwa motivasi belajar berpengaruh signifikan terhadap perkembangan emosional (R = 0,612; p < 0,001) dan berpengaruh signifikan terhadap prestasi akademik (R = 0,431; p = 0,017). Temuan ini mengindikasikan bahwa semakin tinggi motivasi belajar yang dimiliki siswa, semakin baik pengelolaan emosinya sehingga berdampak positif pada pencapaian akademik. Penelitian ini menegaskan pentingnya penguatan motivasi intrinsik dan stabilitas emosional dalam meningkatkan mutu pembelajaran pada sekolah pedalaman seperti SMP Negeri 1 Uluiwoi.
Downloads
References
Aksara, P. T. B. (2021). Metodologi penelitian kuantitatif. Bumi Aksara.
Creswell, J. W. (2020). Research design: pendekatan kualitatif, kuantitatif, dan mixed.
Hendra, R., Setiyadi, B., Pratama, Y. H., Denmar, D., Wijaya, H. A., & Contreras, J. A. M. (2024). The influence of self-efficacy, emotional intelligence and learning motivation on learning achievement of students at Universitas Jambi. Jurnal Iqra’: Kajian Ilmu Pendidikan, 9(1), 113–134.
HULU, K., ALVI, A., & KHATULISTIWA, P. (n.d.). HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI SISTEM EKSKRESI MANUSIA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI. 2025.
Latifah, L., & Supriyadi, T. (2024). The Influence of Emotional Intelligence on Student Learning Motivation. Journal of Social Science (2720-9938), 5(4).
Lubis, M. (2021). Metodologi Penelitian. Sleman: Deepublish.
MacCann, C., Jiang, Y., Brown, L. E. R., Double, K. S., Bucich, M., & Minbashian, A. (2020). Emotional intelligence predicts academic performance: A meta-analysis. Psychological Bulletin, 146(2), 150.
Misliyanti, W., Nurhayati, B., & Taiyeb, A. M. (2024). Correlation of learning motivation and emotional intelligence with student higher order thinking skills level on biology material. BIO-INOVED: Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan, 6(2), 172–178.
Mu’min, H., & Yunita, A. (2024). PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN PRESTASI SISWA TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SMPN 06 BENGKULU TENGAH: PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN PRESTASI SISWA TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SMPN 06 BENGKULU TENGAH. Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara, 1(1), 13–21.
Nurhayati, Dina Liana, M. (2025). The Relationship between Communication System , Work Motivation , and Reward Management with Human Resource Development in Madrasah. 09(02), 591–605.
Nurhayati. (2024). Pengaruh Komunikasi Interpersonal, Budaya Organisasi dan Komitmen Organisasi Guru di Sekolah Dasar Islam terpadu Kepulauan riau. Jurnal Literasiologi, 11(1), 29–49. https://doi.org/10.47783/literasiologi.v11i1.657
Nurhayati, N., Latif, M., & Anwar, K. (2024). The Influence of Organizational Culture, Career Expectations, and Leadership Beliefs On Achievement Motivation In Integrated Islamic Primary Schools Riau Islands …. Dinasti International Journal of …, 5(5), 1150–1168. Retrieved from https://dinastipub.org/DIJEMSS/article/view/2700%0Ahttps://dinastipub.org/DIJEMSS/article/download/2700/1803
Riswanto, A., & Aryani, S. (2024). Learning motivation and student achievement: description analysis and relationships both. The International Journal of Counseling and Education, 2(1), 42–47.
Ryan, R. M., & Deci, E. L. (2020). Intrinsic and extrinsic motivation from a self-determination theory perspective: Definitions, theory, practices, and future directions. Contemporary Educational Psychology, 61, 101860.
Soesana, A., Subakti, H., Karwanto, K., Fitri, A., Kuswandi, S., Sastri, L., … Lestari, H. (2023). Metodologi Penelitian Kuantitatif.
Sudatha, I. G. W., Suartama, I. K., & Santosa, M. H. (2025). Emotional Intelligence in Education: A Systematic Literature Review of its Influence on Student Performance and Well-Being. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 11(7), 25–36.
Sugiyono. (2022). Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. CV. Alfabeta, Bandung, 25.
Tolero, J. A., & Echaure, J. S. (2021). The relationship of learning motivation, reward and achievement in science of secondary students in the district of Botolan. International Journal of Multidisciplinary: Applied Business and Education Research, 2(9), 712–722.
Weyant, E. (2022). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches: by John W. Creswell and J. David Creswell, Los Angeles, CA: SAGE, 2018, $38.34, 304pp., ISBN: 978-1506386706. Taylor & Francis.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
















