PERKEMBANGAN FISIK PESERTA DIDIK DI TINGKAT SEKOLAH DASAR

Authors

  • Setiawati Universitas Nusa Putra, Indonesia
  • Ucu Agustini Sri Mulyani Universitas Nusa Putra, Indonesia
  • Wiwin Winarni Universitas Nusa Putra, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.36311

Keywords:

Perkembangan fisik, peserta didik, tingkat sekolah dasar

Abstract

Perkembangan fisik pada masa anak-anak meliputi pertumbuhan dan perkembangan organ tubuh, sistem saraf, dan kemampuan motorik. Hal ini dikarenakan masa pertumbihan anak tersebut merupakan masa yang sangat penting dalam kehidupan seseorang, di mana terjadi banyak perubahan dan perkembangan yang signifikan. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mendeskripsikan bagaimana Perkembangan Peserta didik selama masa Sekolah pada tingkat Dasar. Dengan menggunakan pendekatan Penelitian Aktifitas Kemandirian (PAK), program ini dilaksanakan selama dua bulan; September-Oktober  2025 pada sekolah dasar negeri  Cikundul Jawa Barat. Program ini melalui tahapan dan aspek penting meliputi pertumbuhan fisik , perkembangan keterampilan motorik, dan perkembangan otak. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan, kemudian dianalisis menggunakan analisis tematik kualitatif. Hasilnya menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam kepercayaan diri, kreativitas, dan kesadaran kontekstual guru dalam mengajar, serta peningkatan keterlibatan peserta didik. Guru mulai mengintegrasikan aktivitas motorik, materi, dan pengalaman sehari-hari ke dalam pengajaran mereka, menciptakan lingkungan belajar yang lebih relevan dan partisipatif.  Model kemandirian program terbukti efektif dalam menumbuhkan agensi guru dan inovasi pedagogis yang berkelanjutan. Prakarsa ini berkontribusi pada model pengembangan profesional guru dengan menunjukkan bagaimana tahapan dan aspek penting dapat menjembatani kesenjangan antara teori dan praktik dalam pendidikan dasar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Cheng, K. (2017). Advancing 21st century competencies in East Asian education systems. Center for Global Education. Asia Society, 2, 26.

Irwansyah, Dkk. (2021). Perkembangan Peserta Didik.

Nabilah Mokhtar, Lim Zhi Xuan, Lokman, H. F., & Noor Hayati Che Mat, N. H. C. M. (2023). Theory, Literature Review, and Fun Learning Method Effectiveness in Teaching and Learning. International Journal of Social Science and Education Research Studies, 03(08), 1738–1744. https://doi.org/10.55677/ijssers/v03i8y2023-30

Marinda, Leny. (2020). “Piaget Dan Problematikanya.” Jurnal An-Nisa :Jurnal Kajian Perempuan & Keislaman 13(1):116–52.

Sujana, I Wayan Cong. 2019. “Fungsi Dan Tujuan Pendidikan Indonesia.” Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar 4(1): 29.

Percut Sei Tuan, K., & Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, D. (2018). "Pentingnya Memahami Perkekmbangan Peserta Didik Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Di Sd It Ummi Darussalam Bandar Setia.

Wicaksono, Agil, Amirotun Nafi’ah, Alif Winona, and Abdul Muhid. (2022). “Meningkatkan Kemampuan Kognitif Melalui Metode Bernyanyi Pada Anak Usia Dini.” Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Din 4(2):409–10.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Undang-Undang Nomor 39 tahun 1999 Tentang Hak Asasi Manusia

Downloads

Published

2025-11-21