PERKEMBANGAN FISIK PESERTA DIDIK DI TINGKAT SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.36311Keywords:
Perkembangan fisik, peserta didik, tingkat sekolah dasarAbstract
Perkembangan fisik pada masa anak-anak meliputi pertumbuhan dan perkembangan organ tubuh, sistem saraf, dan kemampuan motorik. Hal ini dikarenakan masa pertumbihan anak tersebut merupakan masa yang sangat penting dalam kehidupan seseorang, di mana terjadi banyak perubahan dan perkembangan yang signifikan. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mendeskripsikan bagaimana Perkembangan Peserta didik selama masa Sekolah pada tingkat Dasar. Dengan menggunakan pendekatan Penelitian Aktifitas Kemandirian (PAK), program ini dilaksanakan selama dua bulan; September-Oktober 2025 pada sekolah dasar negeri Cikundul Jawa Barat. Program ini melalui tahapan dan aspek penting meliputi pertumbuhan fisik , perkembangan keterampilan motorik, dan perkembangan otak. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan, kemudian dianalisis menggunakan analisis tematik kualitatif. Hasilnya menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam kepercayaan diri, kreativitas, dan kesadaran kontekstual guru dalam mengajar, serta peningkatan keterlibatan peserta didik. Guru mulai mengintegrasikan aktivitas motorik, materi, dan pengalaman sehari-hari ke dalam pengajaran mereka, menciptakan lingkungan belajar yang lebih relevan dan partisipatif. Model kemandirian program terbukti efektif dalam menumbuhkan agensi guru dan inovasi pedagogis yang berkelanjutan. Prakarsa ini berkontribusi pada model pengembangan profesional guru dengan menunjukkan bagaimana tahapan dan aspek penting dapat menjembatani kesenjangan antara teori dan praktik dalam pendidikan dasar.
Downloads
References
Cheng, K. (2017). Advancing 21st century competencies in East Asian education systems. Center for Global Education. Asia Society, 2, 26.
Irwansyah, Dkk. (2021). Perkembangan Peserta Didik.
Nabilah Mokhtar, Lim Zhi Xuan, Lokman, H. F., & Noor Hayati Che Mat, N. H. C. M. (2023). Theory, Literature Review, and Fun Learning Method Effectiveness in Teaching and Learning. International Journal of Social Science and Education Research Studies, 03(08), 1738–1744. https://doi.org/10.55677/ijssers/v03i8y2023-30
Marinda, Leny. (2020). “Piaget Dan Problematikanya.” Jurnal An-Nisa :Jurnal Kajian Perempuan & Keislaman 13(1):116–52.
Sujana, I Wayan Cong. 2019. “Fungsi Dan Tujuan Pendidikan Indonesia.” Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar 4(1): 29.
Percut Sei Tuan, K., & Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, D. (2018). "Pentingnya Memahami Perkekmbangan Peserta Didik Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Di Sd It Ummi Darussalam Bandar Setia.
Wicaksono, Agil, Amirotun Nafi’ah, Alif Winona, and Abdul Muhid. (2022). “Meningkatkan Kemampuan Kognitif Melalui Metode Bernyanyi Pada Anak Usia Dini.” Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Din 4(2):409–10.
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Undang-Undang Nomor 39 tahun 1999 Tentang Hak Asasi Manusia
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
















