DARI IDEALISME KE IMPLEMENTASI: ANALISIS FILOSOFIS DAN ARAH KEBIJAKAN BARU PENDIDIKAN INKLUSIF DI INDONESIA
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.36347Keywords:
Pendidikan Inklusif, Filsafat Pendidikan, Kebijakan Pendidikan InklusiAbstract
Pendidikan inklusif merupakan perwujudan dari cita-cita keadilan, kesetaraan, dan penghargaan terhadap martabat manusia. Namun, implementasinya di Indonesia masih menunjukkan kesenjangan antara idealisme filosofis dan realitas pelaksanaannya di sekolah. Penelitian ini bertujuan menganalisis pendidikan inklusi melalui tiga dimensi filsafat, yaitu ontologis, epistemologis, dan aksiologis, serta mengidentifikasi sejauh mana nilai-nilai tersebut tercermin dalam kebijakan dan praktik pendidikan inklusif di Indonesia. Metode yang digunakan adalah studi kepustakaan melalui telaah jurnal ilmiah, buku, dan dokumen kebijakan terkait pendidikan inklusif serta kajian filosofis pendidikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebijakan inklusi di Indonesia masih didominasi pendekatan administratif dan teknis, belum sepenuhnya mencerminkan pengakuan ontologis terhadap keberadaan murid sebagai individu unik, epistemologi pembelajaran yang menghargai keragaman cara belajar, serta nilai aksiologis berupa keadilan substantif dan penghargaan terhadap keberagaman. Selain itu, tantangan implementatif mencakup keterbatasan kompetensi guru, sarana yang tidak memadai, pendanaan yang belum merata, stigma sosial, serta ketimpangan geografis. Penelitian ini menyimpulkan bahwa rekonstruksi kebijakan pendidikan inklusi perlu diarahkan pada transformasi paradigma, sistem, dan praktik agar lebih adaptif, humanis, dan berkeadilan sehingga idealisme filosofis pendidikan inklusi benar-benar terwujud dalam implementasi di sekolah.
Kata kunci: Pendidikan Inklusif, Filsafat Pendidikan, Kebijakan Pendidikan Inklusi
Downloads
References
Andriyan, A., Hendriani, W., & Paramita, P. P. (2023). Pendidikan inklusi: Tantangan dan strategi implementasinya. Jurnal Psikologi Terapan Dan Pendidikan, 5(2), 94.
Anella Roveriana Sitanggang, D. (2025). Optimalisasi Pendidikan Inklusi di Indonesia. Jurnal Nakula : Pusat Ilmu Pendidikan, Bahasa Dan Ilmu Sosial, 3(2), 217–234.
Angreni, S., & Sari, R. T. (2020). Identification and implementation of inclusion education for children with special needs. Auladuna: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 7(2), 145–153.
Astuti, D. S., & Sudrajat. (2020). Promoting Inclusive Education for Social Justice in Indonesia. Advances in Social Science, Education and Humanities Research.178-183
Baharun, H., & Awwaliyah, R. (2018). Berkebutuhan Khusus Dalam Perspektif: Jurnal Program Studi PGMI, 5(1), 57–71.
Budianto, A. A. (2023). Pentingnya Pendidikan Inklusif: Menciptakan Lingkungan Belajar yang Ramah Bagi Semua. Jurnal Kajian Pendidikan Dan Psikologi, 1(1), 12–19.
Dian, O. :, Juwan, P. A., Dwiputri Maharani, S., & Siswadi, G. A. (2024). Pendidikan Dan Kesetaraan: Implementasinya Pada Sekolah Inklusi Perspektif Filsafat Manusia. Widya Aksara (Jurnal Agama Hindu), 29(2), 94–106.
Fajri, B. R., & Jauhari, M. N. (2024). Challenges and Opportunities for Special-Needs Children in Elementary Schools. Dikoda: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 5(01), 1–8.
Fetmawati, Syabrina Yunera, Aini Septia Rahmalita, Jasrial, Nellitawati, S. (2025). Relevansi filsafat ilmu dalam menyikapi tranformasi sosial dan teknologi di dunia pendidikan. Jurnal Manajemen Pendidikan, 14(2), 162–173.
Hanafi, M., Yasin, M., Susilawati, S. Y., Tahar, M. M., & Jamaludin, K. A. (2023). An analysis of inclusive education practices in East Java Indonesian preschools. The Journal Frontiers in Psychology. 1–6.
Ibrahim, T., & Robandi, B. (2020). Representasi Kesadaran Agensi Moral Sebagai Guru: Studi Fenomenologi Pada Mahasiswa Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia. Jurnal Pendidikan Karakter, Vol. 11(1), 69–89.
Iswanto, I., & Alexander, F. (2020). Perspektif Inklusif Pendidikan Agama Kristen terhadap Teks Kerja Pada Masyarakat Dawan di Nusa Tengara Timur. Sabda: Jurnal Teologi Kristen, 1(1), 48–58.
Juliyanti, N., & Putri, R. (2022). Dampak Etika Profesional dan Kepribadian Guru terhadap Perkembangan Siswa di Sekolah. VENN: Journal of Sustainable Innovation on Education, Mathematics and Natural Sciences, 4(1), 21–27.
Juntak, J. N. S., Rynaldi, A., Sukmawati, E., Arafah, M., & Sukomardojo, T. (2023). Mewujudkan Pendidikan Untuk Semua: Studi Implementasi Pendidikan Inklusif di Indonesia. Ministrate: Jurnal Birokrasi Dan Pemerintahan Daerah, 5(2), 205–214.
Khobir, A., & Luthfiyah. (2023). Ontologi, Epistimologi dan Aksiologi Filsafat Pendidikan. Jurnal Basicedu, 7(5), 3249–3254.
Maghfiroh, M. N., Andika, D. S., Pratiwi, L. T., Marcela, I. N., & Afifah, A. F. (2022). Permasalahan Yang Dihadapi Dalam Pelaksanaan Sekolah Inklusi Di Indonesia. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 3(2), 314–318.
Manurung, A. S., Yufiarti, Y., & Supena, A. (2022). Implementasi pendidikan inklusi di sekolah dasar. Elementary school journal PGSD FIP UNIMED, 12(4), 308.
Mukti, H. (2023). Analisis Pendidikan Inklusif: Kendala dan Solusi Dalam Implementasinya. Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Riset Sosial Humaniora (KAGANGA), 6, 761–777.
Munir, I. M. (2025). Dinamika Kebijakan Pendidikan Inklusif di Indonesia: Analisis Bibliometrik Literatur. Khazanah Akademia, 9(01), 26–35.
Nadhiroh, U., & Ahmadi, A. (2024). Pendidikan Inklusif: Membangun Lingkungan Pembelajaran Yang Mendukung Kesetaraan Dan Kearifan Budaya. Ilmu Budaya: Jurnal Bahasa, Sastra, Seni, Dan Budaya, 8(2008), 11–22.
Nahri, A. C. (2025). Kebijakan Penyelenggaraan Pendidikan Inklusi di Lembaga Pendidikan Islam. Halaqa Research, 1(2), 141–159.
Nurwan, T. W. (2019). Implementasi Kebijakan Pendidikan Inklusif di Sekolah Dasar. JESS (Journal of Education on Social Science), 3(2), 201.
Ontario, R. D. (2020). Optimalisasi Pendidikan Inklusi Di Sekolah: Literature Review. Jurnal Manajemen Pendidikan, 2000(7), 209–217.
Piswatama, D., Manurung, D. Y., Nababan, L. G. ., Siboro, S., & Nababan, R. Y. (2024). Pemikiran Epistemologi Filsafat Pancasila dalam Konteks Pengembangan Ilmu Pengetahuan. Journal on Education, 6(4), 18682–18691.
Prasetya Pertiwi, E., Zulkarnain Ali, A., Pudjiastuti Sartinah, E., & Negeri Surabaya, U. (2025). Filosofi dan Prinsip Dasar Pendidikan Inklusi: Implikasi terhadap Masalah Sosial Masyarakat. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 14(1 Februari), 329–346.
Putri, H. A., Putri, W. P., & Setyo, B. (2025). Pendidikan Inklusi yang Berkeadilan: Studi Kasus Pemenuhan Hak Anak Berkebutuhan Khusus. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 5(2), 762–773.
Ratna, A. (2025). Kebijakan Pemerintah dalam Pendidikan Inklusi pada Anak Usia Dini. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 7(1), 143–155.
Rizqianti, N. A., Ningsih, P. K., Ediyanto, E., & Sunandar, A. (2022). Implementasi Tugas Guru Pembimbing Khusus Serta Kendala sebagai Tenaga Pendidik Profesional di Sekolah Inklusi Kota Surabaya. Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus, 6(1), 67–75.
Rotty, V. N. J., Lengkong, J. S. J., Lamesa, M., & Munir, S. (2024). Pendidikan Inklusif Dalam Merdeka Belajar. Jurnal Ilmiah Multidisipliner (JIM), 8(12), 2118–7300.
Saputra, A., Sa’ud, U. S., Wahab, M. A., Nurwahid, H., & Kuntjoro, K. (2022). Upaya Meningkatkan Minat Belajar Siswa Inkusi dengan Layanan Shuttle Bus dan Pemetaan Tenaga Pendidik. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(5), 7207–7217.
Sebrina, A. A., & Sukirman, D. (2019). Implementasi kurikulum pada sekolah penyelenggara pendidikan inklusif. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 11(2), 98–116.
Tanslionva, L., & Ningsih, W. D. (2025). Optimalisasi Pendidikan Inklusi di Indonesia : Tantangan, Permasalahan, dan Strategi Peningkatan Mutu. Jurnal Nakula Pusat Ilmu Pendidikan Bahasa Dan Ilmu Sosial, 3(2), 217–234.
Syawal, S. (2025). Pendidikan Inklusif: Membangun Lingkungan Belajar yang Ramah Untuk Semua. Afeksi: Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 6(3), 612–622.
Waki, A. (2017). Persepsi Orang Tua Terhadap Pendidikan Inklusif Sekolah Dasar Di Kecamatan Gunung Putri Kabupaten Bogor
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
















