GUNUNG-GUNUNGAN API SEBAGAI MEDIA PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS KEARIFAN LOKAL DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Fajerina Eka Az-Zahra Universitas Jambi
  • Maryana Tambunan Universitas Jambi
  • Miranda Ade Tyas Putri Riyanto Universitas Jambi
  • Tasha Wulandari Universitas Jambi
  • Kesya Malika Nurluthvia Universitas Jambi
  • Umi Kalsum Universitas Jambi
  • Welsa Aini Universitas Jambi
  • Sheyvilda Dea Fenica Universitas Jambi
  • Syifa Nuraulia Ritonga Universitas Jambi
  • Sukma Arum Sari Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.36356

Keywords:

kearifan lokal, pendidikan karakter, Gunung-gunungan Api, Sekolah Dasar, budaya Jambi.

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi nilai-nilai kearifan lokal dalam Tradisi Gunung-Gunungan Api di Desa Teratai, Kabupaten Batanghari, serta relevansinya sebagai media pendidikan karakter di Sekolah Dasar. Tradisi ini mengandung nilai religius, gotong royong, tanggung jawab, musyawarah, dan kecintaan terhadap budaya lokal. Penelitian menggunakan metode kualitatif deskriptif melalui observasi dan wawancara dengan tokoh adat, guru, orang tua murid, dan masyarakat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa simbol-simbol tradisi seperti obor, daun kelapa, tanduk kambing, kapal miniatur, dan pudak daun memiliki makna filosofis yang dapat dikembangkan sebagai sumber pembelajaran karakter. Selain itu, siswa yang terlibat dalam kegiatan berbasis budaya menunjukkan peningkatan sikap positif seperti kerja sama, tanggung jawab, dan apresiasi terhadap budaya lokal. Dengan demikian, Gunung-Gunungan Api memiliki nilai edukatif yang kuat serta dapat dijadikan media pendidikan karakter berbasis kearifan lokal di Sekolah Dasar.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-12-20