GUNUNG-GUNUNGAN API SEBAGAI MEDIA PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS KEARIFAN LOKAL DI SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.36356Keywords:
kearifan lokal, pendidikan karakter, Gunung-gunungan Api, Sekolah Dasar, budaya Jambi.Abstract
Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi nilai-nilai kearifan lokal dalam Tradisi Gunung-Gunungan Api di Desa Teratai, Kabupaten Batanghari, serta relevansinya sebagai media pendidikan karakter di Sekolah Dasar. Tradisi ini mengandung nilai religius, gotong royong, tanggung jawab, musyawarah, dan kecintaan terhadap budaya lokal. Penelitian menggunakan metode kualitatif deskriptif melalui observasi dan wawancara dengan tokoh adat, guru, orang tua murid, dan masyarakat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa simbol-simbol tradisi seperti obor, daun kelapa, tanduk kambing, kapal miniatur, dan pudak daun memiliki makna filosofis yang dapat dikembangkan sebagai sumber pembelajaran karakter. Selain itu, siswa yang terlibat dalam kegiatan berbasis budaya menunjukkan peningkatan sikap positif seperti kerja sama, tanggung jawab, dan apresiasi terhadap budaya lokal. Dengan demikian, Gunung-Gunungan Api memiliki nilai edukatif yang kuat serta dapat dijadikan media pendidikan karakter berbasis kearifan lokal di Sekolah Dasar.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
















