Pengaruh TikTok terhadap Perkembangan Bahasa Formal pada Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Nurul Septiani Dahlan Universitas Negeri Makassar
  • Ninda Salsabila Universitas Negeri Makassar
  • Sri Anriani Universitas Negeri Makassar
  • A.Muhajir Nasir Universitas Negeri Makassar
  • Siti Zahra Mulianti Natsir Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.36395

Keywords:

TikTok, kemampuan bahasa formal, siswa Madrasah Ibtidaiyah, pengaruh media sosial, regresi linear.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan TikTok terhadap perkembangan kemampuan bahasa formal pada siswa Madrasah Ibtidaiyah. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis penelitian ex post facto. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner yang dibagikan kepada siswa kelas V dan VI MI Muhammadiyah 11 Bara Baraya dan kemudian dianalisis menggunakan regresi linear sederhana. Hasil uji normalitas menunjukkan bahwa data berdistribusi normal. Uji hipotesis dengan uji sampel independen menunjukkan bahwa penggunaan TikTok tidak berpengaruh signifikan terhadap kemampuan bahasa formal siswa. Penelitian ini menyimpulkan bahwa meskipun TikTok digunakan secara intensif oleh siswa, faktor lain dalam lingkungan pendidikan lebih dominan dalam mempengaruhi kemampuan bahasa formal mereka.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abubakar, R. (2021). Pengantar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: SUKA Press

Bakrin, R. & Hilalludin Hilalludin. (2025). PENGARUH MEDIA SOSIAL TIKTOK TERHADAP PERKEMBANGAN KOSAKATA BAHASA INDONESIA PADA GENERASI ALFA. BEGIBUNG: Jurnal Penelitian Multidisiplin, 3(2), 7–19. https://doi.org/10.62667/begibung.v3i2.152

Belinda, S., & Abidin, Z. (2023). Dampak Media Sosial terhadap Kesantunan Berbahasa Anak Sekolah Dasar. Yogyakarta: Pustaka Ilmu

Elvera, S. E., & Yesita Astarina, S. E. (2021). Metodologi Penelitian. Penerbit Andi.

Forester, B. J., Khater, A. I. A., Afgani, M. W., & Isnaini, M. (2024). Penelitian kuantitatif: Uji reliabilitas. EDU SOCIETY: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(3), 1812-1820.

Gusnayetti, G. (2021). DAMPAK PENGGUNAAN BAHASA GAUL DI KALANGAN REMAJA TERHADAP BAHASA INDONESIA. Ensiklopedia Sosial Review, 3(3), 275–281. https://doi.org/10.33559/esr.v3i3.971

Nugroho, B. (2019). Pengaruh Media Sosial terhadap Kosakata Anak-Anak di Indonesia. Surabaya: Erlangga

Putra, R. (2022). Media Sosial dan Gaya Komunikasi Generasi Muda di Indonesia. Jakarta: Rajawali Pers.

Romauli Situmorang, Rut Sahana Manalu, Kiki Renhardi Napitupulu, & Lili Tansliova. (2024). Dampak Media Sosial Terhadap Penggunaan Bahasa Gaul di Aplikasi Tiktok Pada Remaja. Semantik : Jurnal Riset Ilmu Pendidikan, Bahasa dan Budaya, 2(2), 281–289. https://doi.org/10.61132/semantik.v2i2.668

Sundari, S., Sutardi, S., & Mustofa, M. (2025). Media Sosial Tiktok dan Perkembangan Bahasa Komunikasi pada Siswa Sekolah Dasar: Kajian Psiko-Sosiolinguistik. HASTAPENA: JURNAL BAHASA, SASTRA, PENDIDIKAN DAN HUMANIORA, 2(1), 69-79.

Suryani, L. (2020). Bahasa dan Media Sosial: Studi Perubahan Gaya Bahasa Generasi Muda. Surakarta: UNS Press.

Downloads

Published

2025-12-13