ANALISIS TRANSFORMASI DIGITAL PERBANKAN SEBAGAI UPAYA MEMBANGUN KEPERCAYAAN NASABAH MELALUI KEAMANAN DAN INOVASI TEKNOLOGI
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.36501Keywords:
transformasi digital, kepercayaan nasabah, keamanan, inovasi teknologi, perbankanAbstract
Perkembangan teknologi digital telah membawa perubahan signifikan dalam industri perbankan, khususnya dalam hal layanan berbasis digital. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis transformasi digital perbankan sebagai upaya membangun kepercayaan nasabah melalui keamanan dan inovasi teknologi. Di era digitalisasi, kepercayaan menjadi faktor kunci yang menentukan keberhasilan bank dalam mempertahankan loyalitas nasabah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan pengumpulan data melalui wawancara dan studi pustaka pada beberapa bank yang telah menerapkan layanan digital banking. Hasil penelitian menunjukkan bahwa transformasi digital berperan penting dalam meningkatkan efisiensi layanan, memperluas akses nasabah, serta memperkuat rasa aman melalui sistem keamanan data dan transaksi berbasis teknologi. Selain itu, inovasi seperti penggunaan aplikasi mobile banking, verifikasi biometrik, dan layanan customer service berbasis AI juga terbukti mampu meningkatkan kepercayaan dan kenyamanan nasabah. Dengan demikian, keberhasilan transformasi digital dalam perbankan tidak hanya bergantung pada penerapan teknologi, tetapi juga pada kemampuan bank dalam menjaga keamanan informasi dan membangun hubungan kepercayaan yang berkelanjutan dengan nasabah.
Downloads
References
Andri Prabu, & Siti Nurhaliza. (2023). Digital Transformation in the Financial Sector: Implications for Consumer Trust and Security. International Journal of Economics, Commerce, and Management, 1(1), 10–14. https://doi.org/10.62951/ijecm.v1i1.303
Chhetri, A. D., & Aryal, K. (2025). Effect of Digital Transformation in Customers’ Experience in Banking. Jana Adarsha Research Journal, 2(1), 9–14. https://doi.org/10.3126/jarj.v2i1.75608
Maharani, S., & Sari, M. (2025). Transformasi Digital dalam Layanan Perbankan Menyongsong Era Baru Keuangan Digital. Jurnal Bisnis Manajemen, 3(1), 139. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/24031
No, V., & Komunikasi, I. (2025). Jurnal Pendidikan Indonesia Pengaruh Kualitas Layanan Elektronik , Kepercayaan Konsumen , dan Kepuasan Konsumen Terhadap Loyalitas Nasabah Bank DKI Maharisti Fatikhah Sari , Janette Maria Pinariya INFO ARTIKEL Diterima : Direvisi : Disetujui : Kata kunci . 9(7), 3066–3083.
Revalina, dkk. (2025). Revalina+Annisa+Antoine+3147. Jurnal Multidisiplin Ilmu Akademik, 2(Penyalahgunaan Data Pribadi dalam Teknologi Transaksi Digital di Industri Perbankan Digital (Studi Kasus PT. Bank Syariah Indonesia)), 316–327.
Sitanggang, A. S., Lestari, S., Febrianti, N. C., Az-zahra, A., & Fitriadi, M. N. (2024). Analisis Tingkat Kepercayaan Nasabah pada Keamanan Transaksi Perbankan melalui Mobile Banking (M-Banking). Jurnal Masharif Al-Syariah, 9(3), 1566–1581.
Tran, P. T. T., Le, T. T. H., & Phan, N. H. T. (2023). Digital Transformation of the Banking Industry in Developing Countries. International Journal of Professional Business Review, 8(5), e01503. https://doi.org/10.26668/businessreview/2023.v8i5.1503
Vebtasvili, V. (2024). Model Of Digital Transformation in Banking Sector. Jurnal Riset Akuntansi Dan Bisnis Airlangga, 9(1), 74–94. https://doi.org/10.20473/jraba.v9i1.56487
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
















