Efektivitas Media Komik Berbahasa Arab Dalam Meningkatkan Maharah Qira’ah Pada Siswa Kelas VII MTs Hidayatullah Denpasar Bali
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.36535Keywords:
Arabic language learning, maharah qirā’ah, comic-based media, reading skill.Abstract
ABSTRACT
Arabic language learning at the Madrasah Tsanawiyah (MTs) level plays an important role, particularly in improving reading skills (maharah qirā’ah) as a foundation for understanding religious texts and other learning materials. However, low learning motivation and limited vocabulary mastery remain major obstacles in acquiring maharah qirā’ah. This study aims to determine the effectiveness of Arabic comic media in enhancing the reading skills of seventh-grade students at MTs Hidayatullah Denpasar. The research employed a quantitative approach with a quasi-experimental design (One Group Pretest–Posttest Design). The sample consisted of 20 students selected through purposive sampling. Data were collected through tests, observation, and documentation, then analyzed using a paired sample t-test with SPSS. The results showed an increase in the average score from the pretest (42) to the posttest (60.5). The t-test significance value was 0.000 (< 0.005), and the calculated t-value was smaller than the table t-value (-11.103 < -2.093), indicating that the null hypothesis (Ho) was rejected. Therefore, Arabic comic media proved effective in improving students’ reading skills. This medium also created an enjoyable and interactive learning atmosphere, although attention should still be given to the potential for visual distractions during the learning process.
Keywords: Arabic language learning, maharah qirā’ah, comic-based media, reading skill.
ABSTRAK
Pembelajaran Bahasa Arab di tingkat Madrasah Tsanawiyah (MTs) memiliki peran penting, terutama dalam meningkatkan keterampilan membaca (maharah qira’ah) sebagai dasar untuk memahami teks-teks keagamaan dan materi pelajaran lainnya. Namun, rendahnya minat belajar serta keterbatasan penguasaan kosakata menjadi kendala dalam penguasaan maharah qira’ah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas media komik berbahasa Arab dalam meningkatkan keterampilan maharah qira’ah siswa kelas VII di MTs Hidayatullah Denpasar. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain quasi experimental (One Group Pretest-Posttest Design). Sampel penelitian berjumlah 20 siswa yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi, dan dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan uji paired sample t-test melalui SPSS. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan rata-rata nilai dari pretest (42) menjadi posttest (60,5). Nilai signifikansi uji t sebesar 0.000 (< 0.005) dan nilai -t hitung lebih kecil dari -t tabel (-11.103 < -2.093) yang berarti Ho ditolak. Dengan demikian, media komik berbahasa Arab terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa. Media ini juga menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan interaktif, meskipun tetap perlu perhatian terhadap potensi distraksi visual dalam pembelajaran.
Kata Kunci: Bahasa Arab, maharah qira’ah, media komik, pembelajaran.
Downloads
References
Ayawaila, V. V. C. ANALISIS DESKRIPTIF DALAM METODOLOGI PENELITIAN: TEORI, TEKNIK, DAN APLIKASI.
Gunawan, G., & Luthfi, T. (2022). Pengembangan Pembelajaran Bahasa Arab di TPA Nurul Hidayah Desa Mulyamekar Babakancikao Purwakarta. Sivitas : Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(2), 77–84. https://doi.org/10.52593/svs.02.2.04
Husnah, F., Yunia, K. I., & Suriani, A. (2024). Tantangan dan Manfaat Membaca Intensif dalam Era Digital Di Sekolah Dasar, 2(3), 325–338.
ibrahim fauzan, A. (2020). Idho’at.
Isnawan, M. G., Nahdlatul, U., & Mataram, W. (2020). KUASI-EKSPERIMEN.
Izzah, M. A., & Ma’sum, A. (2021). Pengembangan Komik Digital sebagai Media Pembelajaran Bahasa Arab Maharah Qira’ah untuk Siswa Kelas X MA Almaarif Singosari. JoLLA: Journal of Language, Literature, and Arts, 1(8), 1081–1094. https://doi.org/10.17977/um064v1i82021p1081-1094
Jannah, K. A. M., Aiman, U., Hasda, S., Fadilla, Z., Ardiawan, T. M. K. N., & Sari, M. E. (2017). Metodologi Penelitian Kuantitatif Metodologi Penelitian Kuantitatif. Metodologi Penelitian Kuantitatif.
Khalis, S., & Sopian, A. (2023). Use of E-Comic media through canva to increase the Maharah Kitabah. AKSARA: Jurnal Bahasa Dan Sastra, 24(2), 657–668. https://doi.org/10.23960/aksara/v24i2.pp657-668
Kholilatun, F., Nizaruddin, N., & Purwosetiyono, F. X. D. (2023). Kemampuan Representasi Siswa SMP Kelas VIII dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Peluang Ditinjau dari Gaya Belajar Visual. Jurnal Kualita Pendidikan, 4(1), 54–59. https://doi.org/10.51651/jkp.v4i1.339
Komalasari, A. S., & Riani, D. (2023). Edukasi Manfaat Literasi Membaca Dan Menulis Di Smk Pgri 3 Bogor. Jurnal Pengabdian Masyarakat UIKA Jaya: SINKRON, 1(2), 82. https://doi.org/10.32832/jpmuj.v1i2.1909
Kusuma, A., Aktivani, R., & Anwar, N. (2023). The Impact of Educational Background on Arabic Language Learning Outcomes of Arabic Language Education Students at the Muhammadiyah University of Sidoarjo [ Dampak Latar Belakang Pendidikan terhadap Hasil Belajar Bahasa Arab Mahasiswa Pendidikan Bahasa Ar, 1–7.
Muhammad, A. S. (2018). Ta’lim Al-Lughah Al-’Arabiyah Li Al-Nathiqin Bi Ghairiha Bi Al-Thariqah Alati Iktasabuha Min Lughatihim Al-Um. ARABIYAT: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban, 1(2). https://doi.org/10.15408/a.v1i2.1144
Muriawati, N., Zuliana, E., & Fauziah, A. (2024). Qismul Arab : Journal of Arabic Education Implementasi Metode SQ3R Berbantu Media Cerita Bergambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Maharah Qira ’ ah, 3(02), 99–105.
Rahmawati, R. D., & Oktavianti, D. (2023). Penggunaan Media Komik untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Bahasa Arab Kelas VII di Madrasah Mu’alimin Mu’alimat Denanyar. Akhlaqul Karimah: Jurnal …, 2(2), 94–102. Retrieved from https://jurnal.samodrailmu.org/index.php/jak/article/view/137
Resmi, W. S. S. (2021). MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DALAM LITERASI MEMBACA PEMAHAMAN. Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 9(2), 76–83. https://doi.org/10.30738/wd.v9i2.10403
Salam, A. (2016). Pengaruh penggunaan media komik terhadap penguasaan kosakata dan keterampilan berbicara bahasa Arab.
Subhan Hi Ali Dodego. (2022). Pentingnya Penguasaan Bahasa Arab Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. PESHUM : Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Humaniora, 1(2), 55–70. https://doi.org/10.56799/peshum.v1i2.48
Sudjana, & Rifa’i, N. (2020). Komik (Pengertian, Unsur, Jenis dan Teknik Pembuatan). Kajiapustaka.Com. Retrieved from https://www.kajianpustaka.com/2020/08/komik-pengertian-unsur-jenis-dan-teknik-pembuatan.html
Wahdah, Y. A. (2018). Faktor-faktor kesulitan siswa dalam membaca teks bahasa Arab Abstract : Arab , baik dalam melafalkannya maupun dalam menafsirkan atau memahami isi dari teks, 1(1), 30–46.
Wahyuningsih, M., & Hamdun, D. (2020). Komparasi Efektifitas Media Aplikasi Secil : Belajar Bahasa Arab dengan Suara dengan Komik Strip dalam Penguasaan Mufrad ā t Siswa Kelas IV SD Muhammadiyah Banguntapan, 5(2), 152–171.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
















