TANTANGAN GURU DALAM MENERAPKAN PEMBELAJARAN IPS BERBASIS KONTEKSTUAL DI SEKOLAH DASAR: STUDI LITERATUR

TANTANGAN GURU DALAM MENERAPKAN PEMBELAJARAN IPS BERBASIS KONTEKSTUAL DI SEKOLAH DASAR: STUDI LITERATUR

Authors

  • Hardiyanti Hatibu Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.36545

Keywords:

Pembelajaran Kontekstual, IPS, Guru Sekolah Dasar, CTL, Studi Literatur

Abstract

Pembelajaran IPS berbasis kontekstual menuntut kemampuan guru untuk mengaitkan materi dengan pengalaman nyata siswa, namun implementasinya di Sekolah Dasar masih menghadapi beragam kendala. Penelitian ini bertujuan menganalisis bentuk tantangan yang dihadapi guru dalam menerapkan pembelajaran IPS berbasis kontekstual, mengidentifikasi faktor penyebab munculnya hambatan tersebut, serta merumuskan rekomendasi strategis berdasarkan sintesis literatur nasional dan internasional periode 2018–2025. Metode yang digunakan adalah systematic literature review terhadap sepuluh artikel nasional terakreditasi SINTA dan tujuh publikasi internasional bereputasi. Hasil kajian menunjukkan bahwa tantangan utama meliputi keterbatasan kompetensi pedagogik guru dalam menghubungkan konsep IPS dengan konteks kehidupan siswa, minimnya ketersediaan sumber belajar kontekstual, serta hambatan struktural berupa tingginya beban administrasi, keterbatasan waktu pembelajaran, dan belum optimalnya dukungan kelembagaan. Faktor-faktor tersebut terutama dipengaruhi oleh kurangnya pelatihan berbasis praktik, terbatasnya perangkat ajar berbasis lingkungan, serta belum kuatnya kebijakan sekolah dalam mendukung inovasi pembelajaran. Literatur merekomendasikan penguatan pelatihan CTL, pengembangan media dan modul berbasis potensi lokal, serta peningkatan dukungan institusional sebagai langkah strategis untuk memperbaiki implementasi pembelajaran IPS berbasis kontekstual. Dengan demikian, studi ini menegaskan bahwa keberhasilan CTL menuntut peningkatan kapasitas guru, kesediaan sumber belajar kontekstual, serta dukungan struktural yang berkelanjutan dari satuan pendidikan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anar, A. P., Widodo, A., & Indraswati, D. (2022). Menilik jejak historis pendidikan IPS di Indonesia: Konsep dan kedudukan pendidikan IPS dalam perubahan kurikulum di sekolah dasar. Phinisi Integration Review, 5(2), 383. https://doi.org/10.26858/pir.v5i2.33677

Agusta, R. M., et al. (2025). Analisis tantangan pembelajaran IPS pada jenjang sekolah dasar. JIPDAS, 3(1), 25–37.

Asmahasanah, S., Ibdalsyah, I., & Sa’diyah, M. (2018). Social studies education in elementary schools through contextual REACT-based on environment and sociopreneur. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 5(6), 52.

Darma, A. A. G. B. W., & Torimtubun, H. (2025). Meningkatkan pemahaman siswa kelas V SDN 07 Sebalo menggunakan model contextual teaching and learning pada pembelajaran IPA. ACTION Jurnal Inovasi Penelitian Tindakan Kelas dan Sekolah, 5(2), 201–210. https://doi.org/10.51878/action.v5i2.5773

Fatimah, S. W., et al. (2025). Analisis kritis materi IPS dalam pembelajaran IPAS Kurikulum Merdeka di sekolah dasar. Trihayu, 12(1), 1–10.

Fauzi, Z. A. (2024). Improving social studies learning in elementary schools: A literature study. Pustaka Pendidikan IPS, 8(2), 45–60.

İşler, N. K., et al. (2025). Dealing with controversial issues in primary school social studies. Teaching and Teacher Education, 135, 104–121. https://doi.org/10.1016/j.tate.2024.104121

Khotimah, K. (2024). Tantangan membelajarkan materi IPS di sekolah dasar: Sebuah studi literatur sistematis. Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan, 33(1), 55–70.

Khatimah, H., Wati, N. J., Anggraini, S., Wahyuni, A. D., & Afifah, R. (2025). PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN IPS YANG INTERAKTIF DAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(01), 36-46.

Kristidhika, D. C., Cendana, W., Felix-Otuorimuo, I., & Müller, C. (2020). Contextual Teaching And Learning to Improve Conceptual Understanding Of Primary Students. Teacher in Educational Research, 2(2), 71-78. https://doi.org/10.33292/TER.V2I2.84

Lestari, M. I., Suharini, E., & Sumartiningsih, S. (2025). Hambatan dan tantangan pembelajaran IPS di sekolah dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 12(1), 44–59.

Ochtaulia, F., Safitri, D., & Sujarwo, S. (2025). Strategi pembelajaran kontekstual dalam meningkatkan pemahaman konsep siswa pada mata pelajaran IPS. Jurnal Ilmiah Mutiara Pendidikan, 3(1), 85–97. https://doi.org/10.61404/jimad.v3i1.411

Phinla, W., Phinla, W., & Mahapoonyanont, N. (2024). Challenges and innovations in developing a social studies curriculum for 21st-century learners in small schools. South Eastern European Journal of Public Health, 10(3), 1–14.

Rahayu, S. (2025). Tantangan guru SD dalam mengajarkan konsep abstrak IPS. Jurnal Pendidikan Dasar, 14(2), 112–123.

Ramadhani, P., et al. (2025). Kendala guru dalam pembelajaran IPS di sekolah dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 12(2), 22–33.

Rela, N. L. C., Lasmawan, I. W., & Kertih, I. W. (2025). Tantangan dan strategi guru dalam mengembangkan literasi sosial siswa melalui pembelajaran IPS di sekolah dasar. SOCIAL: Jurnal Inovasi Pendidikan IPS, 6(1), 15–29.

Saidah, K., & Damariswara, R. (2024). Problems of social studies learning at elementary education level: What are the recommended solutions? International Journal of Pedagogy and Teacher Education, 7(1), 55–67.

Sefaverdiana, P. V., Fandyansari, M. W., Ogi, R., & Rahmadian, M. (2022). Pengaruh model pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) dalam meningkatkan hasil belajar. Paradigma: Jurnal Filsafat, Sains, Teknologi, dan Sosial Budaya, 28(1), 96–99. https://doi.org/10.33503/paradigma.v28i1.1995

Siagian, Y. M. P. (2025). Thematic approach in social studies learning to improve student activity. International Journal of Research and Review in Education, 6(1), 20–35.

Sisay, G. (2025). Challenges in teaching and learning social studies. International Journal of Social Sciences & Education, 14(2), 101–113.

Suyato, Hidayah, Y., & Septiningrum, L. (2024). Application of the collaborative learning model to improve 21st-century civic skills. Journal of Education and E-Learning Research, 11(3), 456–463. https://doi.org/10.20448/jeelr.v11i3.5753

Zahra, N. U. (2024). Transformasi pembelajaran IPAS di sekolah dasar melalui Kurikulum Merdeka. JPDI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 5(1), 8

Downloads

Published

2025-12-12