MODEL PEMBELAJARAN INOVATIF DAN INTERAKTIF DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOLABORASI DAN PENALARAN MATEMATIS MELALUI PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI BANGUNDATAR KELAS 2

Bahasa Indonesia

Authors

  • Christin Lasroni Dian Sari SDN CAKUNG BARAT 01

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.36574

Keywords:

Kata kunci:Problem-Based Learning, bangun datar, kreativitas, kolaborasi, pemahaman konsep, multimedia interaktif.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menerapkan model pembelajaran Problem-Based Learning (PBL) pada materi bangun datar dengan tujuan meningkatkan pemahaman konsep, kemampuan berpikir kritis, kreativitas, dan keterampilan kerja sama siswa. Hasil yang didapatkan menggunakan kualitatif deskriptif, dengan mengumpulkan data melalui observasi, catatan guru, diskusi kelompok, produk karya siswa, serta refleksi. Proses Analisis dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, sementara keakuratan informasi dijamin dengan menerapkan triangulasi sumber. Kegiatan pembelajaran dilaksanakan mengikuti langkah-langkah dalam model Problem Based Learning (PBL) yaitu orientasi masalah, pembentukan kelompok, penyelidikan, presentasi hasil, dan refleksi. Proses pembelajaran di dukung dengan memanfaatkan berbagai media, seperti alat peraga dan multimedia interaktif, serta memberikan arahan untuk mengatasi berbagai hambatan, baik yang terkait dengan perbedaan kemampuan siswa maupun kendala teknis pada perangkat digital. Terdapat kendala dalam proses pembelajaran, antara lain keterbatasan perangkat dan rendahnya kepercayaan diri pada sebagian siswa. Pada pembelajaran selanjutnya, disarankan untuk meningkatkan kualitas sarana serta memberikan pendampingan secara terus-menerus agar proses pembelajaran berlangsung lebih efektif dan hasil yang dicapai semakin maksimal. Selain itu penerapan PBL yang dilengkapi dengan multimedia mampu meningkatkan mutu pembelajaran, prestasi matematika siswa , motivasi, partisipasi siswa, kreativitas dalam menyusun bangun datar, serta kemampuan berpikir kritis dalam pemecahan masalah. Ketuntasan belajar siswa mengalami peningkatan hingga mencapai 87%.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arends, R. I. (2012). Learning to teach (9th ed.). McGraw-Hill.

Aulia Firdaus, M., Asikin, M., Waluya, B., & Zaenuri, Z. (2021). Problem based learning (PBL) untuk meningkatkan kemampuan matematika siswa. Qalamuna: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama, 13(2), 187–200.

Ardanari, M. S., Wantoro, J., Riyanti, R. F., Siswanto, H., & Lazwardi, A. (2024). Model Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan kompetensi materi pengurangan pada sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar, 4(1), 1–13.

Ginting, M. A., & Yerizon, Y. (2024). Pengaruh penerapan model Problem Based Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik kelas VIII SMPN 10 Padang. Jurnal Edukasi dan Penelitian Matematika, 13(1).

Hartina, A. W., Wahyudi, & Permana, I. (2022). Dampak Problem Based Learning untuk meningkatkan keterampilan kolaborasi dalam pembelajaran tematik. Journal of Education Action Research, 6(3), 341–347.

Heleni, S., Nadia, N., & Saragih, S. (2025). Pengembangan LKPD berbasis PBL dalam konteks budaya Melayu untuk materi SPLDV. AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 14(1), 37–52.

Hmelo-Silver, C. E. (2004). Problem-based learning: What and how do students learn? Educational Psychology Review, 16(3), 235–266.

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. (2021). Buku siswa matematika kelas II. Pusat Kurikulum dan Perbukuan.

Musa’ad, F., Setyo, A. A., Sundari, S., & Trisnawati, N. F. (2023). Implementasi model pembelajaran Problem Based Learning berbantukan GeoGebra untuk meningkatkan hasil dan minat belajar siswa. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 6(1), 278–286.

Ningrum, A. K. P. (2024). Systematic literature review: Penerapan model Problem Based Learning. Educatio: Jurnal Pendidikan, 5(1).

Rusman. (2017). Model-model pembelajaran: Mengembangkan profesionalisme guru. Raja Grafindo Persada.

Sagala, S. (2019). Konsep dan makna pembelajaran: Untuk membantu memecahkan problematika belajar dan mengajar. Alfabeta.

Trianto. (2018). Model pembelajaran terpadu dalam teori dan praktik. PT Bumi Aksara.

Wulan, D. R., & Rasfaniwaty. (2021). Buku siswa matematika kelas 2 SD/MI. Kemdikbudristek.

Downloads

Published

2025-12-11