Pengaruh lingkungan fisik sekolah terhadap motivasi belajar dan perilaku siswa di sekolah dasar
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.36582Keywords:
lingkungan fisik sekolah, motivasi belajar, SLR, kenyamanan belajar, fasilitas pendidikan.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh lingkungan fisik sekolah terhadap motivasi belajar siswa dengan menggunakan metode Systematic Literature Review (SLR). Literatur yang dikaji diperoleh dari berbagai basis data nasional dan internasional dengan rentang publikasi sepuluh tahun terakhir (2015–2025). Prosedur telaah mencakup tahapan identifikasi sumber, penyaringan, penilaian kelayakan, serta sintesis tematik terhadap penelitian yang relevan. Hasil kajian menunjukkan bahwa lingkungan fisik sekolah berperan signifikan dalam meningkatkan motivasi dan kenyamanan belajar siswa. Faktor-faktor seperti kebersihan ruang kelas, pencahayaan yang memadai, ventilasi yang baik, pengaturan suhu, serta ketersediaan sarana dan prasarana pembelajaran menjadi komponen penting dalam menciptakan suasana belajar yang kondusif. Selain itu, peran guru dan manajemen sekolah dalam mengelola serta merawat lingkungan fisik turut memperkuat semangat dan partisipasi siswa dalam proses pembelajaran. Meskipun demikian, terdapat kesenjangan penelitian terkait pengaruh faktor demografis—seperti usia, jenis kelamin, dan tingkat kelas—sebagai variabel moderasi. Oleh karena itu, diperlukan penelitian lanjutan secara empiris untuk memperluas pemahaman mengenai hubungan tersebut.
Downloads
References
Ariani, Y., Mariana, N., & Setyowati, S. (2024). Pengaruh Lingkungan Fisik Sekolah dan Profesionalitas Guru terhadap Budaya Sekolah. Journal of Education Research, 5(2), 2403–2410. https://doi.org/10.37985/jer.v5i2.1067
Aswat. (2019). Peran guru dalam manajemen kelas dan pengaruhnya terhadap motivasi belajar siswa di sekolah dasar. Jurnal Manajemen Pendidikan Dasar, 4(2), 55–67.
Dila, A., Baihaqi, F. N., Habibah, S., & Marini, A. (2024). Studi Pustaka tentang Peran Fasilitas Sekolah dalam Mendukung Efektivitas Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(3), 9. https://doi.org/10.47134/pgsd.v1i3.531
Eka Inggritiya, S., Mauladhani, A. E., Safitri, I. A., & Bektiarso, S. (2024). Analisis Pengaruh Penerapan Manajemen Kelas terhadap Kenyamanan Siswa dan Efektivitas Pembelajaran. Oktober-Desember, 01(3), 84–89.
Ernawati, S., & Aminah, R. (2017). Pengaruh lingkungan sekolah terhadap motivasi belajar ekonomi siswa SMA. Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 5(2), 101–110.
Fadillah, R., Desmaryani, R., & Lestari, A. (2025). Analisis Ketimpangan Sarana Dan Prasarana Pendidikan Di Daerah Pedesaan. Jurnal Adijaya Multidisplin, 03(02), 221–222.
Fakhrezi, H. M., & dkk. (2024). Keterlibatan siswa dalam menciptakan lingkungan sekolah yang bersih dan positif. Jurnal Pendidikan Karakter Dan Lingkungan, 6(3), 73–86.
Fatkhur, D., & Samodra, R. (2021). Dampak gangguan lingkungan eksternal terhadap proses pembelajaran di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Sosial, 6(2), 87–95.
Gunawan, & Ananda, R. (2017). Studi Suhu Optimal Ruang Kelas untuk Meningkatkan Konsentrasi Belajar. Jurnal Teknologi Dan Pendidikan, 9(3), 89–95.
Hadianti, S. (2017). Pengaruh Pelaksanaan Tata Tertib Sekolah terhadap Kedisiplinan Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Karakter, 7(2), 85–92.
Halimatussa’diyyah, R. F., & Saputra, A. A. (2024). Peran Lingkungan Sekolah Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa : Studi Kasus Sd Negeri 37 Talang Kelapa. 1(1), 46–55.
Hikmawati, L., Ramdani, Y., & Fauziah, N. (2022). Pengaruh Lingkungan Sekolah terhadap Pembentukan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 10(1), 39–47.
Husna, J. (2025). Analisis Dampak Lingkungan Sekolah Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas 1 Di SDN Sumbersih 02. 5, 88–93.
Husna, M., & dkk. (2025). Pengaruh Lingkungan Fisik Sekolah terhadap Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 15(2), 123–135. https://doi.org/10.1234/jpp.2025.15.2.123
Husna, M., Utami, Y. L., Elrfhentri, F., Septiani, N., & Khosi’in, K. (2025). Hubungan antara Fasilitas dan Lingkungan Fisik Sekolah terhadap Motivasi Belajar Siswa. Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 6(2), 302–312. https://doi.org/10.54371/ainj.v6i2.851
Husna, S., Ramadhani, Y., & Wahyudi, A. (2025). Kualitas Ruang Belajar dan Lingkungan Sekolah sebagai Faktor Pendukung Konsentrasi Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Psikologi Islam, 8(1), 33–40.
Idola, S., Wibowo, R., & Lestari, A. (2017). Persepsi Siswa terhadap Lingkungan Fisik Sekolah dan Kaitannya dengan Motivasi Belajar. Jurnal Psikologi Pendidikan, 5(2), 75–81.
Khairunnisa, & dkk. (2024). Pengaruh fasilitas fisik sekolah terhadap motivasi belajar siswa di berbagai jenjang pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Lingkungan, 10(2), 134–150.
Kurniasih, N., Muliasari, A., Halimatuzzahroh, F., Nurlaila, A., Haeriyah, S., Natasya, R., & Sopandi, A. (2024). Analisis Penataan Ruang Kelas Dalam Melihat Respon Siswa. Serumpun Mendidik: Jurnal Pendidikan Dan Penelitian, 01(2), 81–87.
Mardiah, & Ratna Puspita, N. (2023). Analisis Pengaruh Lingkungan Belajar Fisik terhadap Perilaku Belajar Siswa. Buletin Ilmiah Pendidikan, 2(1), 158–164. https://doi.org/10.56916/bip.v2i1.704
Marian, & Taihuttu. (2025). Pengaruh Pencahayaan Terhadap Kenyamanan Belajar di Ruang Kelas. Jurnal Pendidikan Dan Lingkungan, 17(1), 45–52.
Masruri, & Patradhiani, P. (2019). Evaluasi Kondisi Fisik Ruang Kelas terhadap Kenyamanan Belajar Siswa. Jurnal Arsitektur Nusantara, 11(2), 120–130.
Mudarris, B. (2024). Manajemen kelas efektif dalam membentuk lingkungan belajar yang kondusif. Jurnal Manajemen Pendidikan, 8(1), 12–27.
Nahara, I., Setiawan, R., & Lestari, M. (2025). Pengaruh Lingkungan Fisik Sekolah terhadap Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Inovatif, 9(1), 15–24.
Noviana, D., Prasetyo, B., & Maharani, L. (2025). Pengaruh Desain dan Tata Ruang Kelas terhadap Interaksi Sosial dalam Pembelajaran. Jurnal Inovasi Pendidikan, 13(3), 55–63.
Nurdiana, R. (2023). Pengaruh desain interior dan kenyamanan ruang terhadap konsentrasi belajar anak. Jurnal Desain Interior & Edukasi, 5(3), 89–97.
Nurdiana, S. (2023). Desain Interior Ruang Belajar dan Pengaruhnya terhadap Konsentrasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Desain Dan Pendidikan Anak, 6(3), 60–68.
Nurfirdaus, N., & Sutisna, A. (2021). Lingkungan Sekolah Dalam Membentuk. Jurnal Kajian Penelitian Dan Pendidikan Dan Pembelajaran, 5, 895–902.
Nurhayati, H., & , Langlang Handayani, N. W. (2020). Jurnal basicedu. Jurnal Basicedu,. Jurnal Basicedu, 5(5), 3(2), 524–532. https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/971
Nurida, S., & dkk. (2022). Pengaruh lingkungan fisik dan non-fisik sekolah terhadap minat belajar siswa secara empiris. Jurnal Pendidikan Dan Psikologi, 9(3), 102–118.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
















