PENGEMBANGAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF BERBASIS EKSPERIMEN WARNA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF DALAM PENGELOMPOKAN WARNA ANAK USIA DINIPENGEMBANGAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF BERBASIS EKSPERIMEN WARNA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF DALAM PENGELO

Authors

  • Dara Putri Utami Dara Institut Agama Islam YASNI Bungo
  • Rosmai Juwita Institut Agama Islam Yasni Bungo
  • Rostina Khoirunnisa Institut Agama Islam Yasni Bungo
  • Rini Asnita Institut Agama Islam Yasni Bungo
  • Luluk Ull Jannah Institut Agama Islam Yasni Bungo

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.36584

Keywords:

Alat permainan edukatif, Eksperimen warna, Kemampuan kognitif, Anak usia dini.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan alat permainan edukatif berbasis eksperimen warna yang dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak usia dini dalam pengelompokan warna. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan Borg & Gall yang disederhanakan menjadi beberapa tahap, yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi ahli, revisi, uji coba terbatas, dan uji coba lapangan. Subjek penelitian adalah anak usia 4–5 tahun di salah satu taman kanak-kanak di [isi nama lokasi]. Instrumen penelitian meliputi lembar observasi, angket validasi, dan tes kemampuan kognitif. Hasil validasi ahli menunjukkan bahwa alat permainan edukatif berbasis eksperimen warna berada dalam kategori “sangat layak” dengan skor rata-rata 90%. Hasil uji coba menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada kemampuan anak dalam mengelompokkan warna setelah menggunakan alat permainan tersebut. Dengan demikian, alat permainan edukatif berbasis eksperimen warna ini efektif digunakan sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak usia dini dalam pengelompokan warna.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arsyad, A. (2019). Media pembelajaran. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Borg, W. R., & Gall, M. D. (1983). Educational research: An introduction (4th ed.). New York: Longman Inc.

Depdiknas. (2009). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 58 Tahun 2009 tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Hurlock, E. B. (2011). Psikologi perkembangan: Suatu pendekatan sepanjang rentang kehidupan (Terj. Istiwidayanti & Soedjarwo). Jakarta: Erlangga.

Mulyasa, E. (2017). Manajemen PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Musfiroh, T. (2018). Pengembangan kreativitas anak usia dini. Jakarta: Kencana.

Nugraha, A., & Suyadi. (2020). Teori dan praktik pembelajaran anak usia dini. Yogyakarta: Deepublish.

Piaget, J. (2002). The psychology of the child. New York: Basic Books.

Sari, N. P., & Nurjanah, S. (2021). Pengembangan alat permainan edukatif berbasis eksperimen warna untuk anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Indonesia, 6(2), 134–142. https://doi.org/10.31004/jpaud.v6i2.2487

Sudjana, N., & Rivai, A. (2015). Media pengajaran: Penggunaan dan pembuatannya. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sujiono, Y. N. (2013). Konsep dasar pendidikan anak usia dini. Jakarta: PT Indeks.

Suyadi, & Ulfah, M. (2015). Konsep dasar PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Utami, D., & Lestari, M. (2022). Pengaruh penggunaan alat permainan edukatif terhadap kemampuan kognitif anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 2105–2115. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1678

Vygotsky, L. S. (1978). Mind in society: The development of higher psychological processes. Cambridge, MA: Harvard University Press.

Downloads

Published

2025-12-27