ANALISIS KEBUTUHAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO PADA MATA PELAJARAN DESAIN GRAFIS DI SMK MA’ARIF SUKAWENING
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.36587Keywords:
Kata kunci analisis kebutuhan, media pembelajaran, video tutorial, desain grafis, SMK.Abstract
Tujuan penelitian ini adalah menganalisis kebutuhan guru dan siswa terhadap
pengembangan media pembelajaran berbasis video sebagai sarana pendukung
kegiatan belajar mengajar pada mata pelajaran Desain Grafis di Sekolah Menengah
Kejuruan (SMK). Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dengan subjek
30 siswa kelas XI dan dua guru Desain Grafis di SMK Ma’arif Sukawening,
Kabupaten Garut. Data dikumpulkan melalui angket, wawancara, dan observasi,
kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif dengan tahapan reduksi data,
penyajian data, dan penarikan kesimpulan (mengacu pada model Miles &
Huberman). Hasil menunjukkan bahwa pembelajaran masih didominasi metode
ceramah dan demonstrasi langsung. Terdapat indikasi kuat bahwa sebagian besar
siswa dan guru membutuhkan media video untuk membantu pemahaman langkah
langkah teknis secara mandiri. Kesimpulannya, terdapat kebutuhan tinggi terhadap
media pembelajaran berbasis video sebagai solusi inovatif untuk meningkatkan
efektivitas, motivasi, dan kemandirian belajar siswa SMK. Hasil analisis ini memberikan peta kebutuhan dan dasar empiris yang kontekstual bagi pengembang
media dalam merancang model media pembelajaran berbasis video yang efektif
dan tepat sasaran.
Downloads
References
[1] Arsyad,
A.
Pembelajaran.
(2019).
Media
Jakarta:
RajaGrafindo Persada.
[2] Danim, S. (2020). Model-model
Pembelajaran: Teori dan Praktik
di Kelas. Bandung: Alfabeta.
[3] Daryanto.
(2016).
Pembelajaran.
Media
Yogyakarta:
Gava Media.
[4] Hidayat, S. (2019). “Peran Guru
dalam Menciptakan Lingkungan
Pembelajaran yang Kondusif di
Era Digital.” Jurnal Basicedu,
6(3), 3435–3444.
[5] Mayer, R. E. (2019). What
Teachers and Administrators
Need
to
Know
About
Multimedia Learning Theory. In
Multimedia Learning Theory:Preparing for the New Generation of Students (pp. 1830).
[6] Miles, M. B., & Huberman, A. M.
(2014).
Qualitative
Data
Analysis: A Methods Sourcebook
(3rd ed.). Thousand Oaks, CA:
SAGE Publications.
[7] Purnasari, P. D., & Sadewo, Y. D.
(2021). “Strategi Pembelajaran
Pendidikan Dasar di Perbatasan
pada Era Digital.” Jurnal
Basicedu, 5(5), 3089–3100.
[8] Sadiman, A. S. (2017). Media
Pendidikan:
Pengertian,
Pengembangan,
Pemanfaatannya.
RajaGrafindo Persada.
[9] Sugiyono.
(2021).
dan
Jakarta:
Metode
Penelitian Kuantitatif, Kualitatif,
dan R&D. Bandung: Alfabeta.
[10] Chandra, R., Syahril, S., Ambiyar, A., &
Refdinal, R. (2023). The Validity of Video
Tutorials CNC/CAM for Learning in the
Machining Engineering Department of
Vocational
High
Penelitian
Schools.
Pendidikan
Jurnal
IPA,
9(SpecialIssue), 836–842.
[11] Rifai, M., Suprapto, Y., Harianto, B. B., &
Rossydi, A. (2024). YouTube as Alternatif
Media Learning in Vocational Education:
A
Systematic
Literature
Review.
Indonesian Journal of Educational
Research and Review, 7(2), 442–454.
[12] Mayer, R. E. (2021). Evidence-based
principles for how to design effective
instructional videos. Journal of
Educational Psychology.
[13] Mayer, R. E., & Fiorella, L. (2022).
The Cambridge Handbook of
Multimedia Learning (3rd ed.).
Cambridge University Press.
[14] Cohen, L., Manion, L., & Morrison,
K. (2018). Research Methods in
Education (8th ed.). Routledge.
[15] Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2018).
Qualitative Inquiry and Research
Design: Choosing Among Five
Approaches
(4th
ed.).
SAGE
Publications.
[16] Fraenkel, J. R., Wallen, N. E., &
Hyun, H. H. (2021). How to Design
and Evaluate Research in Education
(11th ed.). McGraw-Hill Education.
[17] Miles, M. B., Huberman, A. M., &
Saldaña, J. (2014). Qualitative Data
Analysis: A Methods Sourcebook (3rd
ed.). SAGE Publications.
[18] Moleong, L. J. (2019). Metodologi
Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi).
Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
[19] Patton, M. Q. (2015). Qualitative
Research & Evaluation Methods (4th
ed.). SAGE Publications.
[20] Sugiyono. (2021). Metode Penelitian
Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.
Bandung: Alfabeta.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
















