ANALISIS KEBUTUHAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO PADA MATA PELAJARAN DESAIN GRAFIS DI SMK MA’ARIF SUKAWENING

Authors

  • Iden Rustandi Institut Pendidikan Indonesia
  • Rivan Syahrul Falah Institut Pendidikan Indonesia
  • Kuntum Anisa Imania Institut Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.36587

Keywords:

Kata kunci analisis kebutuhan, media pembelajaran, video tutorial, desain grafis, SMK.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menganalisis kebutuhan guru dan siswa terhadap
pengembangan media pembelajaran berbasis video sebagai sarana pendukung
kegiatan belajar mengajar pada mata pelajaran Desain Grafis di Sekolah Menengah
Kejuruan (SMK). Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dengan subjek
30 siswa kelas XI dan dua guru Desain Grafis di SMK Ma’arif Sukawening,
Kabupaten Garut. Data dikumpulkan melalui angket, wawancara, dan observasi,
kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif dengan tahapan reduksi data,
penyajian data, dan penarikan kesimpulan (mengacu pada model Miles &
Huberman). Hasil menunjukkan bahwa pembelajaran masih didominasi metode
ceramah dan demonstrasi langsung. Terdapat indikasi kuat bahwa sebagian besar
siswa dan guru membutuhkan media video untuk membantu pemahaman langkah
langkah teknis secara mandiri. Kesimpulannya, terdapat kebutuhan tinggi terhadap
media pembelajaran berbasis video sebagai solusi inovatif untuk meningkatkan
efektivitas, motivasi, dan kemandirian belajar siswa SMK. Hasil analisis ini memberikan peta kebutuhan dan dasar empiris yang kontekstual bagi pengembang
media dalam merancang model media pembelajaran berbasis video yang efektif
dan tepat sasaran. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Arsyad,

A.

Pembelajaran.

(2019).

Media

Jakarta:

RajaGrafindo Persada.

[2] Danim, S. (2020). Model-model

Pembelajaran: Teori dan Praktik

di Kelas. Bandung: Alfabeta.

[3] Daryanto.

(2016).

Pembelajaran.

Media

Yogyakarta:

Gava Media.

[4] Hidayat, S. (2019). “Peran Guru

dalam Menciptakan Lingkungan

Pembelajaran yang Kondusif di

Era Digital.” Jurnal Basicedu,

6(3), 3435–3444.

[5] Mayer, R. E. (2019). What

Teachers and Administrators

Need

to

Know

About

Multimedia Learning Theory. In

Multimedia Learning Theory:Preparing for the New Generation of Students (pp. 1830).

[6] Miles, M. B., & Huberman, A. M.

(2014).

Qualitative

Data

Analysis: A Methods Sourcebook

(3rd ed.). Thousand Oaks, CA:

SAGE Publications.

[7] Purnasari, P. D., & Sadewo, Y. D.

(2021). “Strategi Pembelajaran

Pendidikan Dasar di Perbatasan

pada Era Digital.” Jurnal

Basicedu, 5(5), 3089–3100.

[8] Sadiman, A. S. (2017). Media

Pendidikan:

Pengertian,

Pengembangan,

Pemanfaatannya.

RajaGrafindo Persada.

[9] Sugiyono.

(2021).

dan

Jakarta:

Metode

Penelitian Kuantitatif, Kualitatif,

dan R&D. Bandung: Alfabeta.

[10] Chandra, R., Syahril, S., Ambiyar, A., &

Refdinal, R. (2023). The Validity of Video

Tutorials CNC/CAM for Learning in the

Machining Engineering Department of

Vocational

High

Penelitian

Schools.

Pendidikan

Jurnal

IPA,

9(SpecialIssue), 836–842.

[11] Rifai, M., Suprapto, Y., Harianto, B. B., &

Rossydi, A. (2024). YouTube as Alternatif

Media Learning in Vocational Education:

A

Systematic

Literature

Review.

Indonesian Journal of Educational

Research and Review, 7(2), 442–454.

[12] Mayer, R. E. (2021). Evidence-based

principles for how to design effective

instructional videos. Journal of

Educational Psychology.

[13] Mayer, R. E., & Fiorella, L. (2022).

The Cambridge Handbook of

Multimedia Learning (3rd ed.).

Cambridge University Press.

[14] Cohen, L., Manion, L., & Morrison,

K. (2018). Research Methods in

Education (8th ed.). Routledge.

[15] Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2018).

Qualitative Inquiry and Research

Design: Choosing Among Five

Approaches

(4th

ed.).

SAGE

Publications.

[16] Fraenkel, J. R., Wallen, N. E., &

Hyun, H. H. (2021). How to Design

and Evaluate Research in Education

(11th ed.). McGraw-Hill Education.

[17] Miles, M. B., Huberman, A. M., &

Saldaña, J. (2014). Qualitative Data

Analysis: A Methods Sourcebook (3rd

ed.). SAGE Publications.

[18] Moleong, L. J. (2019). Metodologi

Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi).

Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

[19] Patton, M. Q. (2015). Qualitative

Research & Evaluation Methods (4th

ed.). SAGE Publications.

[20] Sugiyono. (2021). Metode Penelitian

Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.

Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2025-12-12