Pengaruh Model Pembelajaran Inovatif dan Interaktif Berbasis Project- Based Learning Berbantuan Media Digital dan Kearifan Lokal terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar IPAS Materi Rantai Makanan di Sekolah Dasar
Bahasa Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.36592Keywords:
Inovatif, Interaktif, PjBLAbstract
Tujuan utama dalam menerapkan pembelajaran inovatif dan interaktif berbasis Project Based Learning (PjBL) berbantuan media digital dan kearifan lokal untuk mengembangkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPAS materi rantai makanan. 9, 13, 16 Oktober 2025 bertempat di SDN Pusaka Rakyat 01 Kp. Tambun Permata Desa Pusaka Rakyat Kecamatan Tarumajaya Kabupaten Bekasi 17214. 28 peserta didik kelas V-C dengan jumlah laki-laki 15 dan 13 perempuan yang menjadi subjek penelitian. Metode Penelitian Tindakan Kelas (perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi). Aktivitas belajar dari 73% menjadi 91%, dan rata-rata nilai hasil belajar dari 70,25 menjadi 86,75. Video edukasi di Youtube, Canva dan Wordwall, serta memadukan praktik melalui kearifan lokal berupa observasi ekosistem sawah, yang menjadikan pembelajaran mendalam yang nyata dan menarik. Bimbingan penggunaan media digital dan sistem gotong royong menjadi solusi. Model ini melahirkan motivasi, kreativitas, dan pencapaian penalaran peserta didik pada mata pelajaran IPAS materi rantai makanan. Memasukkan pembelajaranberdiferensiasi, menjalankan komunitas belajar dan saling bergotong royong serta selalu merefleksikan pembelajaran dengan membudayakan aksi nyata yang menginspirasi, 3 hal tersebut merupakan kegiatan tindak lanjut.
Downloads
References
Aisyah, N., & Rahmawati, L. (2023). Peningkatan hasil belajar IPA melalui Project-Based
Learning berbasis digital di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 8(2), 145–158. Ghaniem, A. F., Hidayat, A., & Salsabila, N. (2021). Buku Guru dan Siswa IPAS Kelas V. Jakarta:
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Kemendikbudristek. (2022). Panduan Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Jakarta: Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan. Nur Syamsinar, M., Deviv, S., Nurhasana, & Sarianti, F. (2024). Pengaruh model pembelajaran
inovatif Project-Based Learning berbantuan media interaktif terhadap motivasi siswa. Jurnal
Riset dan Inovasi Pembelajaran, 4(3), 2167–2177. Nurhasana, S., & Deviv, A. (2023). Dinamika kerja kelompok dalam penerapan Project-Based
Learning di sekolah dasar. Jurnal Kajian Pendidikan Dasar, 5(1), 45–56. Partnership for 21st Century Skills. (2019). Kerangka Pembelajaran Abad ke-21. Washington, DC: P21 Organization. Rahman, S. (2024). Pembelajaran kontekstual berbasis kearifan lokal untuk meningkatkan
literasi sains siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 6(1), 44–56. Rustaman, N. Y. (2018). Materi dan Pembelajaran IPA SD. Tangerang Selatan: Universitas
Terbuka. Sari, D., & Puspitasari, I. (2022). Integrasi teknologi digital dalam pembelajaran IPA berbasis
proyek di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan dan Inovasi Teknologi, 4(2), 115–128. Thomas, J. W. (2000). A Review of Research on Project-Based Learning. San Rafael, CA:
Autodesk Foundation. Trian, R. (2024). Peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan media diorama pada materi
rantai makanan. JGuruku: Jurnal Penelitian Guru, 2(1), 416–421. Wahyuni, A., Abdullah, G., Arif, R. M., & Arifin, I. N. (2025). Pengaruh model Project-Based
Learning berbantuan media Canva terhadap hasil belajar siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan
Matematika dan IPA, 5(2), 98–110. Yuliani, R., & Fitriani, D. (2023). Kearifan lokal sebagai basis
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
















